Ciri – Ciri Hewan Omnivora

Posted on

Ciri – Ciri Hewan Omnivora – Dalam kehidupan ini, semua makhluk hidup tentunya membutuhkan makanan untuk bertahan hidup, tak terkecuali hewan. Dimana, berdasarkan dengan sumber makanannya, hewan dikelompokkan menjadi 4 macam.

Ciri - Ciri Hewan Omnivora

Salah satunya yang akan kita bahas dalam ulasan kali ini, yaitu Hewan Omnivora. Dimana, untuk membedakan antara hewan Omnivora dengan jenis-jenis hewan yang lainnya, tentunya terdapat ciri-ciri yang menjadi pembeda antara mereka.

Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, mari kita simak penjabaran yang ada di bawah ini, yang akan Rumus.co.id sampaikan untuk para pembaca setia website ini.

Definisi Hewan Omnivora

Hewan Karnivora merupakan kombinasi antara hewan Herbivora dengan Karnivora. Sehingga, hewan ini juga bisa disebut sebagai hewan yang memakan segalanya.

Secara bahasa, istilah dari Omnivora sendiri berasal dari Bahasa Latin yang terdiri dari dua kata, yaitu Omne yang berarti segala atau semua serta Vorare yang berarti makan atau pemakan.

Sehingga dapat disimpulkan, bahwa Hewan Omnivora merupakan sekelompok hewan yang memakan semua atau segala, baik itu tumbuhan ataupun daging.

Secara umum, hewan omnivora tidak berbahaya dan juga buas seperti halnya hewan karnivora, meskipun mereka sama sama hewan pemakan daging.

Sebab, Hewan Omnivora umumnya memakan daging dari hewan yang ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan tubuh mereka serta bukan sebagai sumber makanan utama.

Baca Juga :
Hewan Omnivora
Ciri – Ciri Hewan Karnivora
Metamorfosis Belalang

Ciri – Ciri Hewan Omnivora

Untuk membantu kalian agar mudah untuk membedakan antara Hewan Omnivora dengan jenis hewan lainnya, yuk kita simak ciri-ciri dari Hewan Omnivora ini, yaitu :

  1. Mengkonsumsi tumbuhan dan juga daging
    Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa hewan ini bisa memakan apapun yang mereka lihat, baik itu daging maupun tumbuhan. Meskipun begitu, tubuh mereka tidak akan merasakan efek apapun.
  2. Mempunyai sistem pencernaan yang kompleks
    Makanan yang mereka konsumsi sangat beragam. Oleh sebab itu, sistem pencernaan dari hewan ini dirancang dengan sempurna, yang membuat mereka tidak akan sakit ketika ada makanan yang masuk. Hal ini tentunya berbeda dengan jenis-jenis hewan yang lainnya.
  3. Mempunyai bentuk gigi yang datar pada bagian belakang
    Gigi datar yang berada di belakang umumnya berfungsi untuk mengunyah makanan agar menjadi lebih halus. Gigi ini dapat juga disebut sebagai gigi geraham.
  4. Mempunyai gigi yang tajam pada bagian depan
    Gigi yang memiliki permukaan tajam ini umumnya terdiri dari taring dan juga gigi seri. Gigi ini umumnya berfungsi untuk mengoyak dan juga memotong-motong makanan menjadi lebih kecil agar mudah untuk dikunyah oleh gigi graham.
  5. Sebagian mamalia dan sebagian mamalia
    Hewan omnivora ini terbagi lagi menjadi dua kelompok yaitu mamalia dan juga bukan mamalia.
  6. Berkembangbiak dengan cara bertelur ataupun beranak
    Jika bukan termasuk mamalia, pasti omnivora akan bertelur. Akan tetapi jika hewan omnivora ini termasuk mamalia, maka hewan ini akan berkembang biak dengan cara melahirkan.

Contoh Hewan Omnivora

gara kita dapat jauh lebih memahami kembali tentang Hewan Omnivora ini, yuk kita simak contoh-contoh dari Hewan Omnivora ini, yaitu :

1. Ayam

Ayam termasuk kedalam kelompok hewan omnivora yang juga tergolong kedalam spesies unggas. Hewan ini juga sering kita temui di lingkungan sekitar kita, karena memang ayam menjadi hewan yang banyak dipelihara oleh masyarakat.

Terutama di kawasan perkampungan, tentunya kita akan sering menjumpai ayam yang berlalu lalang di sekitar kita.

Ayam umumnya memakan beras atau padi, yang termasuk kedalam tumbuhan serta memakan daging seperti serangga atau hewan lainnya yang mempunyai daging. Dengan begitu, ayam bersifat omnivora.

2. Bebek

Bebek juga termasuk hewan omnivora yang berasal dari keluarga unggas. Biasanya kita dapat menjumpai bebek di daerah yang berlumpur atau di air mengalir seperti sungai kecil serta ada juga yang bahkan berkeliaran di rawa-rawa untuk mencari sumber makanan.

Makanan bebek sangat beragam, karena memang bebek termasuk kedalam kelompok hewan omnivora. Makanan bebek meliputi tanaman yang hidup di air, rumput, ikan kecil, sayuran, serangga dan juga cacing.

3. Gorila

Hewan omnivora yang satu ini termasuk kedalam hewan liar dan memiliki tubuh yang besar, gigi tajam serta memiliki tangan yang kuat. Otot-ototnya yang kuat membuat mereka jauh lebih mudah untuk melompat ataupun memanjat pohon.

Akan tetapi, tidak semua spesies gorila termasuk binatang buas, tetapi jika dia merasa terancam, dia akan menyerang siapa saja yang mencoba untuk mendekati dan akan mencabik-cabiknya.

F.A.Q

Apa itu Omnivora?

Secara bahasa, istilah dari Omnivora sendiri berasal dari Bahasa Latin yang terdiri dari dua kata, yaitu Omne yang berarti segala atau semua serta Vorare yang berarti makan atau pemakan.

Omnivora berkembang biak dengan cara?

Umumnya Hewan Omnivora akan berkembangbiak dengan cara bertelur dan juga beranak.

Mengapa Hewan Omnivora memiliki struktur gigi yang lengkap?

Sebab, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, karena mereka memakan segala yang mereka lihat, seperti tumbuhan, buah-buahan bahkan daging.

Sekian ulasan singkat dari kesempatan kali ini, Semoga sangat bermanfaat yaaa para readers..