Ciri – Ciri Iklan

Posted on

Ciri – Ciri Iklan – Tentunya istilah ini sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Namun, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Iklan? Bagaimana ciri-cirinya? Dan apa fungsinya?

Untuk mengetahui hal-hal tersebut secara rinci, pada kesempatan kali ini Rumus.co.id kan memberikan penjabaran mengenai Iklan beserta hal-hal yang berkaitan didalamnya.

Ciri - Ciri Iklan

Yuk kita simak penjelasan dibawah ini…

Apa itu Iklan?

Iklan merupakan sebuah media informasi yang berbentuk promosi berupa sebuah pesan yang menarik mengenai sebuah produk dan jasa yang dikeluarkan oleh perseorangan, organisasi, instansi atau suatu perusahaan.

Penggunaan iklan sebagai media promosi ini bertujuan untuk membujuk atau mendorong khalayak banyak agar tertarik dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh suatu instansi atau perusahaan.

Iklan dapat kita temukan dibeberapa media misalnya seperti di koran, majalah, internet, tv, radio, reklame, baliho dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Cara Memasarkan Produk

Ciri – Ciri Iklan

Iklan sangat mudah untuk dikenali oleh masyarakat luas, hanya dengan memahami ciri-cirinya saja, kita sudah bisa mengetahui apakah informasi dan pesan yang disampaikan berupa iklan atau bukan.

Dibawah ini terdapat beberapa kriteria yang dari iklan yang dapat membedakannya dengan jenis-jenis promosi yang lainnya, yaitu :

  • Informasi atau komunikasi disampaikan dan diberikan dengan cara yang informatif.
  • Pembuatan iklan menggunakan kata-kata yang menarik untuk membuatnya lebih menarik bagi pembaca.
  • Memakai kata-kata (frasa) atau bahasa yang sesuai, logis, berpendidikan dan mudah untuk dipahami oleh seluruh komunitas atau target pasar.
  • Secara umum digunakan untuk menjelaskan produk / layanan dan bagaimana produk / layanan tersebut bekerja.
  • Menggabungkan unsur Kata dengan Gambar agar lebih menarik.

Syarat – Syarat Pembuatan Iklan

Terdapat beberapa syarat yang digunakan dalam pembuatan iklan, yaitu sebagai berikut :

  • Penggunaan bahasa dan kata-kata harus tertata dan harus tidak memiliki makna lagi.
  • Harus menggunakan bahasa yang menarik dan mudah untuk diingat.
  • Iklan dibuat dengan mempertimbangkan sebuah tata bahasa, etika, dan sasaran.
  • Jangan meremehkan atau menghina perusahaan yang lainnya.
  • Iklan secara jujur dibuat sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Baca Juga : Iklan Baris

Jenis – Jenis Iklan

Terdapat banyak sekali bentuk-bentuk iklan sesuai dengan sesuatu yang mendasari, yaitu seperti dibawah ini :

A. Iklan Berdasarkan Media yang Digunakan

Jika dilihat berdasarkan media yang digunakan, iklan dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu :

1. Print Advertising (Iklan Cetak)

Iklan Cetak adalah salah satu jenis iklan yang dipasang terhadap media yang menggunakan teknik percetakan baik itu dalam bentuk sablon, letterpress, laser dan masih banyak lagi.

Contoh iklan ini dapat kita jumpai di surat kabar, tabloid, majalah, stiker, poster dan masih banyak lagi.

2. Electronic Advertisement

Iklan Elektronik merupakan sebuah iklan yang memanfaatkan media berbasis alat-alat elektronik seperti televisi, radio, film serta media digital lainnya seperti internet. Dibawah ini terdapat beberapa contoh dari iklan media elektronik, yaitu :

  • Radio announcements : jenis iklan ini hanya bisa didengarkan saja, karena hanya berupa audio tidak disertai gambar. Contoh iklan radio adalah sponsor iklan, iklan, serta program.
  • TV advertising : jenis iklan ini mengandung unsur suara, gambar, gerakan, serta teks yang membuatnya lebih menarik untuk dilihat publik. Berikut contoh iklan TV yaitu live action, animasi, stop action, musik, sponsor program, dan masih banyak lagi.
  • Film advertising : jenis iklan ini dapat dilihat ketika kita melihat sebuah film / cinema di bioskop atau di televisi. Biasanya, iklan ini akan muncul sebelum film dimulai dan bentuk iklannya seperti live action dan endorsement.
  • Iklan media digital interaktif : iklan ini biasanya berada di berbagai media online yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Contoh dari jenis iklan ini seperti spanduk dan button, situs web, Search Engine Marketing, sponsor dan masih banyak lagi.
  • Iklan luar ruang : iklan ini adalah iklan yang biasanya berada di luar ruang elektronik yang posisinya mudah dikenali oleh publik. Contoh iklan ini yaitu pengumuman transit, papan iklan seluler, standar eksternal, tampilan, dan masih banyak lagi.

B. Iklan Berdasarkan Dengan Tujuannya

Jika dilihat berdasarkan dengan tujuan penyampaiannya, iklan ini dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu :

1. Iklan Komersial

Commercial Advertising yaitu salah satu jenis iklan yang bertujuan untuk memasarkan sebuah produk baik itu barang ataupun jasa. Jenis iklan ini dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu :

  • Iklan Tastis yaitu sebuah iklan yang memaksa konsumen untuk segera membeli produk yang mereka pasarkan. Sementara,
  • Iklan Strategis yaitu iklan yang bertujuan untuk membuat sebuah merk dagang.

2. Iklan Non-Komersial

Non-Commercial Advertising yaitu sebuah iklan yang dipakai untuk memberitahukan, membujuk atau mendidik masyarakat di mana tujuannya bukan untuk mencari keuntungan ekonomi, atau melainkan untuk mencari keuntungan sosial.

C. Iklan Berdasarkan Isinya

Jika dilihat berdasarkan isi yang terkandung didalamnya, iklan ini dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu :

1. Pengumuman (Iklan Pemberitahuan)

Pengumuman merupakan salah satu jenis iklan yang isinya bertujuan untuk menarik perhatian dari masyarakat tertentu melalui sebuah informasi atau pemberitahuan yang disampaikan. Contoh iklan pengumuman ini yaitu :

  • Iklan duka cita
  • Iklan reuni alumni sekolah
  • Advertising for victims of natural disasters.

2. Iklan Niaga (Penawaran)

Penawaran adalah sebuah iklan yang bertujuan untuk menawarkan suatu produk atau jasa kepada semua masyarakat yang melihatnya. Contoh dari iklan niaga ini yaitu :

  • Iklan yang menawarkan produk seperti smartphone, sepatu, tas, pakian dan masih banyak lagi.
  • Iklan menawarkan jasa seperti driver, kurir, sedot wc, pengobatan alternatif dan masih banyak lagi.

3. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan nirlaba atau layanan masyarakat merupakan jenis iklan yang bertujuan untuk menjelaskan sesuatu. Biasanya iklan ini dikeluarkan oleh agensi pemerintah atau organisasi masyarakat seperti organisasi non-pemerintah.

Baca Juga : Iklan Layanan Masyarakat

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Iklan?

Iklan merupakan sebuah media informasi yang berbentuk promosi berupa sebuah pesan yang menarik mengenai sebuah produk dan jasa yang dikeluarkan oleh perseorangan, organisasi, instansi atau suatu perusahaan.

Fungsi Iklan adalah?

1. Memberikan informasikan kepada publik tentang suatu produk atau jasa.
2. Untuk menarik perhatian para konsumen terhadap produk yang dipasarkan oleh suatu instansi.
3. Memotivasi konsumen untuk bertindak atau melakukan sesuatu.

Unsur – Unsur Iklan adalah?

Paling sedikitnya iklan memiliki dua unsur, yaitu :
1. Kalimat Deskriptif, kalimat ini berfungsi untuk menjelaskan suatu produk atau layanan yang dipromosikan.
2. Kalimat Persuasif, kalimat ini berfungsi untuk membujuk atau mempengaruhi seseorang agar mau menggunakan produk atau jasa yang dipromosikan.

Demikianlah ulasan pada kesempatan kali ini, semoga menjadi ilmu pengetahuan baru untuk kita semua.