Contoh Autobiografi

Posted on

Contoh Autobiografi – Mungkin beberapa dari kita sudah ada yang pernah mendengar kata Autobiografi. Akan tetapi, masih belum paham tentang makna dan juga cara membuat teks autobiografi yang baik dan benar.

Nah, jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini Rumus.co.id akan memberikan penjelasan secara rinci mengenai Teks Autobiografi beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya.

Contoh Autobiografi

Definisi Teks Autobiografi

Autobiografi adalah sebuah biografi yang didalamnya menceritakan tentang perjalanan hidup pribadi ataupun riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri.

Kata Autobiografi berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata αὐτός-autos yang berarti sendiri, βίος-bios yang berarti hidup serta γράφειν-graphein yang berarti menulis.

Pengarang dari biografi umumnya sangat mengandalkan berbagai sudut pandang dan juga berbagai macam dokumen. Namun berbeda dengan otobiografi yang hanya didasarkan ingatan dari seorang pengarang sepenuhnya.

Baca Juga : Contoh Biografi

Karakteristik Teks Autobiografi

Terdapat beberapa ciri-ciri Autobiografi yang dapat membedakannya dengan jenis teks yang lainnya, yaitu sebagai berikut :

  • Merupakan sebuah teks yang berisikan perjalanan hidup seseorang, yang ditulis oleh tokoh itu sendiri, atau dengan bantuan dari penulis lain.
  • Teks ini umumnya berisikan informasi yang menceritakan masa kehidupan tokoh itu sendiri, dari masa sulit hingga mencapai tujuannya.
  • Umumnya hanya memberikan informasi yang bersifat positif saja. Bahkan, autobiografi kadang ditulis dalam rangka pencitraan dari seorang tokoh politik.
  • Umumnya teks ini dibuat agar masyarakat lebih mengenal dan juga mengetahui apa saja yang sudah dilakukan semasa hidupnya, sehingga hal tersebut bisa diambil hikmah serta pelajaran yang berharga, yang ada di dalamnya.

Struktur Penulisan Autobiografi

Terdapat beberapa struktur dalam penulisan Autobiografi, diantaranya adalah :

  • Latar belakang Keluarga

Dalam struktur ini biasanya berisikan penjelasan mengenai bagian dari keluarganya yaitu Kedua orang tua, Tempat/Tanggal Lahir, dan juga Tempat Tinggal serta seseorang urutan anak yang ke berapa dan meriwayatkan keluarganya nya.

  • Latar belakang Pendidikan

Bagian ini umumnya menceritakan tentang pendidikan yang sudah dilalui oleh seorang tokoh hingga ia sukses dengan tahun dan nama sekolahnya ditulis dalam paragraf baru.

  • Latar belakang Prestasi

Didalam bagian ini umumnya berisikan mengenai seluruh perestasi yang sudah pernah diperoleh dan dumulai sejak penulis masih kecil hingga sekarang.

  • Latar belakang Pekerjaan

Dalam bagian ini umumnya berisikan tentang pekerjaan dari seorang tokoh, baik yang sudah dijalani atau sedang mencari pekerjaan. Akan tetapi jika penulis masih menjadi seorang pelajar, maka bagian ini tidak harus ditulis.

  • Latar belakang Hasil Karya

Bagian ini merupakan bagian utama bagi seorang tokoh yang sedang bekerja, sedangkan bagi tokoh yang masih menjadi seorang pelajar, maka struktur ini tidak harus ditulis.

Baca Juga : Contoh Karya Ilmiah

Contoh Autobiografi

Terdapat beberapa contoh autobiografi yang akan saya sajikan dibawah ini, yaitu sebagai berikut :

Contoh 1 :

Namaku Ulia Sarofa, lahir di Bandar Lampung, pada tanggal 11 Maret 2000. Aku anak kedua dari lima bersaudara, buah hati dari pasangan Yamiyanto dan juga Sunarti. Sejak kecil aku dipanggil dengan nama Uli atau Ulia. Aku dilahirkan dari keluarga yang sangat sederhana.

Ayahku bekerja sebagai seorang buruh bangunan. Sedangkan, Ibuku juga bekerja sebagai buruh cuci dan gosok pakaian. Sejak kecil, kedua orang tuaku selalu menasehatiku agar rajin beribadah, bersikap jujur dan juga baik terhadap sesama.

Ketika usia ku sudah menginjak 6 tahun, aku mulai bersekolah di SDN 1 Sepang Jaya, Bandar Lampung, dan setelah lulus aku melanjutkan pedidikanku di SMP N 19 Bandar Lampung di tahun 2012.

Setelah aku lulus SMP di tahun 2015, kemudian aku memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ku di SMK N 1 Bandar Lampung. Semasa di SMK semua tidak ada yang berbeda, aku sekolah seperti siswa biasa yang tidak pernah mendapat prestasi lomba apapun.

Dan saat ini aku sudah lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan, waktu itu aku mengambil jurusan TKJ. Sekarang aku sudah bekerja sebagai penulis bloger, ini adalah pekerjaan yang menyenangkan untukku.

Contoh 2 :

Namaku Muhammad Raza atau biasa dipanggil dengan sebutan Raza oleh orang-orang yang ada disekitarku. Aku memiliki hobi bermain basket dan satu hobi yang menurut orang-orang yang ada disekitarku membuang-buang waktu, yaitu bermain Game online.

Tempat kelahiranku di kota Palembang pada tanggal 08 April 1996 dari pasangan Rama Trihandika dan Nina Kesumawati. Aku memiliki satu orang kaka perempuan yang bernama Lisa Andriani yang saat ini sudah menikah dan tinggal bersama suaminya di Jakarta.

Di tahun 2003 – 2009 aku bersekolah di SD N 30 Palembang, dan setelah lulus aku melanjutkan pendidikan ku di SMP N 1 Palembang pada tahun 2010 – 2013. Dan setelah itu aku melanjutkan pendidikan ku hingga ke jenjang SMA.

Saat itu aku bersekolah di SMA N 6 Palembang, semasa di SMA aku mengikuti kegiatan ekstrakulikuler PMR dan juga aktif didalam organisasi siswa (OSIS). Tidak hanya itu saja, aku pernah menjabat sebagai wakil dari ketua OSIS di sekolahku.

Aku masuk kedalam anggota tim basket SMA N 6 Palembang dan sudah beberapa kali menjuarai kejuaraan basket, baik itu kejuaraan antar sekolah ataupun umum.

Kemudian, Aku bercita-cita dalam beberapa tahun kedepan agar bisa bergabung dengan Tim Nasional Basket Indonesia dan membawa nama baik Bangsa di Asia dan Dunia.

Baca Juga : Contoh Prosa – Pengertian, Manfaat, Ciri, Jenis, Perbedaan

Apa yang dimaksud dengan Autobiografi?

Autobiografi adalah sebuah biografi yang didalamnya menceritakan tentang perjalanan hidup pribadi ataupun riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri.

Apa tujuan utama adanya teks Autobiografi?

Autobiografi bertujuan untuk mengenalkan dan menggambarkan diri sendiri secara mendetail kepada orang lain, agar dapat diambil hikmah dan juga pelajaran hidup yang ada didalam Autobiografi tersebut.

Bgaimana cara membuat Autobiografi yang baik dan benar?

1. Ingat dan catat peristiwa penting yang pernah terjadi.
2. Tuliskan orang-orang beserta katakter yang akan digunakan.
3. Buatlah kerangka-kerangka dari Autobiografi.
4. Kemudian kembangkan kerangka-kerngka tersebut menjadi sebuah tulisan yang utuh.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini tentang Contoh Autobiografi, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.