Contoh Cerita Fantasi

Posted on

Contoh Cerita Fantasi – Beberapa kesempatan yang lalu kita sudah bersama-sama menyimak penjelasan secara rinci mengenai Cerita Fantasi. Nah, pada kesempatan kali ini, Rumus.co.id ada akan memberikan beberapa contoh dari Cerita Fantasi yang akan menghibur kalian semua.

Yuk, simak ceritanya…

Contoh Cerita Fantasi

Karakteristik Dari Cerita Fantasi

Secara umum, terdapat beberapa karakteristik dari cerita fantasi, agar kalian dapat dengan mudah membedakannya dengan jenis cerita lainnya, yaitu sebagai berikut :

  • Terdapat sebuah ide cerita yang tidak dibatasi dengan realita dan juga kenyataan yang ada di dunia ini, namun dapat dikatakan bersifat fiksi.
  • Didalam Cerita Fantasi mengandung sebuah keanehan yang bersifat diluar nalar, misalnya seperti Ilmu Sihir, Makhluk Ajaib, ataupun sesuatu yang magic lainnya.
  • Umumnya, Cerita Fantasi menggunakan latar cerita yang bisa menembus sebuah ruang serta waktu.
  • Tokoh utama yang ada didalam Cerita Fantasi umumnya dibuat dengan mempunyai keunikannya tersendiri, seperti mempunyai kekuatan super yang digunakan untuk menyelamatkan dunia.
  • Didalam cerita fantasi juga mengandung unsur khayalan, oleh sebab itu cerita tersebut termasuk kedalam salah satu kelompok dari cerita fiksi.

Untuk pengertian dari Cerita Fantasi bisa kalian baca pada artikel yang ada dibawah ini.

Baca Juga : Cerita Fantasi

Contoh Cerita Fiksi

Terdapat beberapa contoh cerita fantasi yang akan kami sajikan pada kesempatan kali ini, yaitu sebagai berikut :

Contoh 1 : Sepasang Penyihir

Kekuatan sihir merupakan salah satu jenis kekuatan yang bisa dimiliki oleh siapa pun, terutama manusia yang memang dengan sengaja mempelajari ilmu tersebut.

Pada zaman dahulu kala, di suatu desa hiduplah sepasang saudara kembar perempuan yang bernama Billea dan Ballie, mereka mempunyai wajah yang sanagt mirip, sehingga sangat sulit untuk membedakannya.

Walaupun mereka adalah saudara kembar, namun keduanya memiliki sifat dan juga watak yang sangat berbanding terbalik. Billea memiliki sifat yang sombong, angkuh, dan juga arogan. 

Sementara itu, Ballie mempunyai sisi yang berbanding terbalik dengan Billea, karena ia memiliki sifat yang baik hati dan suka menolong sesama.

Billea memang mempunyai kekuatan sihir yang lebih besar dibandingkan dengan Ballie dan juga sudah menguasai berbagai ilmu sihir. Akan tetapi, karena kemampuannya tersebut ia menjadi sangat sombong dan selalu menunjukkan kekuatannya kepada orang lain.

Kemudian Ballie pun menasehati dan melarang adiknya untuk berhenti melakukan hal-hal yang membahayakan nyawa orang lain bahkan dirinya sendiri.

Akan tetapi, Billae tidak mau mendengarkan ucapan sang kakak, dan kemudian ia berkata bahwa Ballie hanya iri dengan kemampuan yang dimilikinya.

Sikap arogannya tersebut semakin hari semakin menjadi-jadi, bahkan ia mengubah segala sesuatu yang ia lihat menjadi batu dengan mantranya tersebut dan tidak peduli apapun itu.

Semua benda yang ada di rumahnya pun ia ubah menjadi batu, sehingga masih ada satu benda lagi yang belum ia rubah menjadi batu, yaitu cermin. Kemudian tanpa pikir panjang Billae pun berdiri menghadap ke cermin tersebut dan membaca mantranya.

Namun, setelah itu mantranya justru memantul ke arah dirinya dan ia pun terjebak dengan mantranya sendiri dan berubah menjadi batu. Ballie yang melihat semua itu pun langsung panik, dan ia memutuskan untuk segera pergi menemui guru sihirnya.

Akan tetapi, mantra tersebut tidak dapat diubah serta ditangkal sebab itu merupakan sebuah mantra yang bersifat abadi. Sekalipun dapat diubah itu hanya dapat dilakukan jika si pembaca mantra yang melakukannya.

Baca Juga : Contoh Cerita Fiksi

Contoh 2 : Dunia Yang Manis

Pada zaman dahulu, di sebuah desa yang terpencil hiduplah seorang anak perempuan yang sangat cantik bernama Safaluna, Luna adalah anak yang sangat baik dan juga pintar.

Di suatu malam yang sunyi, terdapat sebuah cahaya yang melayang masuk ke dalam kamar Luna. Lalu dengan rasa penasaran yang tinggi ia pun mengikuti hingga di tempat cahaya tersebut berhenti.

Kemudian cahaya tersebut berubah menjadi sesosok wanita yang sangat cantik bagaikan seorang peri, dan ternyata itu meman benar, ia adalah peri yang dikirim oleh tuhan untuk membantu Luna.

“Siapa kamu” tanya Luna yang penasaran namun sedikit takut. “Aku adalah seorang peri yang dikirim oleh tuhan untukmu, beliau mengirimku hanya untuk anak baik dan pintar sepertimu, maka mau kah kamu ikut denganku?” Ucap peri sembari menunjukkan niatnya.

“Tapi apakah ini sungguh nyata, apakah kakak benar-benar seorang peri?” Tanya Luna dengan ketidak percayaannya.
“Iya Luna, aku memang seorang peri, ayo mendekatlah wahai anak baik”. Ucap peri tersebut sambil menyuruh Luna untuk mendekatinya.

Tanpa pikir panjang, Luna langsung mendekati peri tersebut, dan Luna masih tidak percaya akan hal ini, tetapi ia juga sangat senang. Peri tersebut memegang tangan Luna dengan lembut dan erat, Luna pun merasa nyaman.

Tetapi dalam waktu yang hanya sekejap, Luna dan peri pun sudah pergi ke dunia yang berbeda. Tiba-tiba.. “Di mana aku peri, bagaimana aku bisa ada di sini bagaimana jika orangtuaku memcariku peri?”. Ucap luna yang khawatir jika kedua orang tuanya akan kebingungan mencarinya.

“Tidak apa-apa nak kamu akan sangat aman bersamaku disini”. Ucap peri lagi seraya menenangkan Luna. Dan ternyata dunia yang didatangi Luna adalah dunia manisan, ia sangat terkejut ketika melihat dunia itu dipenuhi dengan berbagai macam makanan manis, seperti coklat, permen, danau susu dan masih banyak lagi.

“Apakah ini semua bisa dimakan, peri? Bolehkah aku memakan semua yang ada disini peri?” Tanya Luna dengan penuh girangnya.
“Tentu saja boleh sayang, semua hyang ada disini memang disediakan untukmu”. Ucap peri yang semakin membuat Luna kegirangan.

Akhirnya Luna pun mencicipi semua makanan tersebut dengan gembira. Tak lama kemudian, Luna pun tertidur dengan lelapnya karena iya sudah lelah untuk memakan semua makanan tersebut.

Ketika ia bangun, ia sudah berada di kamarnya, dan terdapat banyak sekali manisan yang hampir memenuhi ruangan kamarnya. Melihat hal tersebut Luna pun mengucapkan banyak terimakasih kepada tuhan karena sudah mengirimkan peri yang sangat baik untuknya.

Luna memang pantas untuk mendapatkan semua itu, karena dia adalah anak yang sangat baik dan juga terpuji…!

Contoh 3 : Keledai dan Garam Muatannya

Dahulu kala di sebuah desa yang dekat dengan pantai, dan cukup jauh dari perkotaan, tinggallah seorang penjual garam bersama dengan keledai peliharaannya.

