Contoh Asimilasi

Posted on

Contoh Asimilasi – Pada saat masih duduk di bangku sekolah kita pasti sering mendengar istilah yang satu ini di dalam mata pelajaran Sosiologi. Namun, masih banyak diantara kita yang belum memahami istilah yang akan kita bahas kali ini.

Contoh Asimilasi

Untuk itu, sebelum kita berlanjut ke pembahasan dari Contoh Asimilasi yang ada disekitar kita. Maka ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu definisi dari Asimilasi dan hal-hal yang berkaitan dengan materi ini.

Untuk itu mari kita simak penjabaran dari materi Asimilasi di bawah ini yang akan disampaikan oleh Rumus.co.id kali ini.

Definisi Asimilasi

Asimilasi adalah sebuah kondisi atau peristiwa dimana adanya pembaruan maupun penggabungan dari dua jenis kebudayaan yang dibarengi dengan tidak adanya ciri khas asli dari kebudayaan tersebut dan kemudian menciptakan kebudayaan yang baru.

Kedua budaya tersebut melakukan upaya yang berbeda untuk mengurangi perbedaan yang ada antara individu dan kelompok dengan memprioritaskan kepentingan dan juga tujuan bersama.

Menurut pendapat lain, Asimilasi merupakan sebuah penggabungan dari dua jenis kebudayaan yang berbeda dan berbaur menjadi satu setelah itu menghasilkan kebudayaan yang baru.

Ciri khas asli dari kebudayaan tersebut akan hilang, akan tetapi unsur-unsurnya masih bisa kita jumpai dalam kebudayaan yang baru dihasilkan tersebut.

Definisi Assimilation Menurut Para Ahli

Selain penjelasan yang ada diatas, untuk lebih memahaminya lagi mari kita simak penjabaran Assimilation yang disampaikan oleh beberapa para ahli, diantaranya adalah :

1. Vander Zanden

Asimilasi adalah sebuah proses interaksi sosial antar kelompok, mulai dari berpikir, menghormati dan juga bertindak, dimana hal tersebut memungkinkan mereka untuk memasukkan diri dalam identitas baru sebagai unit sosial.

2. Seymour Smith

Asimilasi merupakan fase kedua dari proses terjadinya perubahan sosial-budaya yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat, yang dimotivasi oleh akulturasi sebelumnya untuk menciptakan budaya baru yang dapat diterima oleh masyarakat tanpa menimbulkan konflik sosial terlebih dahulu.

3. James Garbarino

Asimilasi diartikan sebagai penggabungan dari dua jenis unsur kebudayaan yang ada di dalam sebuah lingkungan kemasyarakatan.

Baca Juga :
Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli
Faktor Pembentukan Kepribadian
Peran Pelaku Ekonomi

Syarat Dan Proses Terjadinya Assimilation

Untuk mewujudkan terjadinya berbagai macam Assimilation tentunya harus memenuhi persyaratan dibawah ini terlebih dahulu, yaitu :

  • Terdiri dari dua kelompok atau lebih yang mempunyai perbedaan kebudayaan.
  • Terjadinya interaksi yang dilakukan secara intensif dari masing-masing individu maupun kelompok.
  • Ada perubahan budaya di masyarakat untuk beradaptasi dengan perkembangan.
  • Karakter khas budaya kelompok yang berinteraksi satu sama lain berubah, seperti halnya bentuk budaya, sehingga muncul budaya campuran.

Jika sudah memasuki tahap syarat guna mewujudkan kondisi Assimilation, tentunya, terdapat proses yang menyertai di dalamnya. Berikut adalah proses terjadinya Assimilation, yaitu diantaranya adalah :

  1. Pertama, beberapa kelompok yang memiliki kebudayaan berbeda harus tinggal di satu daerah.
  2. Setelah itu, adanya interaksi intensif dari masing-masing kelompok untuk waktu yang lama.
  3. Selanjutnya, mereka harus terbuka dengan adanya kebudayaan yang baru.
  4. Menciptakan ataupun menghasilkan toleransi terhadap masing-masing anggota dari kelompok yang berbeda.
  5. Kemudian, penghapusan karakter konservatif dan alasan keterbukaan sikap serta pemikiran kelompok dominan tentang kelompok pendatang.
  6. Terjadinya prosesi pernikahan yang melibatkan anggota kelompok yang memiliki perbedaan.
  7. Harus memiliki kesamaan dalam menyukai sesuatu, dari hal tersebut akan tercipta sebuah tujuan bersama.

