Cerpen Lucu

Posted on

Cerpen Lucu Singkat – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara bersama-sama mengenai Contoh Cerpen Lucu. Apabila sedang membicarakan tentang yang lucu-lucu memang tidak akan ada habisnya.

Sebab apa yang membuat mereka tertawa, maka akan selalu diingat, termasuk seperti salah satu jenis cerita, yaitu Cerpen Lucu.

Bagi kalian yang ingin membaca atau bercerita kepada teman teman mengenai cerita lucu. Jangan khawatir, karena disini saya akan memberikan beberapa cerita lucu yang tidak akan membosankan.

Definisi Cerpen Lucu

Cerpen Lucu adalah salah satu jenis cerita yang dibuat dengan tujuan untuk membuat orang-orang tertawa dan juga terhibur. Cerita ini sangat cocok untuk diceritakan pada saat berkumpul bersama teman-teman.

Cerita ini juga terkadang kerap digunakan pada saat orang tua ingin menidurkan anaknya, pada saat kita sedang jenuh dan tidak tau apa yang ingin dibicarakan kepada teman-teman.

Cerpen Lucu

Baca Juga : Contoh Cerpen

Karakteristik Cerpen Lucu

Terdapat beberapa ciri-ciri yang ada didalam Cerpen ini agar kalian dapat dengan mudah membedakannya dengan jenis cerpen yang lainnya, yaitu seperi berikut ini :

  • Umumnya cerpen ini memiliki jumlah kata yang kurang dari 10.000.
  • Secara umum cerpen lucu harus bersifat humor dan juga menggelitik.
  • Cerpen jenis ini juga sangat sering digunakan untuk menyindir seseorang.
  • Secara umum cerpen ini bersifat fiktif.
  • Hanya memiliki satu alur saja, yaitu alur tunggal.
  • Tema yang dibahas umumnya berasal dari kehidupan sehari-hari.

Contoh Cerpen Lucu

Setelah menyimak beberapa penjelasan yang ada diatas, untuk lebih memahaminya lagi kita dapat melihat beberapa contoh cerpen lucu yang ada dibawah ini :

Contoh 1 : 15 Tahun Menikah

Suami : “Dok mengapa istri saya masih belum hamil juga ya?”
Dokter : “Kalian sudah menikah berapa tahun pak?”
Suami : “Kami sudah menikah selama 15 tahun, Dok!”
Dokter : “Tapi kalian sering berhubungan kan?”
Suami : “Ya, sering atuh dok .. kadang-kadang kami berhubungan lewat BBM, Line, Watsapp, Wechat, dan kadang-kadang juga lewat Fecbook dok!”
Dokter : “Ohhhh… ya kalau seperti itu, anaknya di download saja pak!”  
Suami : “Ohhh, begitu ya dok? Ya sudah terimakasih dok.” 
Dokter : “(terdiam kebingungan)”.

Baca Juga : Contoh Cerita Fabel

Contoh 2 : Betapa Bahayanya Merokok

Ibu : Ayah! Kan ibu sudah bilang berkali-kali jangan merokok. Tapi kenapa masih saja merokok? Rokok itu hanya akan membuang-buang uang saja!
Ayah : Iya bu.. Ayah tau kok kalau soal itu.
Ibu : Kalau begitu, artinya Ayah setuju dengan adanya pabrik rokok di negara kita ini, yang hanya akan membuat bangsa kita ini semakin miskin?
Ayah : Sebenarnya ya bu, Ayah nggak setuju dengan adanya pabrik rokok di negara kita ini!
Ibu : Lantas, kenapa Ayah masih saja merokok?
Ayah : Perlu ibu ketahui, sebenarnya Ayah ingin sekali membakar pabrik rokok itu. Tetapi apa daya… tindakan itu akan membuat Ayah melanggar hukum, oleh sebab itu Ayah bakar satu-satu!
Ibu : Hmmmmm ????

Contoh 3 : Karena Shalat Subuh

Karena merasa ia sudah insyaf, maka Wagino jadi rajin mengaji dan juga Sholat lima waktu. Suatu hari Wagino berpapasan dengan pak ustad, kemudian pak ustad bertanya kepada Wagino, “Mas Wagino, kalo sholat subuh itu ada berapa rakaat?”

“4 rakaat lah pak ustad” Jawab Wagino dengan semangat yang membara. “Salah atuh mas, mending sekarang mas Wagino pulang dulu deh, cari jawaban yang benar berapa jumlah rakaat dari sholat subuh.” Ucap pak ustad kepada Wagino.

Wagino pun berjalan pulang, dan di tengah-tengah perjalanan menuju rumahnya Wagilo bertemu dengan sahabatnya yaitu Surtino. Kemudian Wagilo bertanya kepada sahabatnya itu, “Tino, kalo shalat subuh itu ada berapa rakaat?”

“Ya, 2 rakaat atuh Lo, gimana sih kamu ini” Jawab Surtino tanpa ragu lagi karena ia sudah mengetahuinya. “Hem salah, mendingan sekarang kamu pulang dulu, terus belajar lagi”. Jawab Wagilo dengan santainya.

“Loh emangnya kenapa, kok aku disuruh pualng?”Jawab Srtino yang kebingungan dengan ucapan sahabtanya itu. “Tadi waktu aku ditanya sama pak ustad jumlah rakaat shalat subuh ada berapa, terus aku jawab 4, nah kata pak ustad salah, apalagi 2?”

Baca Juga : Contoh Teks Anekdot

Apa yang dimaksud dengan Cerpen Lucu?

Cerpen Lucu adalah salah satu jenis cerita yang dibuat dengan tujuan untuk membuat orang-orang tertawa dan juga terhibur.

Apa ciri khas utama dari Cerpen Lucu?

Ciri khas utama dari cerpen lucu ini adalah harus bersifat humor dan juga menggelitik.

Bagaimana cara membuat Cerpen Lucu?

1. Untuk mendapatkan ide yang bagus kalian harus berpikir diluar batas.
2. Berani juga memiliki selera humor yang sangat tinggi.
3. Harus berani untuk bermain-main dengan imajinasi.
4. Sebuah Cerpen yang menarik tidak menampilkan unsur kelucuan di awal cerita.
5. Didalam pembuatannya harus menggunakan kata-kata yang sederhana, namun berkelas.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua