Ciri – Ciri Hewan Herbivora

Posted on

Ciri – Ciri Hewan Herbivora – Herbivora merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan hewan yang sumber makanan utamanya adalah tumbuhan atau rerumputan serta tidak memakan daging.

Ciri - Ciri Hewan Herbivora

Secara umum, hewan yang termasuk ke dalam golongan herbivora biasanya berhabitat di tempat-tempat seperti padang rumput, hutan dan juga persawahan. Tidak hanya itu saja, hewan ini cenderung hidup dengan bergerombol dengan spesies yang lainnya.

Bahkan terdapat beberapa yang mempunyai keluarga, misalnya seperti gajah dengan anak-anaknya. Karena herbivora sebagian besar merupakan kelompok hewan yang jinak, maka sebagian besar dari mereka banyak yang diburu oleh karnivora.

Ciri – Ciri Hewan Herbivora

Agar kita dapat dengan mudah membedakan antara hewan yang termasuk ke dalam golongan Herbivora dengan golongan hewan yang lainnya, yuk simak ciri-cirinya berikut ini :

  • Daun atau rerumputan merupakan makanan utama dari jenis hewan herbivora.
  • Herbivora melakukan perkembang biakan dengan cara vivipar atau melahirkan (beranak).
  • Sebagian besar dari hewan yang tergolong kedalam hewan herbivora ini merupakan hewan menyusu atau mamalia.
  • Hewan ini cenderung hidup dengan bergerombol atau berkelompok.
  • Terdapat sebagian besar dari hewan ini berhabitat di darat, karena makanan utama mereka tumbuh di darat.
  • Merupakan kelompok hewan yang memiliki darah panas.
  • Memiliki gigi geraham yang cukup besar.
  • Sebagian besar dari hewan herbivora ini memiliki kaki empat.
  • Termasuk kelompok hewan yang mempunyai tulang belakang atau Vertebrata.

Contoh Hewan Herbivora

Setelah melihat penjelasan dari Hewan Herbivora yang ada di atas, dibawah ini terdapat beberapa contoh hewan yang termasuk kedalam golongan Hewan Pemakan Tumbuhan, yaitu :

1. Sapi

Sapi adalah hewan ternak yang berasal dari ordo Bovidae dan subordo Bovinae. Hewan ini sering dipakai sebagai hewan peliharaan karena mempunyai banyak keunggulan. Mulai dari daging, susu, kulit hingga kotorannya yang dapat digunakan sebagai pupuk.

Sapi tidak hanya sebagai hewan ternak saja, tetapi juga dapat dipakai untuk mendukung pekerjaan yang dilakukan manusia. Misalnya, seperti membajak sawah, menarik kereta barang, dll. Makanan utama dari sapi yaitu rumput atau daun-daun lain.

Baca Juga :
Ciri – Ciri Hewan Omnivora
Ciri – Ciri Hewan Karnivora
Hewan Herbivora

2. Kuda

Kuda merupakan satu dari sepuluh mamalia modern yang masuk ke dalam genus Equus. Hewan ini merupakan hewan yang berperan penting dalam pengangkutan barang dan juga manusia selama ratusan tahun.

Selain itu, kuda juga termasuk kedalam kelompok hewan yang sering dijadikan sebagai hewan ternak. Karena hewan ini mempunyai berbagai kelebihan seperti halnya sapi, namun kuda lebih banyak dipakai tenaganya dibandingkan dengan daging dan juga susunya.

3. Keledai

Keledai merupakan hewan mamalia yang berasal dari genus equidae. Mamalia yang satu ini termasuk kedalam golongan hewan yang jinak, dimana mereka digunakan oleh manusia sebagai transportasi ataupun untuk menarik kereta barang.

Hewan ini bisa disebut keluarga kuda karena mempunyai bentuk tubuh yang sama. Ciri-ciri yang dapat membedakan antara keduanya yaitu tinggi badan dari keledai dan kuda. Sebab, keledai mempunyai ukuran tubuh yang jauh lebih kecil dan juga pendek dari kuda.

4. Kambing

Kambing merupakan mamalia yang memiliki ukuran tubuh sedang. Hewan ini juga dijadikan sebagai hewan ternak oleh manusia. Sama seperti sapi, kambing juga memiliki banyak kegunaan bagi manusia. Misalnya seperti daging, susu hingga kulitnya.

Namun, tidak semua kambing dapat menghasilkan susu yang dapat dikonsumsi manusia. Susu hanya dapat diambil dari sejumlah kecil jenis kambing saja, seperti Kambing Etawa. Biasanya, kambing dewasa mempunyai panjang tubuh sekitar 140 cm dan berat 120 kg.

5. Jerapah

Jerapah termasuk keluarga mamalia dengan kuku yang seragam dan merupakan jenis hewan yang cukup tinggi yang hidup di bumi. Tinggi tubuh dari Jerapah jantan sekitar 4,8 – 4,4 m dan memiliki berat badan mencapai 1.360 kg.

Sedangkan pada Jerapah betina tinggi badannya dibawah tinggi badan dari jerapah jantan. Hewan ini masih memiliki hubungan yang erat dengan hewan lain seperti rusa, sapi, namun dari strain yang berbeda.

Habitat utama dari jerapah adalah wilayah Chad di kawasan Afrika Selatan. Jerapah termasuk ke dalam kategori hewan herbivora (herbivora), sebab makanan utamanya adalah tumbuhan.

6. Kelinci

Kelinci merupakan spesies mamalia yang memiliki ukuran tubuh kecil dari keluarga leporidae yang tersebar hampir di semua penjuru dunia. Hewan ini berkembang biak dengan cara Vivipar atau beranak.

Hewan ini juga sering dijadikan sebagai hewan ternak atau peliharaan oleh beberapa orang. Dengan tujuan untuk dimanfaatkan dagingnya, namun tidak semua jenis daging kelinci dapat dikonsumsi.

Sebab hanya sebagian kecil dari jenis kelinci saja yang dapat dimanfaatkan dagingnya. Dari spesies bulu, kelinci dibagi menjadi dua jenis, yaitu kelinci berambut pendek dan berambut panjang.

F.A.Q

Apa itu Herbivora?

Herbivora merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan hewan yang sumber makanan utamanya adalah tumbuhan atau rerumputan serta tidak memakan daging.

Hewan Herbivora berkembangbiak dengan cara?

Sebagian besar dari Hewan Herbivora ini melakukan perkembangbiakan dengan cara beranak atau melahirkan (Vivipar).

Habitat dari Hewan Herbivora ini di?

Sebagian besar dari Hewan Herbivora memiliki habitat hidup di daratan, sebab sumber makanan mereka tumbuh di daratan.

Demikian pembahasan yang disampaikan oleh Rumus.co.id dalam artikel kali ini. Semoga dapat membantu readers untuk memahaminya..

Related posts: