Cetak SPTJM DAPODIK

Posted on

Cetak SPTJM DAPODIK – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau bisa di sebut jug Kemendikbud akan segera mencairkan bantuan yang bernama Bantuan Langsung Tunai atau di kenal di masyarakat yaitu BLT bagi guru dan juga honorer ataupun tenaga pendidik yang non-PNS.

BLT untuk guru honorer yang pada nantinya akan segera diberikan pada guru ataupun dosen yang sebesar Rp 1,8 juta di dalam satu kali pencairan dananya.

Dari jumlah anggaran yang sudah digelontorkan oleh pemerintah yang akan memberikan BLT unutk gaji guru honorer ini, yakni sebesar Rp 3,6 triliun rupiah.

Untuk para guru-guru honorer ataupun tenaga pendidik yang non-PNS dan ingin mencairkan dana BLT bagi guru honorer, mereka wajib untuk membuat sebuah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak atau di singkat SPTJM)

Lantas, apa pengertian dari Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak atau SPTJM ini? Kalian Mau tahu yuk langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian SPTJM

cara cetak sptjm info gtk

Dikutip dari salah satu buku yang dirilis yang melalui laman dari Kemendikbud, dimana di sebutkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlaka atau SPTJM merupakan surat yang isinya berupa suatu pernyataan.

Dimana isi surat dari pernyataan itu menyatakan, penerima dari BLT guru honorer, ialah seseorang yang dimana penghasilannya di bawah Rp 5 juta per-bulannya.

Selain dari itu, surat itu juga berisi suatu pernyataan dari persyaratan lain yang dimana harus ditandatangani dengan menggunkaan materai Rp 6 ribu oleh si penerima bantuan tersebut.

Nah itulah sedikit pengertian dari SPTJM ini, maka pembahasan selanjutnya yaitu cara bagaimanakah cara untuk mengecek nama-nama yang berhak untuk mendapatkan BLT tersebut.

Cara Cek Penerima Bantuan BLT Guru Honorer

Seperti yang sudah di singgung di atas di bawah ini kami akan memberikan cara bagaimanakah cara untuk mengecek guru honorer siapa saja yang berhak mendapatkan BLT. Dan berikut adalah cara-caranya.

  1. Pertama kalian masuk kedalam goggle atau chrome kalian, kemudian login pada laman info.gtk.kemdikbud.go.id untuk semua guru-guru ataupun PTK dari perguruan tinggi pada pddikti.kemdikbud.go.id.
  2. Sesudah kalian login kemudian kalian harus memasukkan email yang sudah diverifikasi ataupun melakukan pengaturan secara ulang melalui Dapodik dari sekolah masing-masing apabila terjadi suatu kesalahan data.
  3. Agar bisa membuka Info GTK, pakailah akun PTK yang sudah terverifikasi, jangan menggunakan akun yang belum di verifikasi karena akan percuma kalian tidak akan bisa masuk.
  4. Pastikan kalian memakai e-mail yang sedang aktif.
  5. Sesudah masuk, yang nantinya akan muncul sebuah informasi yang terkait suatu status pencairan serta syarat-syarat yang belum juga di penuhi, apabila masih ada syarat yang belum di penuhi maka uang tidak dapat di cairkan.

Setelah kita mengetahui nama kita sudah berhak mendapatkan BLT maka selanjutnya kita harus mencetak kemudian mengisi SPTJM tetsebut, dan untuk langkah-langkahnya bisa kalian simak penjelasannya di bawah ini.

Langkah Download/Mencetak SPTJM Dapodik 2021

Dan inilah cara-cara yang bisa di gunakan untuk mendownload kemudian mencetak SPTJM yang kemudian kalian isi dan dan bisa langsung di cairkan, dan berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama kalian pastikan terlebih dahulu bahwa sanya data yang ada di aplikasi dapodik di sekolah kalian sudah valid dan jugsa sudah disinkronkan.
  • Kedua pastikan juga sinyal internet kalian kuat ataupun stabil. Apabila Bapak ataupun Ibu sedanga mengunduh SPTJM dapodik pada keadaan sinyal internet yang sangat lemah, maka kalian jangan kaget apabila SPTJM sekolah yang telah berhasil diunduh isinya tak lengkap, dapat terjadi juga daftar GTKnya kosong dan tidak berisi, atau daftar peserta didik yang kosong, dan lain sebagainya. Nah, apabila kamu mengalami data yang tak lengkap, ulangi kembali pengunduhan SPTJM pada saat loading internet kalian sudah stabil dan cepat.
  • Kunjungilah https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/  , lalu kalian klik bacaaan LOGIN dengan menggunakan SSO
cetak sptjm dapodik 2021
  • Setelah kalian masuk, kemudian kalian langsung masukkan saja username dan juga password dapodik sekolah kalian masing-masing, dan langsung klik “Masuk”.
cara cetak sptjm dapodik 2020
  • Di bagian atas terdapat bacaan “dokumen” maka klik bacaan tersebut.
cara cetak sptjm dapodik paud 2021
  • Setelah kalian klik maka akan muncul sebuah dokumen yang bernama SPTJM

Setelah kalian mengeklik dokumen SPTM tersebut, silakan kalian tunggu beberapa saat sampai dengan muncul tampilan di bawah ini.

Studi kasus: Apabila kalian sudah mengeklik tombol SPTM tapi sesudah menunggu lama ternyata pada halaman untuk mencetak SPTJM tak muncul.

Nah ini dia masalah yang paling banyak sekali dialami oleh para teman-teman operator yang ada di sekolah. Bagaimanakah solusinya? Untuk cara mengatasinya begitu gampang yaitu dengan cara memastikan kembali internet yang di gunakan lancar dan juga memilih waktu yang sekiranya tepat, contohnya saja di jam-jam malam ataupun pagi di mulai pada pukul 23.00 sampai 06.00 WIB.

  • Kemudian tentukan ataupun Atur kembali Ukuran Kertas, lalu kalian klik cetak. Pada tampilan bawaan, bahwa ukuran kertas itu sudah otomatis ukuran A4. Apabila kalian ingin mengubahnya, silakan kalian klik di area yang terdapat di samping tulisan A4, apabila sudah di klik maka akan muncul pilihan dari kertas A4, Legal, Letter, dan juga Folio!
cara mencetak sptjm dapodik 2021
  • Setelah muncul kalian bisa langsung mengeprint atau menyimpan dokumennya terlebih dahulu.
cara cetak sptjm dapodik paud 2020

Setelah kalian cetak SPTJM DAPODIK-nya maka selanjutnya kami akan memberikan tahapan untuk mencairkan uang BLT untuk guru honorer.

Tahapan Mencairkan Uang BLT Bagi Guru Honorer

Tahapan untuk mencairkan dana BLT bagi guru honorer Rp 1,8 juta, ada beberapa dokumen yang wajib untuk dibawa.

Dan berikut adalah dokumen-dokumen yang wajib dibawa pada saat melakukan pencairkan uang BLT guru honorer sebesar Rp 1,8 juta:

  • Membawa Kartu Tanda Penduduk atau KTP
  • Membawa Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP apabila ada, kalau tak ada masih dapat di terima
  • Adanya Surat Keputusan Sebagai Penerima BSU yang bisa diunduh dari website GTK serta PDDikti
  • Membawa SPTJM yang bisa di download dari website GTK serta PDDikti, yang sudah diberi materai kemudian sudah ditandatangani.

Dan itulah pembahasan kita kali ini tentang Cetak SPTJM DAPODIK mulai dari pengertian, cara cek siapa yang berhak menerima dana, cara cetak SPTJM beserta cara mencairkan dananya.

Baca Juga Lainnya :

Related posts: