Ciri – Ciri Hewan Ovipar

Posted on

Ciri – Ciri Hewan Ovipar – Berkembang biak merupakan ciri utama dari seluruh jenis organisme yang hidup di dunia. Tidak ada pengecualian pada hewan, terdapat salah satu proses perkembang biakan yang dilakukan oleh hewan, yaitu bertelur.

Ciri - Ciri Hewan Ovipar

Terdapat beberapa contoh dari hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur yaitu ayam, burung dan juga bebek. Akan tetapi, tak hanya itu saja, namun masih banyak lagi hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Khususnya bagi hewan-hewan yang memiliki habitat di alam liar.

Dalam ulasan kali ini, website kesayangan kalian akan memberikan rangkuman materi tentang Hewan Bertelur beserta ciri-ciri dan contohnya untuk menambah wawasan bagi para readers. Yuk simak penjabarannya..

Hewan Bertelur (Ovipar) Adalah?

Hewan bertelur disebut juga sebagai Ovipar yaitu hewan yang dalam proses memperbanyak keturunannya dengan cara bertelur. Telur ini berupa sebuah cangkang yang berfungsi untuk menjaga embrio yang ada di dalamnya agar dapat tumbuh menjadi individu yang baru.

Telur-telur ini berasal dari pembuahan (fertilisasi) yang terjadi antara sel telur dengan sperma. Telur yang sudah keluar dapat diinkubasi oleh induknya atau disimpan di lokasi tertentu sehingga mereka dapat menetas.

Pada dasarnya, proses Fertilisasi atau pembuahan dibedakan menjadi dua macam, yaitu diantaranya adalah :

  • Fertilisasi Internal, merupakan sebuah proses pembuahan yang terjadi di dalam tubuh, misalnya yang terjadi pada hewan yang habitatnya di darat.
  • Fertilisasi Eksternal, merupakan sebuah proses pembuahan yang umumnya terjadi di luar tubuh, misalnya seperti yang terjadi pada hewan yang habitatnya di air serta amfibi.

Baca Juga :
Hewan Vertebrata
Hewan Ovipar
Kingdom Animalia – Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi, Contoh

Ciri – Ciri Hewan Ovipar

Secara umum, terdapat beberapa ciri-ciri dari hewan ovipar yang dapat membedakannya dengan jenis-jenis hewan yang lainnya, yaitu sebagai berikut :

  • Hewan ini tidak memiliki kelenjar susu sehingga mereka tidak menyusui.
  • Secara umum hewan ovipar tidak mempunyai daun telinga.
  • Sebagian besar dari hewan ovipar ini bukan dari kelompok hewan mamalia, melainkan dari reptil, aves, ikan, amfibi serta beberapa golongan invertebrata.
  • Secara umum telurnya tumbuh dan berkembang di bagian luar tubuh induknya.
  • Sebagian besar dari hewan bertelur ini akan mengerami atau menjaga telurnya sampai menetas.
  • Mereka memiliki organ atau reproduksi yang sangat sederhana.
  • Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur akan menghasilkan ova atau sel telur dengan jumlah yang sangat banyak, seperti ikan dan katak.
  • Ovum akan berkembang serta membentuk sebuah lapisan cangkang sebagai pelindungnya.

Contoh Hewan Ovipar

Setelah kita memahami dan juga mengetahui penjelasan dari hewan Ovipar, nah saatnya kita juga mengetahui apa saja hewan yang melakukan perkembangbiakan dengan cara bertelur, yaitu :

1. Ayam

Secara umum, kita tentunya sudah mengetahui bahwa ayam merupakan kelompok unggas yang melakukan perkembangbiakan dengan cara bertelur. Ayam termasuk kedalam kelompok aves yang tidak dapat menggunakan sayapnya untuk terbang.

Proses perkembangbiakan pada ayam terjadi setelah kira-kira mengalami masa perkawinan selama 24 hingga 26 jam, sedangkan untuk pembuahannya terjadi antara sel sperma dengan sel telur.

Ayam betina umumnya dapat memproduksi 8 hingga 10 butir telur dalam satu kali siklus bertelurnya. Setelah telur tersebut keluar dari tubuh betina, maka telur tersebut akan diinkubasi selama kurun waktu kurang lebih 20 hari lamanya hingga menetas.

2. Bebek

Selain ayam, terdapat bebek yang juga termasuk kedalam golongan hewan ovipar dimana keberadaannya tentunya sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita.

Sebelum unggas yang satu ini melakukan masa perkawinan, maka bebek jantan umumnya akan berusaha untuk menarik perhatian dari sang bebek betina dengan cara mengepakkan-ngepakkan sayapnya hingga bebek betina mau mengikuti kepakkan sayap sang bebek jantan.

3. Angsa

Sama seperti ayam dan juga bebek, bahwa Angsa merupakan unggas yang masuk kedalam golongan hewan ovipar. Terdapat satu hal yang sangat menarik dari angsa yaitu, unggas ini memiliki ukuran telur yang lima kali jauh lebih besar daripada telur bebek dan juga ayam.

4. Burung

Seperti yang sudah kita ketahui bersama-sama, bahwa sebagian besar jumlah dari jenis burung akan melakukan perkembangbiakan dengan cara bertelur.

Baik burung yang bisa terbang secara bebas di udara, maupun burung yang tidak dapat terbang secara bebas di udara, misalnya seperti burung puyuh, burung unta, burung kasuari dan masih banyak lagi.

F.A.Q

Ovipar adalah?

Hewan bertelur disebut juga sebagai Ovipar yaitu hewan yang dalam proses memperbanyak keturunannya dengan menghasilkan telur.

Proses pembuahan telur dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu?

1. Fertilisasi Internal, merupakan sebuah proses pembuahan yang terjadi di dalam tubuh, misalnya yang terjadi pada hewan yang habitatnya di darat.
2. Fertilisasi Eksternal, merupakan sebuah proses pembuahan yang umumnya terjadi di luar tubuh, misalnya seperti yang terjadi pada hewan yang habitatnya di air serta amfibi.

Berapa lama hewan ovipar melakukan perkembangbiakan?

Proses perkembangbiakan yang dilakukan oleh hewan ovipar umumnya akan memerlukan kurang lebih sekitar dua hingga satu bulan.

Cukup sekian ulasan dari artikel singkat kali ini, semoga dapat membantu para readers setia dari website ini untuk memahaminya.

Related posts: