Cerita Fantasi

Posted on

Cerita Fantasi – Memang sangat menyenangkan ketika kita sudah membahas mengenai Cerita Fantasi ini. Sebab, cerita ini bersifat imajinatif dan duluar nalar, serta memiliki alur cerita yang sangat menegangkan.

Cerita ini sebenarnya sudah ada sejak kita masih kecil, bahkan sebelum tidur pasti kita pernah dibacakan sebuah cerita yang sifatnya khayalan semata.

Untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai Fantasy Strory, yuk simak penjabarannya dibawah ini.

Cerita Fantasi

Definisi Cerita Fantasi

Cerita Fantasi termasuk kedalam cerita fiksi yang bergenre fantasi dunia imajinatif yang diciptakan oleh seorang penulis untuk menghibur para pembacanya dengan cerita-cerita khayalan yang ia buat.

Umumnya cerita fantasi ini berikan hal-hal yang sangat tidak mungkin terjadi, namun bisa saja terjadi. Didalam penulisan cerita ini biasanya mengangkat tema yang berbau-bau magis, futuristik, ataupun supranatural.

Banyak yang mengatakan bahwa Fantasy Story ini secara keseluruhan cenderung mirip dengan teks narasi. Tetapi, yang membedakan Fantasy Story dengan Teks Narasi terletak pada alur, unsur, serta struktur yang digunakan, dan sifatnya itu terlihat dilebih-lebihkan.

Baca Juga : Contoh Cerita Fiksi

Karakteristik Fantasy Story

Terdapat beberapa ciri-ciri daricerita fantasi yang dapat membedakannya dengan jenis cerita yang lainnya, yaitu diantaranya adalah :

  • Terdapat ide cerita yang umunya tidak dibatasi dengan realita dan kenyataan yang ada di dunia atau dapat dikatakam bersifat fiksi.
  • Cerita Fantasi memiliki keanehan yang sifatnya diluar nalar seperti Ilmu Sihir, Makhluk Ajaib, ataupun sesuatu yang misterius lainnya.
  • Memakai latar yang dapat menembus sebuah ruang dan juga waktu.
  • Tokoh utama yang terdapat didalam Fantasy Story umumnya dibuat memiliki keunikannya tersendiri, seperti memiliki kekuatan super yang berfungsi untuk menyelamatkan dunia.
  • Didalam cerita fantasi ini menggunakan sebuah khayalan, oleh sebab itu cerita ini termasuk kedalam kelompok cerita fiksi.

Struktur Penulisan Fantasy Story

Terdapat beberapa struktur penulisan yang digunakan untuk membuat Cerita Fantasi, yaitu sebagai berikut :

  • Orientasi, merupakan salah satu struktur yang berisikan tentang pengenalan tokoh-tokoh, tema, dan juga sedikit alur yang digunakan didalam Fantasy Story kepada para pembacanya.
  • Konflik, merupakan salah satu struktur yang berisikan sebuah permasalahan yang terjadi, dimulai dari awal permasalahan hingga ke puncak permasalahan.
  • Resolusi, adalah salah satu struktur yang berisikan penyelesaian dari permasalahan atau konflik yang sedang tejadi didalam Fantasy Story.
  • Ending, adalah bagian penutup dari Fantasy Story yang dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu happy ending dimana tokoh utama mendapatkan kemenangan dan hidup bahagia. Dan sad ending dimana pemeran utamanya tewas setelah mewujudkan cita-citanya.

Contoh Fantasy Story

Untuk lebih memahaminya, yuk kita simak beberapa contoh dari Cerita Fantasi yang ada dibawah ini :

Contoh 1 : Oscar Si Beruang

Di sebuah hutan, hiduplah seekor beruang yang bernama Oscar bersama dengan dua sahabatnya yaitu Ilip si belalang dan Ucil si kancil. Mereka bertiga bersahabat dengan baik, bahkan mereka sering bermain dan juga bercerita bersama.

Setiap malam, ketiga sahabat itu selalu berbaring di atas rerumputan sambil menatap langit malam yang dipenuhi dengan bintang-bintang yang indah. Oscar senang sekali bercerita pada saat melihat bintang-bintang dimalam hari.

Terkadang, Oscar bercerita mengenai Option si Pemburu, Silius si Anjing Langit, atau pohon yang ada di bulan. Namun, pada suatu malam, Oscar tiba-tiba membangunkan kedua sahabatnya yang sedang tertidur lelap. “Ilip, Ucil, Aku ingin sekali pergi ke bulan untuk mencari pohon itu,” ucapnya antusias.

“Ya ampun Oscar, aku kira ada kebakaran didalam hutan ini. Kamu ini mengganggu tidurku saja,” sahut si Ucil sambil berusaha untuk kembali tidur. Sedangkan si Ilip tetap tidak peduli, Ia tetap saja lelap didalam tidurnya.

“Teman-teman, tolong dengarkan. Aku serius ingin ke luar angkasa, karena Aku ingin sekali ke tempat bintang-bintang dan juga bulan,” ucapnya lagi, kali ini sangat antusias.

“Oscar, ayolah tidur, ini sudah sangat larut. Besok kan masih ada waktu untuk bercerita,” jawab si Ucil yang sangat mengantuk.

Namun, Oscar tetap tidak mendengar komentar dari Ucil. Ia semakin yakin dengan mimpinya. Sambil, terus memandang langit, terdapat sebuah bintang yang berkedip di atasnya. “Bintang…” gumamnya dalam mimpi.

Esok paginya, dengan semangat yang tinggi Oscar menceritakan kepada teman-temannta tentang keinginannya untuk pergi ke langit dan menjangkau bulan dan bintang.

“Oscar, tapi itu adalah sesuatu yang sangat mustahil untuk dilakukan,” ucap Ucil. “Belum ada beruang yang menjelajah luar angkasa. Apalagi ingin pergi ke bulan dan juga bintang.”

‘Iya, Oscar. Apa yang diucapkan Ucil itu benar. Tapi, kenapa tiba-tiba kamu ingin pergi ke bulan dan bertemu dengan bintang-bintang itu?” Tanya Ilip penasaran dengan niat sahabtnya itu.

“Aku ingin sekali mengetahui apakah benar ada pohon di bulan. Selain itu, aku juga ingin sekali memetik satu bintang kecil yang ada di langit untuk kusimpan di buku tulisku.” jelas Oscar kepada kedua teman-temannya.

“Bintang itu tidak sekecil yang kau kira selama ini Oscar. Memang dari atas sini mereka tampak begitu kecil. Namun, perlu kau tahu bahwa bintang itu tidak ada bedanya dengan bumi, sebab ia sangat besar. Hanya tempat kita yang sangat jauh darinya, sehingga kita melihat jadi begitu kecil, ” Jelas si Ilip kepada Oscar.

Oscar begitu sedih setelah ia membenarkan pendapat yang diucapkan oleh kedua sahabatnya. Namun, ia sudah jatuh cinta kepada langit, bulan, dan juga bintang. “Lalu sekarang apa yang harus aku lakukan?” jawabnya sedih.

“Kamu kan sangat pintar mendongeng. Nah, buat saja dongeng tentang bintang dan juga bulan dan tulis di bukumu. Bukankah itu sama saja dengan kamu meyimpan cahaya bulan dan juga kerlip bintang?” Ide si Ucil.

Oscar oun tersenyum sumringah, karena kedua sahabtnya sudah memberikan solusi yang sangat bijak. Ia pun mulai menuliskan dongeng tentang bintang dan juga bulan yang ada dilangit.

Begitulah, cara Oscar apabila setiap kali memiliki impian, maka ia akan menuliskannya sebagai dongeng impiann. Ia menuliskannya agar mimpi-mimpinya selalu dekat dengannya.

Baca Juga : Contoh Puisi

Contoh 2 : Lisa dan Sebuah Kotak Kecil

Di suatu desa, hiduplah seorang anak gadis bersama dengan orang tuanya. Anak perempuan itu bernama Lisa dan kedua orang tuanya bernama Jono dan Risa. Lisa selalu ditinggal oleh kedua orang tuanya ke kota untuk bekerja.

Kedua orang tua Lisa selalu pulang hingga larut malam. Suatu hari, saat itu sudah larut malam, Lisa tiba-tiba ingin buang air kecil, pun bergegas pergi ke kamar mandi. Setelah keluar dari kamar mandi, tiba-tiba Lisa mendengar suara dari sudut rumahnya.

Dengan rasa penasaran yang tinggi Lisa menghampiri suara itu. Ternyata suara itu berasal dari dalam gudang yang ada di rumahnya. Kemudian, Lisa membuka pintu gudang secara perlahan, “Kreeekkk….” dan pintu itu pun terbuka.

Didalam hatinya ia berkata, “Ini pertama kalinya aku masuk ke dalam gudang,” Selama ini Lisa tidak pernah masuk kedalam gudang rumahnya. Ternyata, setelah ditelusuri suara yang ia dengar berasal dari kotak kecil.

Suara itu mirip sekali dengan alunan nada sebuah lagu. Kemudian, dengan berhati-hati Lisa mendekati kotak tersebut dan membuka kotak kecil itu. Lisa sangat terkejut karena tiba-tiba terdapat cahaya terang yang memantul dari dalam kotak.

Sehingga, gudang tersebut menjadi sangat terang karena cahaya itu. Lisa semakin terkejut karena didalamnya terdapat sebuah benda kecil yang berbentuk bulat. Ternyat benda tersebut memiliki kekuatan ajaib yang istimewa.

Tak lama kemudian terdapat Peri kecil yang keluar dari benda tersebut dan memberikan mutiara itu kepada Lisa. Kemudian Peri menceritakan sebuah kisah yang terjadi di dalam dunianya kepada Lisa. Mendengar hal itu, LIsa menjadi Iba dan ingin membantu Peri tersebut.

Kemudian, Peri itu mengeluarkan serbuk-serbuk ajaib, dan menyuruh Lisa untuk memakannya. Dengan rasa ragu, ia pun memakan serbuk itu. Setelah memakan serbuk ajaib itu, Lisa berubah menjadi lebih kuat dan mempunyai kekuatan untuk melawan raja yang ada di dunia Peri.

Melihat Lisa memiliki kekuatan yang sangat besar, lantas Peri langsung mengajak Lisa untuk pergi kedunianya dengan tujuan untuk mengalahkan raja jahat yang membuat semua keluarga peri mati.

Setelah sampai, Lisa langsung pergi ke kerajaan tersebut dan menyerangnya dengan segenap kekuatannya. Akhirnya, LIsa bisa mengalahkan raja tersebut dan Kerajaan itu pun kembali tenang.

Di temani oleh sang Peri, Lisa sudah kembali lagi ke Dunianya. Peri mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepadanya dan kembali ke kotak tersebut. Mutiara dan juga kotak kecil itu dijaga sebaik mungkin oleh Lisa hingga saat ini.

Baca Juga : Contoh Cerita Fabel

Apa yang dimaksud dengan Cerita Fantasi?

Cerita Fantasi termasuk kedalam cerita fiksi yang bergenre fantasi dunia imajinatif yang diciptakan oleh seorang penulis untuk menghibur para pembacanya dengan cerita-cerita khayalan yang ia buat.

Apa saja unsur-unsur Cerita Fantasi?

Terdapat beberapa unsur didalam Cerita Fantasi yang terdiri dari :
1. Ide cerita yang sangat terbuka.
2. Mengandung suatu keanehan, keajaiban dan misterius.
3. Latar.
4. Terdapat sebuah khayalan.
5. Tokoh-tokoh yang sangat unik.
6. Penggunaan Gaya bahasa yang tidak selalu terikat dengan bahasa yang baku.

Jika mengalami kesulitan untuk mendapatkan khayalan dalam pembuatan Cerita Fantasi, maka apa yang harus dilakukan?

Jika kalain mengalami kesulitan didalam membuat cerita yang tidak nyata atau tidak real, maka kamu bisa menggunakan pengalaman yang pernah kamu alami dengan sedikit memberikan sentuhan fantastic untuk menarik minat para pembaca.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga membantu dan bermanfaat untuk kita semua.