Ciri – Ciri Hewan Ovovivipar

Posted on

Ciri – Ciri Hewan Ovovivipar – Melakukan perkembangbiakan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi setiap organisme guna menjaga agar spesies dari suatu organisme tetap terjaga dan tidak punah.

Ciri - Ciri Hewan Ovovivipar

Dalam rangka menjaga keberlangsungan hidupnya, maka organisme akan melakukan proses reproduksi. Nah, proses reproduksi ini dibedakan menjadi 3 macam, yaitu Ovipar, Vivipar dan juga Ovovivipar.

Di pembahasan yang sebelumnya kita sudah secara bersama-sama menyimak dan juga memahami penjelasan dari berkembang biak dengan cara Ovipar atau bertelur dan juga Vivipar atau melahirkan.

Untuk pembahasan kali ini, maka kita akan menyimak penjabaran tentang berkembang biak dengan cara Ovovivipar atau beranak dan juga bertelur. Yuk simak pembahasannya di bawah ini…

Definisi dari Ovovivipar

Ovovivipar merupakan salah satu perkembang biakan hewan yang dilakukan dengan cara bertelur dan juga beranak. Akan tetapi kedua proses ini terjadi dalam satu siklus reproduksi.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebab, embrio yang induk tumbuh dan berkembang di dalam telur, sedangkan telur tersebut tetap ada di dalam tubuh sang induk hingga menetas.

Ketika telur sudah menetas, maka individu tersebut akan keluar dari dalam tubuh induknya, dengan cara dilahirkan, namun masih tetap dengan spesies yang sama.

Ciri – Ciri Hewan Ovovivipar

Secara umum, terdapat beberapa ciri – ciri yang dimiliki oleh Hewan Ovovivipar yang dapat membedakannya dengan jenis hewan yang lainnya, yaitu sebagai berikut :

  • Proses pembuahan sel telur terjadi di tubuh induknya.
  • Hewan yang melakukan proses reproduksi ini tidak mempunyai rahim.
  • Secara umum, Hewan ini tidak mempunyai kelenjar susu, sehingga mereka tidak bisa menyusui anaknya.
  • Jangka waktu yang dibutuhkan oleh sang induk untuk menetaskan telur yang ada di dalam tubuhnya cukup lama.
  • Metode reproduksi dengan cara ini umumnya didominasi dengan hewan yang berdarah dingin.
  • Setelah telur yang ada dalam tubuh sang induk menetas, maka individu baru tersebut akan dikeluarkan dari dalam tubuh sang induk, inilah yang disebut sebagai kelahiran.
  • Hewan yang berkembang biak dengan cara ini tidak merawat individu baru hingga mereka dewasa.

Baca Juga :
Ciri – Ciri Hewan Vivipar
Hewan Ovovivipar
Ciri – Ciri Hewan Ovipar

Contoh dari Hewan Ovovivipar

Setelah kita menyimak dan memahami pengertian dari Hewan Ovovivipar yang ada diatas, agar kita semakin memahaminya, ada baiknya jika kita memahami contoh dari Hewan Ovovivipar, yaitu :

1. Ikan Pari

Stingray atau ikan pari adalah ikan yang dapat kita temukan di perairan yang ada di seluruh dunia serta masih ada kaitannya dengan ikan jerung. Pada pangkal ekor ikan pari mempunyai spora yang berukuran sekitar 8 inci, dimana pada bagian ekornya mengandung racun.

Ketika ikan pari sedang merasa terancam dengan adanya musuh, maka ekor dari ikan ini akan mengeras dan digunakan sebagai senjata untuknya. Umumnya ikan pari sangat jarang menyerang manusia yang berada di dekat mereka.

Mereka akan menggunakan ekornya ketika mereka merasa terancam saja untuk mempertahankan diri. Sekarang hanya tinggal 200 spesies ikan pari saja di dunia ini, yang dapat kita jumpai di air tawar maupun air laut.

2. Ikan Hiu

Hiu adalah sekelompok ikan yang memiliki kerangka penuh dan tubuh kurus. Hiu bernapas dengan lima insangnya, namun kadang-kadang Hiu juga menggunakan enam hingga tujuh insangnya untuk bernafas.

Namun, ini tergantung pada jenis spesiesnya. Hiu memiliki tubuh yang ditutupi dengan dermal denticles untuk melindungi tubuh mereka dari berbagai kerusakan dan juga untuk meningkatkan dinamika air.

Hewan ini juga mempunyai beberapa baris gigi yang dapat diganti. Sebagian besar dari hewan ini merupakan hewan predator liar di laut.

3. Bunglon

Bunglon adalah reptil dari suku Agamidae dan juga masih memiliki kaitan erat dengan kadal. Hewan ini dapat merubah warna tubuhnya jika sedang merasa terancam dengan musuhnya yang disebut dengan mimikri.

Biasanya hal ini dimulai dari merubah warna yang lebih terang ke warna yang lebih gelap. Bunglon mempunyai ukuran tubuh yang cukup kecil, tetapi mereka memiliki ekor yang panjang.

Hewan-hewan ini hidup dan hidup di pohon dan umum di perkebunan, sawah dan kebun rumah. Reptil ini adalah insektivora atau hewan pemangsa serangga lainnya, seperti kupu-kupu, capung, lalat dan lain sebagainya.

4. Platypus

Platypus termasuk kedalam famili hewan semi-akuatik yang batita utamanya berada di bagian timur Australia. Hewan ini merupakan hewan aneh yang berasal dari kingdom Animalia. Platypus memiliki paruh seperti bebek dan juga selaput pada kakinya.

Selain kanguru dan juga koala, platipus juga dijadikan sebagai simbol fauna dari negara Australia. Pada dasarnya, platipus merupakan binatang yang hidup di air. Platypus termasuk hewan yang dapat berenang dengan handal.

F.A.Q

Apa itu Ovovivipar?

Ovovivipar merupakan salah satu perkembang biakan hewan yang dilakukan dengan cara bertelur dan juga beranak. Akan tetapi kedua proses ini terjadi dalam satu siklus reproduksi.

Mengapa Kadal termasuk kedalam kelompok Hewan Ovovivipar?

Sebab, hewan reptil seperti kadal, bunglon, komodo, ular dan lain sebagainya melakukan proses perkembangbiakan dengan cara bertelur dan melahirkan.

Bagaimana proses terjadinya perkembangbiakan Ovovivipar?

Induk jantan dan induk betina akan melakukan perkawinan secara seksual. Nah, pada saat sperma jantan bertemu dengan ovum betina, maka akan terjadi pembuahan untuk membentuk telur. Jadi embrio dalam telur akan tumbuh dengan sempurna karena terdapat cadangan makanan.

Demikian informasi singkat dari ulasan kali ini yang disampaikan oleh Website tercinta kalian ini. Semoga dapat membantu yaaa.