Ciri Makhluk Hidup

Posted on

Ciri Makhluk Hidup – Istilah makhluk hidup tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita semua, bahkan kita juga termasuk kedalam golongan makhluk hidup.

Ciri Makhluk Hidup

Namun, sebenarnya apa sih Makhluk Hidup itu? Bagaimana Ciri-Cirinya? Dan Bagaimana mereka bertahan hidup? Untuk mengetahui itu semua, yuk kita simak penjabaran yang ada dibawah ini.

Apa itu Makhuk Hidup?

Makhluk hidup merupakan sebuah organisme yang memiliki ciri kehidupan seperti bergerak, bernafas, mempertahankan hidupnya dari berbagai jenis perubahan yang terjadi di lingkungan bahkan dapat berkembang biak demi melindungi jenisnya.

Didalam study biologi sendiri, yang termasuk kedalam kelompok makhluk hidup adalah mikroorganisme yang terdiri dari manusia, tumbuhan, hewan, dan bahkan bakteri.

Baca Juga : Ekosistem Laut

Ciri – Ciri Makhluk Hidup

Ciri Makhluk Hidup

Terdapat beberapa karakteristik dari makhluk hidup yang dapat membedakannya dengan jenis makhluk lainnya, diantaranya adalah :

1. Membutuhkan Makanan Dan Nutrisi

Semua makhluk hidup yang ada di bumi terutama manusia dan hewan membutuhkan makanan dan juga nutrisi sebagai sumber energinya. Saat manusia merasakan lapar, maka mereka akan berusaha mencari sumber makannya untuk mengatasi rasa lapar tersebut.

Hal tersebut sama seperti binatang, jika kelaparan, ia akan mencari mangsanya untuk dimakan. Tidak hanya itu saja, tumbuhan pun memerlukan makanan serta nutrisi, namun hanya caranya saja yang berbeda dari manusia dan hewan.

Terdapat beberapa fungsi makanan bagi Living Things, yaitu :

  • Sebagai sumber tenaga untuk melakukan aktivitas.
  • Untuk proses pembentukan tubuh atau disebut sebagai pertumbuhan.
  • Menggubah berbagai sel didalam tubuh yang rusak.

2. Bernafas

Bernafas merupakan sebuah proses pertukaran gas yang diperlukan oleh makhluk hidup dengan lingkungannya. Respirasi atau bernafas adalah kegiatan pertukaran dengan masuknya oksigen dengan karbon dioksida.

Makhluk hidup akan menghirup oksigen ke dalam tubuh dengan tujuan untuk mengoksidasi zat yang terkandung dalam makanan untuk menghasilkan energi, yang digunakan untuk kegiatan.

Setiap Living Things pasti memiliki alat pernapasan dan juga cara yang berbeda, misalnya seperti manusia, hewan menyusui, unggas dan masih banyak lagi memiliki alat pernapasan berupa paru-paru.

Sedangkan, Tumbuhan bernafas menggunakan lentil serta stomata yang terletak pada batang dan juga daun.

Baca Juga : Ekosistem Adalah

3. Bergerak

Bergerak merupakan proses yang bertujuan untuk mengubah posisi keseimbangan atau berpindah tempat. Makhluk hidup pasti akan bergerak, meskipun beberapa ada yang bergerak sangat lambat dan yang lain sangat cepat.

Untuk mewujudkan sifat-sifat makhluk hidup yang satu ini, kita membutuhkan alat-alat gerak seperti kaki, sayap, sirip, tubuh dan sejenisnya yang dapat mengatur makhluk hidup agar bisa bergerak.

4. Tumbuh

Semua makhluk hidup pasti akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan dalam hidupnya. Misalnya, jika Anda mempunyai anak, maka seiring berjalannya waktu ia akan tumbuh menjadi dewasa.

Jika, manusia diberikan perhatian dan asupan makanan serta nutrisi maka akan tumbuh menjadi manusia dewasa. Bagitupun dengan tumbuhan dan hewan.

Pertumbuhan bisa diukur dan dinyatakan dengan menggunakan satuan kualitatif, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengamati perubahan dalam tubuh setiap makhluk hidup tersebut.

5. Berkembang Biak (Reproduksi)

Proses mendapatkan keturunan yang dilakukan oleh makhluk hidup juga dikenal sebagai Reproduksi. Anda harus tahu bahwa makhluk hidup di bumi ini tidak akan hidup selamanya.

Untuk menjaga keturunan mereka, mereka melakukan perkembangbiakan sehingga spesies mereka tidak punah. Untuk menghasilkan keturunannya, ada dua metode yang dilakukan oleh makhluk hidup yaitu vegetatif dan generatif.

Vegetatif adalah proses perkembangan biakan yang terjadi secara seksual. Sedangkan, generatif adalah proses perkembangbiakan makhluk hidup, yang terjadi secara aseksual.

6. Beradaptasi

Adaptasi merupakan kemampuan yang dimiliki oleh makhluk hidup untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Kriteria dari tempat tinggal makhluk hidup di bumi tentunya berbeda.

Nah, kemampuan beradaptasi inilah yang nantinya akan membentuk tubuh, fungsi organ, dan perilaku makhluk hidup berdasarkan dengan lingkungan sekitarnya.

Terbagi menjadi tiga macam adaptasi, yaitu :

  1. Morphological adaptation, adalah jenis adaptasi dari bentuk dan struktur tubuh dengan lingkungan sekitarnya.
  2. Physiological adaptation, adalah suatu bentuk adaptasi dari fungsi tubuh dan organ dengan lingkungan sekitarnya.
  3. Adaptasi perilaku, adalah bentuk adaptasi dari sifat dan tindakan makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.

7. Merespon Rangsangan Yang Ada

Karakteristik dari makhluk hidup yang selanjutnya adalah mereka dapat memberikan reaksi terhadap perubahan yang sedang terjadi di sekitarnya. Reaksi ini akan timbul ketika mereka merasakan ada rangsangan yang datang dari lingkungan.

Rangsangan tersebut dapat berupa sebuah cahaya, suhu seperti panas dan dingin, bau-bauan, sentuhan, gravitasi, rasa dan masih banyak lagi.

Pada manusia dan hewan untuk melihat apakah ada rangsangan yang akan datang maka mereka menggunakan panca indra yang melekat ditubuh mereka, misalnya seperti:

  • Mata untuk merasakan adanya cahaya yang datang.
  • Telinga untuk merasakan rangsangan yang datang berupa getaran suara.
  • Hidung untuk merasakan rangsangan yang datang seperti bau wangi, sampah dan lain sebagainya.
  • Kulit untuk merasakan rangsangan yang datang dalam bentuk sentuhan ataupun tekanan.
  • Lidah sangat peka terhadap rasa zat yang terkandung didalam makanan.

8. Melepaskan Zat Sisa (Ekskresi)

Ketika menusia melakukan aktivitas yang sangat bergantung pada gerakan tubuh, maka tubuh kita pasti akan mengeluarkan zat sisa dalam bentuk keringat.

Hal ini juga dapat terjadi jika Anda terlalu banyak memakan makanan berat dan minum banyak air, maka Anda akanbuang air besar dan kecil seperti mengeluarkan urine.

Tidak hanya itu saja, tubuh manusia juga akan melepaskan karbondioksida dan uap air yang dikeluarkan sebagai zat sisa dari hasil proses respirasi.

9. Memetabolisme Tubuh

Metabolisme merupakan serangkaian proses kimia yang terjadi didalam tubuh dari setiap makhluk hidup, misalnya seperti pernapasan dan juga ekskresi.

Proses dari metabolisme tubuh sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu katabolisme dan juga anabolisme. Berikut ini penjelasannya :

  • Katabolisme merupakan sebuah proses metabolisme yang terjadi dengan cara menguraikan senyawa kimia¬†secara kompleks. Contohnya adalah proses pemecahan gula kedaam bentuk air dan karbon dioksida dalam tubuh manusia.
  • Anabolisme merupakan sebuah proses metabolisme tubuh yang bertujuan untuk mengubah beberapa senyawa organik sederhana menjadi senyawa organik yang sangat kompleks. Contohnya seperti fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan hijau.

Baca Juga : Ekosistem Darat

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Makhluk Hidup?

Makhluk hidup merupakan sebuah organisme yang memiliki ciri kehidupan seperti bergerak, bernafas, mempertahankan hidupnya dari berbagai jenis perubahan yang terjadi di lingkungan bahkan dapat berkembang biak demi melindungi jenisnya.

Dalam bahasa Arab, kata Makhluk Hidup berarti?

Makhluk adalah kata yang berasal dari bahasa Arab dan berarti “menciptakan”. Ini merupakan kebalikan dari kata “kholik” yang berarti “pencipta atau menciptakan”.

Bagaimana Makhluk Hidup bertahan hidup?

Makhluk Hidup dapat bertahan hidup dengan beberapa faktor yaitu :
1. Berusaha untuk mencari makanan dan mendapatkan air.
2. Menghirup udara.
3. Mendapatkan sinar matahari yang cukup.
4. Memiliki tempat tinggal yang berfungsi untuk melindungi diri dari berbagai perubahan cuaca dan serangan hewan buas.

Demikianlah ulasan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.