Suatu hari, sang penjual garam dan keledainya ingin pergi kepasar untuk menjual semua garam hasil panennya. Sang penjual pun memuati keledai dengan tas yang penuh dengan garam.

Setelah itu, penjual dan keledai pun berjalan bersama-sama menyisiri tepi sungai yang cukup licin, dan tanpa disadari keledai itu terpleset dan jatuh kedalam sungai. Ketika ia berusaha untuk naik ketepi sungai, ia merasakan bahwa tas yang dibawanya menjadi lebih ringan.

Disisi lain, sang penjual garam tidak bisa berbuat apa-apa lagi, yang ia pikirkan sekarang pulang dan mengambil sisa garam yang ada dirumahnya untuk dibawa kepasar. Ketika mereka sampai ditepi sungai keledai itupun dengan sengaja menjatuhkan dirinya kedalam sungai.

Namun, lama kelamaan penjual garam itupun curiga dengan apa yang dilakukan oleh keledai peliharaannya. Hingga akhirnya penjual garam tersebut mengganti muatannya dengan sekantung penuh kapas yang menyerap air.

Dan benar saja, ketika mereka berdua berjalan untuk pergi ke pasa, sat sudah sampai di tepi sungai keledai itu pun kembali berpura-pura bahwa ia kelelahan dan menjatuhkan dirinya ke sungai.

Namun, apa yang ia lakukan kali ini tidak semudah biasanya, karena tas yang dibawanya menjadi lebih berat hingga ia sangat kesulitan untuk berjalan.

Keledai yang merasakan hal itu pun bertanya kepada tuannya. “Ya Tuhanku, mengapa garam ini menjadi lebih berat ketika terkena air, padahal biasanya semakin mudah? Saat ini aku benar-benar tidak dapat berjalan jika aku harus membawa muatan berat ini ke kota.”

Penjual garam itupun kemudian menjawab dengan bijaknya: “ Wahai keledai ku, apa yang kamu bawa saat ini bukanlah garam, melainkan kapas yang menyerap air. Karena saya tahu kalu kamu berpura-pura jatuh sehingga beban yang kamu bawa tidak berat, tetapi tindakan mu itu ternyata berbahaya.

Mendengar jawaban yang diberikan oleh tuannya itu, Keledai itu pun menjadi sangat malu, karena dia tidak mengenali dirinya sendiri dan juga berterima kasih kepada penjual garam tersebut.

Baca Juga : Contoh Cerita Fabel

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Cerita Fantasi?

Cerita Fantasi termasuk kedalam cerita fiksi yang bergenre fantasi dunia imajinatif yang diciptakan oleh seorang penulis untuk menghibur para pembacanya dengan cerita-cerita khayalan yang ia buat.

Apa saja struktur dari Cerita Fantasi?

1. Orientasi, adalah salah satu struktur yang berisikan mengenai pengenalan tokoh, tema, dan juga alur yang digunakan didalam cerita fantasi.
2. Konflik, adalah salah satu struktur yang berisikan tentang permasalahan yang terjadi, dari awal permasalahan hingga ke puncak permasalahan.
3. Resolusi, adalah salah satu struktur yang didalamnya berisikan penyelesaian dari permasalahan yang sedang tejadi didalam cerita tersebut.
4. Ending, adalah bagian penutup dari Fantasy Story yang dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu happy ending dan sad ending.

Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat Cerita Fantasi?

1. Dimulai dari pengalaman pribadi yang pernah terjadi.
2. Berikanlah sentuhan fantasi didalam cerita yang akan dibuat.
3. Buatlah beberapa percakapan yang terjadi pada tokoh didalam cerita fantasi.
4. Munculkanlah sebuah permasalahan didalam cerita tersebut agar semakin menarik.
5. Berikanlah solusi pada permasalahan yang terjadi agar cepat selesai.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini tentang Contoh Cerita Fantasi, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.