Faktor Dari Tindakan Asimilasi

Di bawah ini akan dijabarkan mengenai faktor penghambat dan juga faktor pendukung dari tindakan Assimilation, diantaranya adalah :

1. Faktor Pendorong Assimilation

  • Adanya toleransi terhadap setiap individu.
  • Di bidang ekonomi ada peluang yang sama bagi semua orang.
  • Adanya sikap menghargai dan menghormati orang lain dan budaya lain.
  • Adanya sikap terbuka dari kelompok dominan di masyarakat.
  • Memiliki kesamaan dalam elemen budaya universal.
  • Perkawinan campuran terjadi antara kelompok dengan budaya yang berbeda.
  • Kelompok-kelompok tersebut sadar bagaimana menghadapi musuh dari luar.

2. Faktor Penghambat Assimilation

  1. Masih ada kelompok minoritas yang terisolasi atau tertutup terhadap perkembangan zaman.
  2. Minimnya pengetahuan serta pemahaman masyarakat mengenai perubahan dan juga kemajuan di berbagai aspek.
  3. Pemikiran negatif dari sekelompok orang terhadap kelompok-kelompok baru yang tiba di lingkungan mereka.
  4. Perbedaan mencolok dalam karakteristik fisik dapat menyebabkan beberapa anggota masyarakat memiliki prasangka negatif dan menyebabkan konflik sosial.
  5. Munculnya penolakan serta penindasan yang dilakukan oleh mayoritas terhadap minoritas karena mereka mempunyai budaya yang berbeda.

Contoh Asimilasi

Setelah melihat beberapa penjelasan yang ada diatas, untuk semakin memahaminya yuk simak beberapa contoh dari tindakan Assimilation yang ada di sekitar kita, yaitu :

  • Sekarang masyarakat Indonesia ketika sedang makan sering memakai sendok dan juga garpu. Mulanya, hal tersebut hanya dilakukan oleh para kaum elit yang berasal dari Eropa. Akan tetapi, sekarang penggunaan sendok dan juga garpu telah menjadi hal lazim.
  • Saat ini, banyak penyerapan dan penggunaan bahasa Inggris ketika berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari seperti radar, smartphone, video, handphone, jus buah, sorry, gitar, bus, dan masih banyak lagi.
  • Penggunaan pakaian Koko oleh komunitas Muslim. Padahal, sebenarnya Koko telah menjadi pakaian khas dari masyarakat Cina sejak zaman kuno.
  • Terdapat penggabungan budaya antara Betawi dan Cina yang menciptakan budaya baru seperti tarian Lenong dan tarian Cokek.
  • Musik dangdut merupakan salah satu hasil pembauran dari budaya tradisional Indonesia dengan musik dari India.
  • Ditemukannya beberapa prasasti kuno di berbagai wilayah yang merupakan pengaruh dari hasil kebudayaan Hindu dan Budha. Banyak prasasti yang ditulis dengan huruf Pallawa dan Sansekerta.

F.A.Q

Apa itu Asimilasi?

Asimilasi adalah sebuah kondisi atau peristiwa dimana adanya pembaruan maupun penggabungan dari dua jenis kebudayaan yang dibarengi dengan tidak adanya ciri khas asli dari kebudayaan tersebut dan kemudian menciptakan kebudayaan yang baru.

Tujuan dari Asimilasi?

Asimilasi bertujuan untuk menyatukan kesatuan tindakan, perasaan dan sikap, dengan mempertimbangkan kepentingan serta tujuan bersama.

Syarat-syarat terjadinya Asimilasi?

1. Terdiri dari dua kelompok atau lebih yang mempunyai perbedaan kebudayaan.
2. Terjadinya interaksi yang dilakukan secara intensif dari masing-masing individu maupun kelompok.
3. Ada perubahan budaya di masyarakat untuk beradaptasi dengan perkembangan.
4. Karakter khas budaya kelompok yang berinteraksi satu sama lain berubah, seperti halnya bentuk budaya, sehingga muncul budaya campuran.

Itulah pembahasan ringkas tentang Asimilasi beserta hal-hal yang ada didalamnya. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan bisa meningkatkan pengetahuan kamu.