Ciri – Ciri Hewan Karnivora

Posted on

Ciri – Ciri Hewan Karnivora – Berdasarkan dengan jenis makanannya, maka hewan dikelompokkan menjadi 4 jenis, yaitu karnivora, herbivora, omnivora dan juga insektivora.

Ciri - Ciri Hewan Karnivora

Masing-masing kelompok hewan ini tentunya memiliki perbedaan yang terjadi di antara mereka. Baik itu perbedaan yang terjadi di dalam makanan, habitat, bentuk tubuh ataupun kemampuan yang dimilikinya.

Nah, dalam ulasan kali ini Rumus.co.id akan mengajak para pembaca setia untuk memahami ciri-ciri dan juga contoh dari Hewan Karnivora. Namun, sekian banyak dari kita telah mengetahui atau sudah memahami tentang hewan ini.

Namun, tidak adalah salahnya jika kita mengulangi kembali ilmu ini, supaya ilmu ini dapat lebih kuat lagi di dalam ingatan otak kita. Yuk, kita simak pembahasannya..

Definisi Hewan Karnivora

Istilah Karnivora ni adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa latin yang terdiri dari dua kata, yaitu dari kata Caro yang berarti daging dan juga Vorare yang berarti memakan. Sehingga disimpulkan, secara bahasa bahwa Karnivora adalah hewan pemakan daging.

Akan tetapi, Karnivora sering ditafsirkan sebagai golongan hewan yang mempunyai kemampuan untuk berburu mangsa, yang mana mangsa tersebut nantinya akan dikonsumsi dagingnya.

Sehingga, setelah melihat penjelasan tersebut maka hewan Karnivora dapat diartikan sebagai sekelompok hewan buas. Namun, tidak semua hewan karnivora ini berbahaya, sebab terdapat beberapa hewan karnivora yang tidak berbahaya, contohnya kucing.

Ciri – Ciri Hewan Karnivora

Setiap kelompok hewan tentunya memiliki karakteristik dan juga ciri-cirinya tersendiri, yang dapat membedakan mereka dengan kelompok hewan yang lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri dari Hewan Karnivora, yaitu sebagai berikut :

  1. Memiliki sumber makanan utama yang berupa daging.
  2. Tergolong kedalam kelompok hewan mamalia atau menyusui.
  3. Mereka mempunyai kemampuan untuk berburu mangsanya.
  4. Dalam jumlah yang besar, karnivora mempunyai tulang belakang atau disebut sebagai Hewan Vertebrata.
  5. Sebagian besar dari kelompok hewan karnivora ini berhabitat di darat.
  6. Dikatakan sebagai hewan buas dan juga mengerikan, akan tetapi ada beberapa hewan karnivora yang tidak buas seperti kucing.
  7. Mereka mempunyai kuku dan juga gigi taring yang sangat tajam, dimana kuku dan taring tersebut berfungsi untuk memudahkan mereka mengoyak-oyak daging mangsanya.
  8. Hewan Karnivora tergolong kedalam kelompok hewan yang memiliki gerakan sangat cepat.
  9. Memiliki pendengaran dan juga penglihatan yang sangat tajam.

Baca Juga :
Hewan Karnivora
Rantai Makanan Hewan

Hewan Herbivora

Contoh Hewan Karnivora

Setelah melihat penjelasan yang ada diatas, tentunya kita juga harus mengetahui hewan apa saja yang termasuk kedalam kelompok hewan Karnivora ini, yaitu sebagai berikut :

1. Harimau

Harimau tidak hanya tergolong sebagai hewan karnivora saja, akan tetapi harimau juga tergolong sebagai hewan mamalia serta mempunyai tulang belakang dan berdarah hangat.

Tiger merupakan kucing terbesar dari spesiesnya, bahkan ukuran tubuh mereka bisa melebihi ukuran dari tubuh singa. Tidak hanya itu saja, harimau pun mempunyai kemampuan untuk berlari dengan cepat setelah cheetah.

Hewan ini umumnya akan memburu mangsa dengan kecepatan yang besar. Mangsa favorit dari hewan ini yaitu rusa, domba, babi, zebra serta hewan herbivora yang lainnya. Tak jarang juga mereka akan saling menyerang, bahkan mereka juga akan memakan saudara mereka.

2. Singa

Singa adalah spesies mamalia yang juga tergolong kedalam famili felidae atau kucing besar, sama seperti harimau. Umumnya, singa hidup di dalam kelompok yang dipimpin oleh seekor singa jantan.

Namun, sebenarnya singa betina lah yang jauh lebih produktif dalam hal berburu, dibandingkan dengan singa jantan yang lebih suka merusuhi hasil dari buruan sang betina.

3. Kucing

Masih masuk ke dalam dunia kucing, hewan yang satu ini juga merupakan hewan mamalia karnivora, akan tetapi tidak berbahaya bagi manusia. Namun, jika sedang dalam kondisi terancam, umumnya kucing dapat menyerang manusia.

Pada kucing yang sudah jinak, umumnya akan sangat disayangi oleh manusia. Selain karena mempunyai warna dan bulu yang indah, kucing juga disayangi karena mempunyai perilaku yang menggemaskan. Makanan kesukaannya yaitu ikan, seperti ikan asin ataupun ikan yang lainnya.

4. Anjing

Anjing merupakan mamalia yang telah berubah sejak 15.000 tahun lalu. Hewan karnivora yang satu ini mengalami difusi dan juga perkembangan yang sangat baik, sehingga dapat menghasilkan berbagai spesies. Anjing tergolong kedalam kelompok mamalia, seperti kucing.

5. Serigala

Serigala adalah hewan yang tergolong dari keluarga mamalia dan juga karnivora. Hewan ini adalah spesies karnivora yang memiliki tubuh cenderung lebih kecil dibandingkan dengan harimau dan singa. Biasanya, serigala mempunyai ukuran dan juga bentuk tubuh seperti anjing.

Perbedaan dari kedua spesies hewan ini terletak pada sifatnya. Dimana, Anjing jauh lebih jinak dan lebih mudah diintegrasikan ke dalam kehidupan manusia.

Sementara itu, serigala adalah binatang yang memiliki naluri berburu dan penyerang yang kejam serta tidak mungkin untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.

F.A.Q

Karnivora adalah?

Karnivora sering ditafsirkan sebagai golongan hewan yang mempunyai kemampuan untuk berburu mangsa, yang mana mangsa tersebut nantinya akan dikonsumsi dagingnya. Oleh sebab itu, hewan ini disebut sebagai Karnivora.

Habitat dari Hewan Karnivora adalah?

Sebagian besar dari Hewan Karnivora umumnya berhabitat di daratan, ya meskipun terdapat sebagian kecil ada yang berhabitat di air dan juga udara.

Karnivora bereproduksi dengan cara?

Hewan Karnivora berkembang biak melalui kelahiran atau vivipar dan umumnya mereka hanya akan melahirkan sekali. Namun, terdapat beberapa hewan karnivora yang mungkin dapat melahirkan lebih dari sekali.

Akan tetapi dalam interval 2 hingga 3 tahun, terutama bagi hewan karnivora besar. Sebagian besar waktu yang dibutuhkan oleh hewan karnivora untuk mengandung anaknya yaitu 50 sampai 115 hari.

Nah inilah informasi ringkas dari pembahasan kali ini tentang Hewan Karnivora. Semoga membantu untuk mempelajarinya yaa..