Ciri – Ciri Hewan Vivipar

Posted on

Ciri – Ciri Hewan Vivipar – Jika dilihat berdasarkan dengan cara perkembangbiakan yang mereka lalui, hewan dikelompokkan ke dalam tiga macam, yaitu Ovipar, Vivipar, dan juga Ovovivipar.

Ciri - Ciri Hewan Vivipar

Nah, dalam pembahasan yang sebelumnya sudah kita simak secara bersama-sama penjelasan dari Ciri-Ciri Hewan Ovipar. Sedangkan dalam artikel kali ini, kita akan membahas salah satu dari ketiga golongan tersebut, yaitu Hewan Vivipar.

Untuk mengetahui lebih jelas dan juga rinci mengenai Hewan Vivipar ini beserta ciri-ciri dan contohnya, mari kita simak penjabaran yang akan Rumus.co.id sampaikan. Yuk simak informasinya…

Hewan Melahirkan (Vivipar) Adalah?

Hewan Vivipar merupakan kelompok hewan yang melakukan perkembang biakan dengan cara melahirkan. Proses perkembang biakan dengan cara ini umumnya terjadi pada hewan mamalia atau bisa disebut sebagai hewan menyusui.

Proses pembuahan atau fertilisasi terjadi karena sel jantan dengan sel telur atau ovum betina mengalami proses pembuahan di dalam tubuh induknya. Fertilisasi ini kemudian akan menghasilkan spesies baru dari jenis ini, yang lahir dari induk mereka.

Induk betina akan mengandung calon dari spesies baru tersebut hingga ke beberapa waktu tertentu, guna menyempurnakan proses pembentukan tubuh dari calon keturunannya.

Ciri – Ciri Hewan Vivipar

Untuk dapat membedakan hewan Vivipar dengan golongan hewan yang lainnya, tentunya bukan hal yang mudah, namun kalian juga mesti memahami ciri-ciri dari Hewan Vivipar agar tidak salah.

Berikut ini merupakan ciri-ciri yang dimiliki oleh hewan Vivipar yang perlu kalian ketahui, yaitu :

  1. Umumnya hewan yang tergolong kedalam kelompok hewan melahirkan mempunyai puting susu.
  2. Memiliki penutup tubuh yang berupa sebuah rambut atau bulu.
  3. Mempunyai daun telinga yang digunakan untuk mengumpulkan sumber suara.
  4. Terdapat kelenjar susu agar para hewan Vivipar ini dapat menyusui anak-anaknya
  5. Termasuk kedalam golongan hewan Mamalia.
  6. Di dalam tubuh induknya memiliki rahim yang digunakan sebagai tempat untuk mengandung.
  7. Janin atau calon generasi penerus mereka tumbuh dan berkembang di dalam Rahim induknya.
  8. Induk akan mengandung anaknya hingga beberapa waktu sampai induknya melahirkan anaknya.

Baca Juga :
Hewan Ovovivipar
Ciri – Ciri Hewan Ovipar
Ciri Ciri Khusus Hewan – Habitat, Fungsi, Dan Gambarnya

Proses Perkembangbiakan Hewan Vivipar

Pertama, hewan vivipar akan mengalami masa kawin dengan melakukan proses pembuahan yang dilakukan dengan sel jantan dalam tubuh sel betina. Setelah pembuahan yang dilakukan tersebut berhasil, selanjutnya betina akan melewati fase kehamilan.

Hasil dari proses pembuahan tersebut merupakan sebuah embrio atau disebut juga dengan bakal janin. Lama kelamaan, embrio tersebut akan tumbuh menjadi sebuah janin, semakin hari janin tersebut akan tumbuh semakin besar.

Jika sudah mencapai usia tertentu, maka janin tersebut akan menjadi seorang anak sampai tiba saatnya anak tersebut dilahirkan oleh sang induk. Setelah melahirkan, barulah induknya akan menyusui anak-anaknya hingga mereka cukup umur untuk mencari makanan sendiri.

Ketika sedang dalam proses menyusui anaknya, sang induk biasanya membutuhkan asupan makanan yang jauh lebih besar jumlahnya dari sebelumnya. Hal ini tentunya, untuk menghasilkan air susu yang banyak guna diberikan pada anaknya.

Contoh dari Hewan Vivipar

Setelah secara bersama-sama kita menyimak penjelasan-penjelasan dari Hewan Vivipar, maka kita akan membahas mengenai beberapa contoh dari kelompok hewan tersebut, yaitu diantaranya adalah :

1. Anjing

Anjing merupakan hewan darat yang termasuk kedalam golongan Hewan melahirkan atau Vivipar. Secara umum, Anjing mempunyai tahap-tahapan reproduksi yang terbilang sangat rutin jika dibandingkan dengan hewan yang lainnya.

Umumnya Anjing akan mengandung hingga kurang lebih selama 1 sampai 2 bulan berdasarkan dengan jenisnya. Selain itu, anjing juga dapat memproduksi 4 hingga lebih generasi dalam satu kali fase melahirkan.

2. Kucing

Meskipun sama-sama tergolong kedalam hewan Vivipar, kucing dan anjing jelas jauh berbeda. Dimana kucing memiliki siklus reproduksi yang kurang stabil.

Umumnya kucing akan mengalami fase mengandung dalam kurun waktu kurang selama dua bulan bahkan lebih. Ketika fase melahirkan tiba, maka kucing akan mencari tempat yang nyaman dan juga aman.

3. Gajah

Gajah adalah hewan vivipar yang berasal dari family Elephantidae dan juga ordo Proboscidea. Hewan ini mempunyai ciri-ciri khusus yaitu terdapat belalai yang panjang dan juga kuat, yang mana berfungsi membantu gajah untuk mengambil makanan serta menyemprotkan air.

Namun, saat ini spesiesnya hanya sedikit dan sudah masuk kedalam kategori dari hewan langka. Hal tersebut disebabkan dari masa kehamilan gajah yang membutuhkan waktu sangat lama, yaitu kurang lebih selama 18 hingga 24 bulan.

Sedangkan dalam satu siklus reproduksi, gajah hanya melahirkan 1 bayi gajah saja. Perlu kalian ketahui bahwa gajah hanya akan memproduksi keturunannya sebanyak 4 hingga 5 kali saja dalam hidupnya.

F.A.Q

Vivipar adalah?

Vivipar adalah hewan yang melakukan proses perkembang biakan dengan cara beranak ataupun melahirkan. Proses perkembang biakan dengan cara ini umumnya terjadi pada hewan mamalia atau bisa disebut sebagai hewan menyusui.

Ciri utama yang dimiliki oleh hewan Vivipar adalah?

1. Mempunyai kelenjar dan puting susu.
2. Memiliki daun telinga.
3. Tubuhnya ditutupi dengan rambut atau bulu.
4. Dalam tubuhnya terdapat rahim.

Contoh dari Hewan Vivipar, yaitu?

Hewan-hewan yang termasuk kedalam kelompok Vivipar ini yaitu Paus, Singa, Kucing, Kuda, Sapi, Unta, Anjing, Kerbau, Lumba-Lumba dan lain sebagainya.

Sekianlah referensi dari ulasan kali ini, semoga penjabaran ini dapat menambah wawasan para readers setia website ini…