Ciri Ciri Negara Hukum

Posted on

Hallo sobat Rumus.co.id kali ini kami akan membahas materi Ciri Ciri Negara Hukum menurut uud 1945 – lengkap dengan pengertian, sejarah, unsur, fungsi, prinsip dan kelompoknya, supaya mudah dipahami.

Negara Hukum adalah salah satu bentuk dari negara yang dilandasi dalam undang-undang dengan memiliki berbagai peraturan dan kebijakan sehingga negara dapat melakukan tugas – tugasnya dengan baik.

Langsug saja simak pembahasan di bawah ini…?

Negara Hukum Adalah

Ciri Ciri Negara Hukum

Negara hukum adalah salah satu konsep negara yang melakukan tindakan yang didasarkan pada aturan yang berlaku sehingga hal ini sebuah tindakan dengan aturan yang di dasari oleh hukum.

Negara hukum juga salah satu upaya dengan kebenaran dan keadilan.

Namun didasarkan pada hukum yang menjamin suatu keadilan bagi semua warga negara.

Aturan yang ada di negara hukum akan dihasilkan dari karakteristik aturan hukumnya dan menunjukkan bahwa negara tersebut adalah negara konstitusional.

Definisi negara hukum dari beberapa para ahli

  • Menurut Aristoteles – teleh menerangkan bahwa negara hukum memiliki aturan yang tertulis dan aturan tidak tertulis.
  • Menurut Plato – telah menerangkan bahwa negara hukum dapat mengupayakan kebenaran dengan tindakan kesopanan atau keadilan.
  • Menurut Hugo Krabbe – telah mengatakan bahwa negara hukum adalah salah satu negara yang berdasarkan pada hukum atau bertanggung jawab atas hukum yang berlaku.
  • Menurut Prof. R. Djokosutomo – telah mengatakan bahwa negara hukum adalah salah satu negara yang diakui sebagai badan hukum dalam bentuk kebijakan.

Dalam mengetahui pembahasan di atas maka sobat semua harus mampu mencerna dengan baik.

Akan tetapi negara hukum dapat menciptakan kemanan sebagai sumber penyelesaian konflik di suatu negara.

Misalnya:

Di negara Indonesia merupakan salahs atu negara hukum yang sudah ditetapkan dalam Pasal 1 ayat 3 UUD 1945 yang mengatakan bahwa, Negara Indonesia adalah salahsatu negara yang memeiliki bentuk konstitusional.

Sebagai fondasi yang kuat dan memiliki aturan yang berlaku.

Baca Juga: Dampak Korupsi

Sejarah Hukum Di Negara Indonesia

Dasar hukum negara Indonesia sudah dilandasi dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang memuat sistem pemerintahan dalam mentaati hukum yang ada.

Pada tahun 1945, negara Indonesia adalah negara yang didasarkan dengan hukum, dengan kekuasaan.

Selain itu juga pada tahun 1945 terbentuklah sistem konstitusi sebagai sistem konstitusional dalam bentuk terhadap kekuasaan yang tidak terbatas.

Jadi sobat dalam memahami ini kamu haru mengerti tentang apa yang dimaksud dengan negara hukum.

Singkatnya negara Indonesia adalah negara hukum material yang memiliki ruang lingkup dalam pengembangan terhadap kebaikan bersama.

Unsur Negara Hukum

Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan menyampaikan beberapa unsur yang terdapat dalam negara hukum diantaranya adalah sebagai berukut.

Apa sih sebenarnya yang terdapat dalam unsur-unsur itu…?

Langsung saja sobat simak dibawah in.

  • Hak asasi manusia adalah salah satu dalam bentuk penghormatan terhadap hak-hak yang sesuai dengan martabat seseorang dan berdasarkan hukum.
  • Pembagian dalam bidang distribusi adalah salah satu bentuk dalam kekuasaan untuk memastikan hukum yang akan terwujud.
  • Pemerintahan yang didasari pada hukum dan peraturannya.
  • Adanya suatu pengadilan antara rakyat dan pemerintah.

Baca Juga: Teks Cerita Sejarah

7 Prinsip Negara Hukum

Hukun negara

1. Perlindungan hak asasi manusia

Prinsip negara yang berbasis atas perlindungan hak asasi manusia merupakan suatu perlindungan yang nyata, karena semua manusia berhak memintak perlindung hum dari negara.

2. Mencapai tujuan negara

Prinsip dalam bidang Mencapai tujuan negara adalah suatu sarana untuk mencapai tujuan negara yang baik, sebagai peranan dalam konstitusi 1945 dalam bentuk tujuan utamanya.

Dengan adanya tujuan ini maka negara dapat melakukan dengan pembangunan yang selalu menyesuaikan tujuannya.

3. Pembatasan terhadap kekuasaan

Prinsip ini dimiliki negara berdasarkan hukum dan kinerja yang harus selalu dibatasi dengan memisahkan kinerja dari cabang dan di posisi yang sama.

4. Asas legalitas

Prinsip legalitas adalah suatu prinsip pada tindakan pemerintah yang harus didasarkan dalam undang-undang secara inti telah disetujui secara tertulis dari beberapa pejabat yang terkait.

Dalam hal ini juga semua tindakan harus didasarkan pada semua aturan yang berlaku.

5. Kesetaraan pada hukum

Prinsip yang sediamikian adalah suatu kesetaraan yang dimiliki oleh setiap warga negara, dengan mengethui perbedaan latar belakang dari badan hukum.

Sehinga negara-negara hukum dapat berkembangan dan dapat mencapai tingkat kesejahteraan disetiap kelompok masyarakat.

6. Badan eksekutif independen

Prinsip eksekutif independen adalah prinsip yang diterapkan pada negara dengan dimaksud badan eksekutif dapat mengacu pada lembaga eksekutif.

Sehingga badan lembaga akan dianggap penting dengan menjamin demokrasi untuk mempertahankan kekuasaannya.

7. Keadilan administrasi negara

Prinsip dalam bidang administrasi negara adalah salah saltu prinsip yang di miliki oleh badan negara yang berbasis dan dapat memberikan peluang untuk kepentingan masyarakat.

Baca Juga: Implementasi Pancasila

Ciri Ciri Negara Hukum

Nah sobat kembali dari inti dari judul artikel kami, disini kami akan menyampaikan beberapa ciri-ciri negara yang dilandasi dengan hukum adalah sebagai berikut.

1. Adanya Pembagian kekuatan

Dalam hal ini pembagian kekuatan, adalah salah satu ciri yang akan diterapkan melalui supremasi hukum dalam bidang demokrasi seperti yang ada di indonesia.

Sehingga badan legislatif memiliki tugas selama menduduki kekuasaan untuk mengawasi pelaksanaan pedoman pelaksanaan dengan peradilan.

2. Sistem konstitusional

Sistem konstitusional adalah sistem dalam bentuk kelembagaan yang mengatur berbagai urusan negara.

Di Indonesia beberapa lembaga pemerintah yang menagatur Sistem konstitusional dengan tingkat MPR, DPR dan DPD, serta Mahkamah Agung.

Masing-masing dari lembaga ini memiliki tugas dan wewenangnya untuk melakukan tugasnya.

Sistem konstitusional juga memiliki kekuasaan di bawah UUD 1945 untuk menyelesaikan suatu perselisihan.

Baca Juga: Komponen Infrastruktur Politik

3. Sistem Peradilan

Negara hukum harus memiliki Sistem Peradilan yang bebas dan tidak bisa memihak atau pilih kasih terhadap peraturan yang sudah dibuat.

Tentu saja Sistem Peradilan akan mengacu pada hukum yang sudah berlaku, namun baru-baru ini Sistem Peradilan di Indonesia telah berurusan pada suatu kasus yang sudah melanggar dalam Undang – Undang.

4. Kebebasan berekspresi

Kebebasan berekspresi adalah salah satu ciri yang dimiliki oleh negara hukum dengan berbagai aturan hukum dan diatur dalam konstitusi secara resmi.

Kebebasan ini juga yang dilandasi dari Undang-Undang Dasar Tahun 1945 tentang kebebasan berekspresi dan sudah terkandung dalam Pasal 28 UUD 1945.

Oleh karena itu negara Indonesia memiliki kebebasan berekspresi untuk kemajuan bangsa dan negara.

Akan tetapi dapat diwujudkan dalam sebuah kegiatan dalam bidang penulisan tentang sebuah kebebasan untuk memberikan pendapat dan kritik.

Sekian sobat yang dapat Rumus.co.id sampaikan pembahasan tentang Ciri Ciri Negara Hukum, semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya>>>>>
Related posts: