Rumus Cepat Rambat Gelombang dan Contoh Soal

Posted on

Rumus.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang rumus cepat rambat gelombang bunyi dan pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas soal rumus cosinus.  Dan di dalam rumus cepat rambat gelombang bunyi terdapat rumus cepat rambat gelombang transversal, rumus cepat rambat gelombang longitudinal, rumus cepat rambat gelombang bunyi, contoh soal cepat rambat gelombang, rumus cepat rambat gelombang stasioner, cepat rambat gelombang adalah, rumus gelombang, rumus periode gelombang.

Pengertian Cepat Rambat Gelombang Bunyi

Pada dasar nya, bunyi itu merambat melalui medium tertentu, seperti pada zat padat, zat cair, atau gas. Dan bunyi tersebut memiliki cepat rambat yang bergantung pada media yang di lalui nya. Untuk selengkap nya, bisa kalian lihat penjelasan di bawah ini !

Bunyi itu apa sih? Bunyi iyalah sebuah gelombang longitudinal yang terjadi karena ada nya suatu getaran dan dapat merambat sehingga dapat sampai ke telinga makhluk hidup, seperti manusia dan juga hewan. Lalu telinga yang berfungsi dengan baik akan mendengar berbagai suara – suara yang ada di sekeliling nya.

Tahukah kalian bahwa sebenarnya emosi seseorang itu bisa berubah karna bunyi. Misal nya iyalah seperti saat seseorang sedang mendengarkan bunyi yang sunyi, maka emosi orang tersebut akan menjadi tenang karna tidak ada bunyi yang bising atau berisik.

Sebenar nya bunyi dapat merambat melalui media udara, zat cair, dan zat padat untuk sampai ke telinga kita. Namun untuk zat padat, cepat rambat bunyi lebih cepat di bandingkan dengan media zat cair dan gas. Supaya agar kalian semua lebih paham, perhatikan tabel di bawah ini !

Setelah kalian memahami soal bunyi, kita akan membahas pengertian cepat rambat bunyi yang merupakan sebuah jarak yang di tempuh oleh gelombang bunyi setiap satu – satuan waktu. Hal ini telah di teliti  oleh 2 orang ilmuwan asal Belanda, yang bernama Van Beek dan Moll. Dan pada akhir nya,  kedua ilmuwan tersebut berhasil menemukan rumus nya yaitu seperti ini :

Rumus Cepat Rambat Gelombang Bunyi

V = s / t

Keterangan :

  • v = kecepatan ( m/s )
  • s = jarak ( m )
  • t = waktu ( s )

Namun jika yang telah di ketahui yaitu frekuensi nya ( f ), panjang gelombang ( λ ), atau periode nya ( T ), maka kalian tidak usah menggunakan rumus yang di atas tapi kalian harus menggunakan rumus yang di bawah ini :

v = λ x f atau v = λ / f

Keterangan :

  • v = kecepatan ( m/s )
  • λ = panjang gelombang ( m )
  • f = frekuensi ( Hz )

Oke, setelah mengetahui soal rumus – rumus nya, maka sekarang kita lanjut ke contoh soal dan pembahasan nya silahkan kalian lihat di bawah ini !

Contoh Soal Cepat Rambat Gelombang

Contoh Soal 1

  1. Tentukanlah frekuensi dan periode dari sebuah gelombang bunyi jika panjang gelombang nya adalah 20 meter dan cepat rambat bunyi nya 400 m/s ?

Jawab :

Di ketahui :

v = 400 m/s
λ  = 20 m

Di tanya : frekuensi dan  periode…?

Jawab :

Frekuensi :
v = λ x f
f = v / λ
f = 400 m/s  / 20 m = 20 Hz

Periode :
v = λ / T
T =  λ / v
T = 20 m / 400 m/s = 1 / 20 sekon

Contoh Soal 2

  1. Sebuah kapal mengukur kedalaman laut dengan menggunakan perangkat suara. Jika bunyi nya di tembakkan ke dasar laut, maka bunyi pantul akan di terima setelah 15 detik. Maka tentukanlah kedalaman laut tersebut jika cepat rambat bunyi adalah 2000 m/s ?

Jawab :

Di ketahui :
t  = 15 s
v = 2000 m/s

Di tanya : s…?

Jawab :
s = vt / 2 ( gelombang akan memantul dan kembali lagi ke kapal, jadi harus di bagi dengan angka 2 )
s = 2000 m/s x 15 s / 2 = 15.000 m

Itulah penjelasan lengkap tentang rumus cepat rambat gelombang beserta contoh soal nya dan rumus nya semoga bermanfaat…

Artikel Terkait :