Ciri – Ciri Demokrasi

Posted on

Ciri – Ciri Demokrasi – Menurut bahasa, kata Democracy berasal dari bahasa Yunani, yaitu terbentuk dari kata demos yang berarti rakyat, dan kratos yang berarti kekuasaan atau kekuatan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, Demokrasi artinya adalah setara dengan kekuasaan rakyat, dimana kekuatan tersebut meliputi sektor sosial, budaya, politik, dan juga ekonomi.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai Ciri-Ciri Demokrasi secara lengkap.

Ciri - Ciri Demokrasi

Democracy Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa definisi Demokrasi yang diungkapkan oleh para ahli, yaitu diantaranya adalah :

1. Menurut Hannry B. Mayo

Democracy adalah suatu kebijaksanaan umum yang ditentukan berdasarkan dengan mayoritas dari wakil-wakil yang secara efektif dan diawasi oleh rakyat melalui berbagai macam pemilihan yang dilakukan berdasarkan dengan prinsip kesamaan politik.

2. Menurut Charles Costello

Menurut Charles Costello, demokrasi adalah sebuah sistem sosial dan politik dari suatu pemerintahan diri yang berdasarkan dengan kekuasaan-kekuasaan pemerintah yang dibatasi oleh hukum dan juga kebiasaan didalam melindungi hak-hak dari setiap individu warga negara.

3. Menurut Hans Kelsen

Menurut Hans Kelsen, Demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan dari rakyat dan untuk rakyat. Dalam hal ini, wakil rakyat yang dipilih berperan sebagai pelaksana dari kekuasaan negara.

Dimana, rakyat sudah memiliki keyakinan atas segala keinginan serta kepentingan mereka akan selalu dipenuhi oleh pelaksana pemerintahan tersebut.

Baca Juga : Demokrasi Liberal : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Latar Belakang

Sejarah Demokrasi

Sistem demokrasi sudah mulai diterapkan di dalam suatu Negara sejak zaman Yunani kuno. Sebab dengan adanya sistem ini, rakyat dapat terlibat secara langsung didalam pengambilan keputusan, yang berkaitan dengan kelangsungan daru sebuah negara.

Oleh sebab itu, seluruh permasalahan yang ada didalam suatu Negara harus dibicarakan secara langsung dengan setiap rakyatnya. Demokrasi langsung adalah sebuah sistem pemerintahan yang digunakan di zaman tersebut.

Indonesia sendiri, sudah pernah menerapkan dua jenis sistem demokrasi, yaitu Demokrasi terpimpin dan Demokrasi Pancasila. Pada Demokrasi Terpimpin digunakan pada masa pemerintahan Soekarno. Sedangkan, Demokrasi Pancasila digunakan pada masa pemerintahan Soeharto.

Hingga di era reformasi, negara Indonesia masih menganut sebuah sistem pemerintahan Demokrasi Pancasila. Sejarah singkat dari demokrasi ini harus dipahami oleh setiap warga negara Indonesia.

Ciri – Ciri Demokrasi

Suatu Negara dapat dikatakan berhasil menerapkan dari sistem demokrasi ini, apabila berbagai ciri-ciri yang ada didalam sistem demokrasi telah digunakan. Dibawah ini terdapat beberapa ciri-ciri demokrasi tersebut, yaitu sebagai berikut :

1. Semua Keputusan Ditentukan oleh Pemerintah

Semua hal yang berkaitan dengan keputusan pemerintah harus selalu berlandaskan dengan aspirasi dan juga kepentingan dari setiap warga negaranya.

Jadi, bukan hanya berdasarkan dengan kepentingan pribadi ataupun kelompok saja. Sehingga, hal ini sangat diharapkan bisa mencegah terjadinya praktek korupsi dalam suatu Negara yang semakin merajalela.

2. Terselenggaranya Pemilihan Umum

Sistem pemerintahan Demokrasi harus melaksanakan pesta rakyat secara bertahap, sehingga akan terpilih perwakilan ataupun pemimpin yang akan dijadikan sebagai pelaksana dari roda pemerintahan.

3. Memiliki Perwakilan Rakyat

Dengan adanya Sistem Demokrasi ini, sudah terbentuk suatu lembaga kerakyatan. Seperti di Indonesia, terdapat sebuah lembaga legislatif yang bernama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sehingga segala urusan dari suatu negara, kekuasaan dan juga kedaulatan rakyat akan diwakili oleh anggota dewan. Sebab, mereka sudah terpilih melalui sebuah pemilihan umum.

4. Melaksanakan Ciri Konstitusional

Hal diatas sangat berkaitan erat dengan kehendak, kepentingan atau kekuasaan yang dimiliki oleh rakyat. Dimana hal tersebut sudah terkandung di dalam penetapan hukum atau undang-undang. Hukum yang dibuat harus tercipta seadil-adilnya.

5. Menerapkan Sebuah Sistem Kepartaian

Partai berperan sebagai sarana atau media yang digunakan untuk melaksanakan sistem demokrasi didalam suatu Negara. Dengan adanya sebuah partai, maka rakyat dapat mencalonkan diri dan dipilih sebagai wakil rakyat dan penerus aspirasi.

Sehingga pemerintah akan mewujudkan segala keinginan dan juga kepentingan dari setiap rakyatnya. Prinsip demokrasi ini juga harus kalian pahami, sebab tidak cukup hanya mengerti tentang demokrasi saja.

Baca Juga : Demokrasi Terpimpin : Pengertian, Ciri-Ciri, Latar Belakang, dan Tujuan

Prinsip – Prinsip Democracy

Didalam pelaksanaan dari suatu Sistem Demokrasi, harus berdasarkan dengan prinsip-prinsip yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Dibawah ini terdapat beberapa prinsip dari Demokrasi, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Suatu Negara Berdasarkan Dengan Konstitusi

Konstitusi yang ada didalam suatu negara adalah suatu norma dari sistem Politik dan juga Hukum yang telah ditentukan oleh pemerintah secara tertulis.

Peraturan yang ada didalam suatu negara dijadikan sebagai landasan untuk menjalankan sistem pemerintahan serta berperan sebagai batasan dari kekuasaan pemerintah.

2. Peradilan Yang Tidak Memihak dan Bebas

Pemerintah suatu negara tidak boleh melakukan suatu intervensi dalam proses peradilan, sebab didalam sistem Pemerintahan Demokrasi telah menganut Peradilan yang bebas dan tidak memihak.

Maksudnya adalah, semua proses dari peradilan harus netral, supaya dapat melihat permasalahan yang sedang terjadi secara murni, sehingga akan menghasilkan suatu keputusan yang jujr dan adil terhadap permasalahan yang ditangani.

3. Kebebasan Untuk Berpendapat dan Berorganisasi

Di dalam suatu negara yang menganut sistem Pemerintahan Demokrasi, maka setiap warga negaranya dapat membentuk sebuah organisasi dan mempunyai hak untuk menyampaikan aspirasinya.

Namun, ketika melaksanakannya, untuk menyampaikan pendapat atau aspirasi harus dilakukan dengan sebaik-baiknya agar bisa berjalan dengan baik dan lancar.

4. Terdapat Pergantian Pemerintahan

Sesuai dengan definisi Demokrasi yang ada diatas, pergantian suatu pemerintahan harus dilakukan secara bertahap, sehingga dapat mengurangi penyalah gunaan kekuasaan yang telah diberikan.

Misalnya seperti tindakan korupsi, kolusi, dan juga nepotisme yang dilakukan oleh pemerintah, seperti yang pernah terjadi dimasa pemerintahan Orde Baru.

Oleh karena itu, proses pemilihan umum harus dilakukan dengan jujur dan juga adil, agar rakyat memilih pemimpin yang dapat diandalkan untuk melaksanakan suatu sistem pemerintahan.

5. Kekuasaan Rakyat Sama di Mata Hukum

Artinya, di dalam sistem Pemerintahan Demokrasi, penegakan hukum harus dilakukan dengan cara memperhatikan keadilan serta kebenaran tanpa pandang bulu.

Oleh sebab itu, setiap warga negara harus mempunyai kedudukan yang sama di dalam hukum yang berlaku, sehingga pelaku dari pelanggaran hukum akan diberikan hukuman yang tegas sesuai dengan apa yang ia langgar.

6. Terdapat Jaminan Hak Asasi Manusia

Hal ini sesuai dengan makna dari Demokrasi, sebab perlindungan dari Hak Asasi Manusia (HAM) dari setiap individu menjadi hal yang sangat penting di dalam sistem Demokrasi.

Sehingga, Pemerintah dan juga semua Insititusinya harus menghargai dan juga menghormati HAM yang berlaku, serta memberikan semua tindakan yang tegas terhadap pelaku dari pelanggaran HAM.

7. Adanya Kebebasan Pers

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh rakyat untuk menyampaikan semua aspirasinya kepada pemerintah yaitu harus melalui sebuah Pers. Artinya, rakyat memiliki kebebasan untuk menyampaikan kritik serta saran yang diberikan kepada pemerintah.

Pers ini berperan sebagai media sosialisasi untuk berbagai program yang akan dilaksanakan oleh pemerintah kepada rakyatnya. Dengan begitu, komunikasi yang terjadi antara pemerintah dan rakyat dapat terlaksana dengan baik dan harmonis.

Baca Juga : Demokrasi Di Indonesia

Apa yang dimaksud dengan Demokrasi secara umum?

Secara umum, Demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan yang ada didalam suatu negara, dimana semua warga negaranya memiliki hak dan juga kesempatan yang sama.

Apa saja contoh penerapan dari Sistem Demokrasi?

1. Salin, bahu-membahu untuk melindungi serta menjaga kedamaian yang ada didalam ruang lingkup masyarakat.
2. Bahu-membahu untuk menyampaikan pendapat dari setiap rakyatnya demi perkembangan dan kesejahteraan masyarakat.
3. Harus saling tenggang rasa terhadap satu sama lain.

Negara mana saja yang menggunakan Sistem Demokrasi didalam Pemerintahannya?

Daftar negara yang menggunakan Sistem Demokrasi yaitu India, Amerika Serikat, Indonesia, Pakistan dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini mengenai Ciri-Ciri Demokrasi, semoga membantu dan bermanfaat untuk kita semua.