Contoh Analisis Data

Posted on
Contoh Analisis Data

Contoh Analisis Data – Analisis Data merupakan salah satu jenis pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus. Bagaimana tidak, apabila sedikit saja kita melakukan kesalahan didalam menganalisis data.

Maka hasil dari interpretasi yang diperoleh pun tidak sempurna bahkan dapat berakibat fatal. Nah, maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Analisis Data beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya.

Pengertian Analasis Data

Analisis Data adalah sebuah proses dari pengolahan data yang nantinya akan diubah untuk menjadi sebuah informasi, agar ciri-ciri dari data tersebut menjadi mudah untuk dipahami dan dapat digunakan sebagai solusi dari suatu permasalahan.

Definis lain mengatakan bahwa, Data Analysis adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengubah data dari hasil penelitian untuk menjadi sebuah informasi, yang nantinya akan digunakan didalam menentukan kesimpulan dari suatu penelitian.

Baca Juga : Contoh Hipotesis

Tujuan Dari Data Analysis

Tujuan utama dari penggunaan Analisis Data ini adalah :

  • Digunakan untuk mendeskripsikan sebuah data sehingga akan sangat mudah untuk dipahami.
  • Untuk membuat kesimpulan berdasarkan data yang didapatkan dari sampel.
  • Untuk memeriksa, merapihkan, mentransformasikan, dan memeragakan data.

Langkah Dan Prosedur Data Analysis

Didalam melakukan sebuah kegiatan Analisis Data harus harus sesuai dengan prosedur dan juga langkah-langkah yang sudah ditentukan. Berikut ini beberapa langkah dalam menganalisis data tersebut :

  1. Pengumpulan Data, pada tahap ini kalian harus melakukan kegiatan Pengumpulan Data yang nantinya akan dianalisis.
  2. Langkah Penyuntingan, adalah proses pengecekan dari kejelasan dan kelengkapan berhubungan dengan pengisian dari instrumen pengumpulan data.
  3. Tahap Pengkodean, adalah proses yang didalamnya mengidentifikasi dan mengklarifikasi semua pernyataan pada instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berdasarkan variabel yang sedang dipelajari.
  4. Pengujian, adalah sebuah proses yang digunakan untuk menguji kualitas data, baik itu dari segi validitas maupun reliabilitas suatu instrumen dari hasil pengumpulan data.
  5. Mendeskripsikan Data, adalah sebuah proses untuk menggambarkan data dengan cara menyajikannya didalam bentuk tabel frekuensi atau diagram dengan berbagai ukuran. Tujuannya untuk memahami karakteristik data sampel suatu penelitian.
  6. Pengujian Hipotesis, adalah proses yang digunakan untuk melakukan pengujian proposisi tersebut dapat diterima atau ditolak, dan apakah hal itu memiliki makna atau tidak.

Baca Juga : Teks Laporan Hasil Observasi

Macam Macam Data Analysis

Secara umum, Analisis Data dapat dibedakan menjadi 2 macam berdasarkan dengan metode atau caranya. Berikut ini adalah beberapa macam dari analisis data tersebut :

1. Analisis Data Secara Deskriptif

Data Analysis Secara Deskriptif adalah sebuah teknik yang akan digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan data-data yang sudah dikumpulkan tanpa adanya maksud untuk membuat generalisasi dari hasil penelitian tersebut.

Dibawah ini terdapat beberapa teknik analisis data secara deskriptif yang disajikan ke dalam berbagai bentuk, misalnya :

  • Grafik
  • Tabel
  • Presentasi
  • Frekuensi
  • Diagram, dan lainnya.

2. Data Analysis Secara Inferensial

Analisis data secara inferensial adalah sebuah teknik analisis yang didalamnya menggunakan sebuah statistik dengan cara membuat kesimpulan data yang berlaku secara umum.

Didalam teknik Analisis ini menggunakan sebuah rumus statistik tertentu. Oleh sebab itu, hasil dari perhitungan rumus tersebut akan menjadi dasar dalam generalisasi sampel dari sebuah populasi.

Baca Juga : Contoh Kata Pengantar Singkat

Apa yang dimaksud dengan Analisis Data?

Analisis Data adalah sebuah proses dari pengolahan data yang nantinya akan diubah untuk menjadi sebuah informasi, agar ciri-ciri dari data tersebut menjadi mudah untuk dipahami dan dapat digunakan sebagai solusi dari suatu permasalahan.

Mengapa Analisis Data dikatakan sebagai hal yang sangat penting?

Sebab dengan analisis lah suatu data dapat diberikan makna yang berguna untuk menyelesaikan masalah penelitian.

Apa saja jenis penelitian yang menggunakan Analisis Data?

Teknik analisis data yang sesuai dengan jenis penelitian yaitu seperti teknik analisis data Kualitatif dan juga teknik analisis data Kuantitatif.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian dari Analisis Data beserta prosedur, jenis dan manfaatnya. Semoga bermanfaat, dan Terima kasih.