Cerpen Cinta

Posted on

Cerpen Cinta – Jika membicarakan mengenai sebuah Cerpen, tentunya kita akan teringat dengan pelajaran Bahasa Indonesia semasa disekolah dulu, karena umumnya pelajaran ini akan kita temukan saat masih didalam bangku sekolah.

Cerpen cinta ini mempunyai daya tarik tersendiri untuk para pembacanya terutama dikalangan remaja, karena di dalam cerpen ini biasanya kita akan disuguhi cerita sedih, haru, galau dan juga sebuah cerita yang mengandung unsur romantis didalamnya.

Didalam beberapa kasus, kumpulan dari cerpen tentang cinta ini juga sangat sering dibukukan atau bahkan dijadikan sebagai sebuah novel, dengan tujuan untuk menarik minat dan juga perhatian dari para pembacanya.

Definisi Cerpen Cinta

Cerpen Cinta adalah salah satu jenis cerpen yang dibuat dengan tujuan untuk menghibur para pembacanya dengan cerita yang mengandung unsur keromantisan, dan juga keharuan yang dialami dalam kisah percintaan.

Namun, dibalik itu semua, cerita ini juga memiliki unsur galau yang sering dikatakan oleh anak remaja jaman sekarang. Sesuai dengan pengertian yang ada diatas, cerpen ini ditujukan kepada para remaja yang masih senang-senangnya menjalin asmara.

Cerpen Cinta

Baca Juga : Contoh Cerpen

Karakteristik Dari Cerpen Cinta

Terdapat beberapa ciri-ciri yang ada didalam Cerpen ini agar kalian dapat dengan mudah membedakannya dengan jenis cerpen yang lainnya, yaitu seperi berikut ini :

  • Umumnya cerpen ini memiliki jumlah kata yang kurang dari 10.000.
  • Secara umum cerpen cinta ini dibuat harus bersifat harmonis dan juga romantis.
  • Cerpen jenis ini juga sangat sering digunakan untuk menyindir seseorang.
  • Secara umum cerpen ini bersifat fiktif.
  • Hanya memiliki satu alur saja, yaitu alur tunggal.
  • Tema yang dibahas umumnya berasal dari kehidupan sehari-hari.

Contoh Cerpen Cinta

Cerpen Cinta

Seteleh melihat dan juga menyimak beberapa penjelasan yang ada diatas, untuk lebih memahaminya lagi, kita dapat melihat beberapa contoh cerpen cinta yang ada dibawah ini :

Contoh 1 : Benci Jadi Cinta

“Aluna, tadi ada yang nyariin kamu lho.” Sapa Lyla kepada Aluna dengan senyuman genit. “Owh, emang siapa mba yang nyariin aku?” Ucap Aluna dengan nada kebingungan. “Itu lho si Roni anaknya juragan jengkol, cie..cie…” Sambung Lyla yang sambil menggoda Aluna.

Namun, Aluna hanya terdiam mendengar ucapan rekan kerjanya sambil membaca laporan yang harus ia selesaikan hari ini juga. “Ada apa denganmu? Sepertinya kamu sedang galau saat ini.”

“Ini lho mba, masa aku disuruh menyelesaikan Laporan proyek yang sedang dikerjakan di Gunung sulah hari ini juga sama pak Rudi.” Jawab Aluna dengan nada bicara yang kesal dan jengkel.

“Emmh, begitu ya. Iya sih memang pak Rudi itu bos muda yang ganteng, tapi kan dia gak bisa seenaknya begitu sama karyawan. Owh iya, jangan sebel-sebel lho sama pak Rudi entar jatuh cinta.” Timpal mba Lyla menggoda Aluna sambil berlalu pergi meninggalkannya.

Mendengar ledekan temannya tersebut, Aluna hanya bisa terdiam sambil terus mengerjakan pekerjaannya. Tak lama kemudian, Pak Rudi memanggil Aluna untuk menanyakan sudah sampai mana laporannya.

Aluna pun pergi ke ruangan Pak Rudi, namun hal yang tak terduga terjadi, Aluna terpleset dan untungnya dia tidak jatuh karena Pak Rudi langsung menangkapnya. Sejak saat itu Pak Rudi mulai memiliki perasaan cinta dengan Aluna.

Seiring berjalannya waktu, perasaan Pak Rudi kepada Aluna semakin besar, begitupun dengan Aluna. Hingga tiba saatnya Pak Rudi menyiapkan kejutan yang istimewa untuk Aluna malam ini. Ternyata Pak Rudi sudah mempersiapkan semuanya untuk melamar Aluna.

Saat yang ditunggu-tunggu pun tiba, dan akhirnya Aluna menerima lamaran dari Pak Rudi. Sebulan kemudian mereka berdua menikah dan kini mereka sudah hidup bahagia dengan keluarga kecil mereka.

Baca Juga : Contoh Cerita Fabel

Contoh 2 : 14 Tangkai Mawar Merah

Seperti biasanya, di hari Valentine akan selalu diwarnai dengan bunga-bunga mawar dan juga cokelat. Kali ini ada seorang pria yang datang dengan terburu-buru di tengah hujan deras demi kekasih tercintanya.

Karena ia datang terlambat dan hujan keburu turun, ia pun meminta maaf pada kekasihnya itu yang sudah terlihat cemberut dan bete. Hari itu mereka sudah berencana untuk makan malam romantis berdua, sama seperti apa yang diinginkan oleh si wanita di film-film yang ia tonton.

Wanita itu lupa, bahwa romantis itu tidak hanya sekedar meniru adegan yang ada di film-film saja, yang terkadang sulit untuk ditirukan didalam dunia nyata.

Namun, ia teringat bahwa sebenarnya keromantisan itu bisa datang dari berbagai macam cara, seperti yang dilakukan oleh kekasihnya saat ini. “Sayang, Aku membawakanmu bunga mawar yang indah, namun masih tak seindah diri mu,” sodor si pria sembari merayu kekasihnya.

Namun, wanita itu tetap membisu dan juga memasang wajah yang masih bete. Meskipun dengan rasa kesal yang masih membara, akhirnya ia mau menerima 14 tangkai bunga mawar merah yang basah karena terkena air hujan.

Wanita itu pun kaget dan berkata, “Kenapa ada satu bunga mawar yang plastik di sini? Owh, apa kamu nggak rela ya ngasih aku bunga mawar merah ini ?” Kemarahannya pun memuncak sambil membuang bunga mawar tersebut.

Namun, dengan sabar, si pria itupun menjawab, “Sayang, aku memang sengaja membawa 13 tangkai bunga mawar merah segar dan yang satu tangkainya lagi mawar plastik. Karena aku akan selalu mencintaimu hingga si mawar plastik ini akan mati.”

Merasa bersalah dengan perkataan dan juga tingkah lakunya, si wanita itupun menangis bercucuran air mata dan memeluk kekasihnya sambil berkata. “Maafkan aku sayang, aku sudah berpikiran ngatif kepada dirimu.”

13 tangkai bunga mawar merah segar itu memang terlihat sangat cantik seperti di film yang ia tonton, tetapi satu tangkai mawar plastik yang dibawa kekasihnya itu justru melambangkan cinta yang abadi dan juga tak pernah mati.

Baca Juga : Cerpen Lucu

Apa itu Cerpen Cinta?

Cerpen Cinta adalah salah satu jenis cerpen yang dibuat dengan tujuan untuk menghibur para pembacanya dengan cerita yang mengandung unsur keromantisan, dan juga keharuan yang dialami dalam kisah percintaan.

Apa saja fungsi sastra yang ada didalam Cerpen?

Fungsi sastra yang ada didalam cerpen dapat dilihat dari beberapa aspek seperti : Rekreatif, Didaktif, Estetis, Moralitas, dan juga Religius.

Apa saja yang termasuk kedalam Unsur Intrinsik Cerpen?

Yang termasuk kedalam Unsur Intrinsik dari Cerpen adalah Tema, Latar, Alur, Tokoh, Penokohan, Sudut Pandang, Gaya Bahasa, dan juga Amanat.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.