Contoh Biografi

Posted on

Contoh Biografi – Kalian pasti pernah membaca sebuah cerita yang berisikan tentang kisah atau fakta-fakta dari seorang tokoh yang sangat berpengaruh. Karya tulis tersebut disebut sebagai Biografi.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan secara rinci mengenai Biografi beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya.

Contoh Biografi

Definisi Biografi

Secara etomologis, Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “Bios” yang berarti hidup dan juga “Graphien” yang berarti sebuah tulisan. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa biografi adalah sebuah tulisan yang didalamnya membahas tentang kehidupan seseorang.

Secara umum, Biografi adalah salah satu karya tulis yang didalamnya menjelaskan tentang kisah dan juga keterangan mengenai kehidupan seseorang atau riwayat hidup seseorang.

Baca Juga : Struktur Teks Biografi

Karakteristik Dari Biography

Terdapat beberapa ciri-ciri didalam tulisan teks biografi yang dapat digunakan untuk membedakanyya dengan jenis teks yang lainnya, yaitu sebagai berikut :

  • Terdapat struktur yang baku didalam penulisannya, yaitu meliputi orientasi, peristiwa atau masalah, dan juga reorientasi.
  • Umumnya berisikan tentang fakta yang terjadi sesuai dengan kenyataan.
  • Gaya bahasa yang disajikan umumnya dalam bentuk sebuah narasi atau cerita.
  • Umumnya Fakta-fakta yang ada didalam teks biografi diambil dari peristiwa hidup seseorang yang dinarasikan.
  • Teks biografi ini mengandung kisah-kisah yang sangat menarik dan juga menginspirasi para pembacanya.
  • Biasanya hanya ditujukan untuk tokoh-tokoh yang dianggap penting dan juga berpengaruh saja terhadap kehidupan dari banyak orang.
  • Didalamnya mengandung semua hal yang sifatnya memotivasi seseorang, sehingga orang tersebut mencontoh atau meneladani kehidupan tokoh yang ada didalam biografi tersebut.

Struktur Penulisan Biography

Dibawah ini merupakan Struktur biografi yang terdiri atas orientasi, peristiwa &masalah, reorientasi. Penjelasannya sebagai berikut :

1. Orientasi

Orientasi merupakan suatu bagian yang terdapat didalam teks Biography, dimana dalam bagian ini menjelaskan mengenai pengenalan tokoh, atau gambaran awal dari tokoh yang diceritakan didalam suatu biografi.

2. Peristiwa/Masalah

Peristiwa/Masalah adalah suatu bagian yang didalamnya berisikan tentang suatu peristiwa pernah dilalui oleh seorang tokoh didalam hidupnya, termasuk mengenai masalah yang pernah dihadapinya dalam mencapai segala cita-cita dan tujuannya.

3. Reorientasi

Reorientasi adalah bagian penutup dari sebuah teks biografi. Umumnya menjelaskan tentang pendapat dari seorang penulis terhadap tokoh yang ia ceritakan didalam teks tersebut.

Umumnya Reorientasi ini mempunyai sifat yang opsional, maksudnya adalah bagian ini boleh ada boleh juga tidak.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi Sosial, Budaya, Dan Bencana Alam

Contoh Teks Biografi

Terdapat beberapa contoh biografi yang akan saya sajikan pada kesempatan kali ini, yaitu sebagai berikut :

Contoh 1 : Perjalanan Hidup Ku

Nama ku Ulia Sarofa Karunia Sari, saya adalah seorang gadis kelahiran kota Bandar Lampung yang lahir pada tanggal 11 Maret tahun 2000. Saya tinggal bersama dengan kedua orang tua dan juga saudara-saudara saya.

Ayah ku bernama Yamiyanto dan ibu ku bernama Sunarti. Di dalam keluarga, saya adalah anak kedua dari 5 bersaudara. Aku memiliki satu kakak laki-laki, satu adik perempuan, dan dua adik laki-laki.

Aku bersekolah di Kota Bandar Lampung sejak TK, SD, SMP dan SMK. Saat TK aku bersekolah di TK Harapan Jaya, SD ku di SD N 1 Sepang Jaya. Setelah lulus, aku melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP di, SMP Negeri 19 Bandar Lampung.

Kemudian aku melanjutkan lagi hingga ke SMK, yaitu aku bersekolah di SMK N 1 Bandar Lampung, saat itu aku mengambil jurusan TKJ. Aku terlahir dari keluarga yang biasa-biasa saja, sehingga aku tidak melanjutkan pendidikan ku ke jenjang Perguruan Tinggi.

Setelah aku lulus SMK, aku mencoba bekerja di Galery Rahayu, yaitu sebuah usaha rumahan yang menyajikan berbagai pakaian Khas Kota Bandar Lampung. Disana aku merasakan bagaimana rasanya bekerja dengan bos yang cerewet.

Saya bekerja di Galery Rahayu hanya bertahan lima bulan. Setelah itu saya bekerja sebagai penulis bloger hingga saat ini.

Bagi saya pendidikan itu sangat penting untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan kita. Nah, itu dia perjalanan singkat didalam kehidupan saya, semoga hal ini dapat menginspirasi banyak orang.

Contoh 2 : Wanita Tangguh

Ibu ku adalah seorang wanita yang sangat tangguh dan bertanggung jawab. Beliau bernama Sunarti, Ia lahir di Bandar Lampung pada tanggal 15 Maret tahun 1978. Ibu ku merupakan anak kedua dari 3 bersaudara, dari pasangan suami istri yang berlatar belakang suku Jawa.

Ibu ku menjalani masa kecil yang sangat menyedihkan, karena harus ditinggal bekerja oleh Nenekku di daerah Bandung dan ia harus dititipkan kepada pamannya, yang berada diwilayah Bandung.

Selama Ia tinggal bersama pamannya, Ia harus membantu pekerjaan yang ada dirumahnya, seperti menyapu, mengepel hingga mencuci pakaian sendiri, padahal saat itu usia Ibu ku baru 8 Tahun.

Setelah itu, Ibu ku kembali lagi ke Bandar Lampung bersama dengan Nenekku. Ibu ku hanya menempuh pendidikan hingga SMP kelas 2, karena terhambat dengan biaya, akhirnya ia memutuskan untuk bekerja.

Setelah itu, Ia menikah dengan ayah ku, yang menurutku beliau adalah seseorang yang tidak peka dengan perasaan Istrinya. Sampai saat ini Ibu ku masih bekerja nyuci gosok dirumah orang, untuk membantu menutupi keperluan rumah tangganya.

Baca Juga : Contoh Prosa – Pengertian, Manfaat, Ciri, Jenis, Perbedaan

Apa yang dimaksud dengan Biografi?

Biografi adalah salah satu karya tulis yang didalamnya menjelaskan tentang kisah dan juga keterangan mengenai kehidupan seseorang atau riwayat hidup seseorang.

Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis Teks Biografi?

1. Tentukan judul biografi.
2. Tuliskan hal-hal yang menarik dan mengesankan yang ada didalam kehidupan seorang tokoh yang akan diceritakan.
3. Tuliskan hal-hal yang mengagumkan dan juga mengharukan yang muncul didalam kehidupan seorang tokoh yang akan diceritakan.
4. Tambahkan hal-hal yang dapat di contoh ataupun diteladani oleh para pembaca dari kehidupan tokoh yang diceritakan.

Apa saja ciri kebahasaan dari Teks Biografi?

Terdapat beberapa ciri kebahasaan yang ada didalam teks Biografi, yaitu terdiri dari Kata Hubung, Kata Kerja, Rujukan Kata, Peristiwa, Waktu dan juga tempat.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini tentang Contoh Biografi, semoga membantu dan bermanfaat untuk kita semua.