Cermin Datar

Posted on

Rumus.co.id – Setelah sebelumnya kita membahas tentang cermin cembung kali ini kita akan membahas materi tentang rumus cermin datar, kita akan jabarkan secara detail dan lengkap dari sejarah, pengertian, rumus, ciri – ciri, sifat – sifat bayangan cermin datar, manfaat, serta contoh soal dan pembahasannya.

cermin datar
Sejarah Tentang Cermin

Pada zaman dahulu ribuan tahun sebelum masehi, mesir menggosokkan sebuah permukaan dari bahan perunggu sampai mengkilap. Setelah itu mereka memanfaatkan nya sebagai cermin. Pemanfaatan perunggu ini juga terdapat di Cina yang sangat disukai semenjak lama, mereka juga memiliki kebiasaan menuliskan nama – nama yang membawa keberuntungan, kemudian lama – kelamaan cermin dikembangkan.

Cermin yang kini biasa kita digunakan ditemukan oleh ahli kimia dari Jerman bernama Justus von Liebig pada abad 19. Hal yang dilakukan adalah dengan menyepuh permukaan kaca dengan air raksa sehingga memberikan efek memantul. Pantulan gambara nya yang sangat jelas, sehingga lama – kelamaan menggantikan cermin datar yang lama terbuat dari logam sebelum nya.

Pengertian

Cermin datar bisa disebut cermin yang memiliki permukaan datar seperti sebuah garis lurus. Bayangan suatu benda yang dibentuk memiliki dimensi ukuran (panjang dan lebar) sama persis dengan dimensi benda. Jarak yang di hasilhan antara benda dengan cermin sama dengan jarak yang di hasilkan antara cermin dengan bayangan.

Sifat bayangan benda yang terbentuk adalah maya, tegak, dan sama besar. Contoh penggunaan cermin datar seperti pada cermin rias dan cermin lemari.

Rumus

sumber gambar : idschool

Rumus meghitung banyka nya bayangan yang terbentuk dari dua cermin datar yang disusun dengan sudut (    ) :

Keterangan :

  • n = banyak nya bayangan yang terbentuk
  • = sudut yang dibentuk oleh dua cermin

Jarak bayangan yang dihasilkan sama dengan jarak benda. Seseorang yang ingin melihat seluruh tinggi badan nya tertangkap dalam sebuah cermin yang datar membutuhkan cermin dengan panjang tertentu. Perhatikan gambar di bawah ini..

sumber gambar : idschool

Panjang minimal cermin untuk melihat seluruh badan dapat ditentukan dari sebuah rumus. Rumus menentukan panjang minimal untuk menangkap tinggi badan tertentu dapat dilihat pada persamaan di bawah ini.


Sifat bayangan yang terbentuk adalah maya, tegak, dan sama besar.

Ciri – Ciri

Sesuai namanya cermin datar, cermin ini berbentuk datar ( tidak melengkung ). Cermin ini juga membentuk bayangan yang bersifat maya, tegak dan sama besar. Manfaatnya biasa nya dipakai untuk berkaca sehari – hari, kemudian sebagai komponen dari periskop.

Cermin modern yang terdiri atas berbagai bahan lapisan tipis seperti aluminium kemudian ditambahkan dengan kepingan kaca. Cermin ini kemudian mendapat sebutan “sepuh belakang” yakni pada cermin dipermukaan nya dapat memantul dan ditangkap melalui kepingan kaca. Penyepuhan cermin dengan kaca tersebut membuat cermin tahan lama, tetapi hal ini membuat berkurang nya kualitas cermin karena terjadi tambahan pembiasan permukaan pada depan kaca.

Sifat – Sifat Bayangan

Terdapat berbagai sifat cermin datar saat dikenai berkas cahaya seperti berikut ini :

  • Bayangan pada benda akan terjadi tegak dan semu.
  • Bayangan semu merupakan bayangan yang bisa di lihat ke dalam cermin akan tetapi pada tempat bayangan tersebut tidak ditemukan cahaya pantul.
  • Pada bayangan tersebut, besar dan tinggi nya sama dengan besar dan tinggi pada benda sebenar nya.
  • Pada jarak bayangan benda sama dengan jarak benda dengan cermin.
  • Pada bagian kanan bayangan nya merupakan bagian kiri pada benda sebenar nya dan juga sebalik nya.

Manfaat

Dalam kegiatan sehari – hari, manfaat cermin datar tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia seperti berikut ;

  • Perambatan cahaya secara lurus.
  • Refleksi gambar maya.
  • Digunakan dalam pembuatan priskop.
  • Pembuatan teropong prisma.
  • Digunakan pada pembangkit surya.
  • Pemanas air energi surya

Contoh Soal

Dua buah cermin datar dipasang membentuk sudut 60^{o}. Sebuah benda diletakkan di antara dua cermin tersebut. Jumlah bayangan benda yang akan terbentuk pada kedua cermin adalah ….
A. 5 buah
B. 6 buah
C. 7 buah
D. 8 buah

Pembahasan:

Jadi, jumlah bayangan benda yang dihasilkan pada kedua cermin tersebut adalah 5 buah.

Demikianlah pembahasannya, Semoga bermanfaat…