Cek Taspen

Posted on

Cara Cek Taspen – Bagaimana sih cara cepat memeriksa saldo Taspen dan melakukannya secara online? Tidak jarang bagi para nasabah Taspen yang ingin mengetahui saldo dari aset pensiun dan dana pensiun mereka tanpa harus pergi ke kantor Taspen.

Untungnya, sekarang PT. Taspen (Persero) sudah menyediakan fasilitas untuk mengecek saldo Taspen secara online. Sayangnya, masih banyak dari para pelanggan Taspen yang belum mengetahui informasi tersebut.

Cek Taspen

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai Cara Cek Taspen, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Taspen yang sebenarnya? Apa saja layanan-layanan yang diberikan? Untuk mengetahui hal-hal tersebut, yuk kita simak penjabarannya dibawah ini.

Apa itu Taspen?

PT. Taspen (Persero) merupakan sebuah perusahaan milik negara atau BUMN yang menawarkan tunjangan jaminan sosial kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS).

BUMN yang didirikan pada tanggal 17 April 1963, saat ini sudah memberikan layanan bagi mereka yang tidak termasuk dalam anggota PNS. Sejauh ini, karyawan non-PNS yang menerima layanan ini terdiri dari mereka yang menjadi sukarelawan di lembaga pemerintahan.

PT. Taspen (Persero) saat ini sudah mempunyai 6 kantor utama serta 51 kantor cabang di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Jumlah karyawan yang bekerja pada PT. Taspen diinformasikan sebanyak 1.748 orang.

Baca Juga : Persamaan Perbedaan Cek Dan Bilyet Giro Beserta Aturannya

Layanan – Layanan PT. Taspen

Cek Taspen

Terdapat beberapa Layanan yang diberikan oleh PT. Taspen (Persero) yang dapat di manfaatkan bagi mereka yang berstatus anggota PNS ataupun yang Non-PNS, yaitu sebagai berikut :

1. Tunjangan Hari Tua (THT)

THT merupakan sebuah program asuransi ganda yang ditambah dengan asuransi kematian. Asuransi ini akan dibayarkan dalam jumlah satu kali saat peserta pensiun meninggal atau setelah kematian dari keluarga peserta.

Perlu kalian ketahui bahwa Batasan Usia Pensiun (BUP) itu mulai dari usia 58, 60, 62, 65, sampai 70 tahun. Agar dapat menikmati beberapa layanan yang diberikan oleh Taspen tersebut, para nasabah wajib untuk :

  • Membayar iuran atau premi sebesar 3,25 persen dari pendapatan bulanan (gaji pokok + tunjangan untuk tunjangan perempuan + keluarga).
  • Jika data pribadi dan keluarga ada yang berubah, maka para pelanggan harus memberitahukan kepada pihak Taspen.

2. Dana Pensiun

Dana pensiun adalah dana yang diterima oleh pelanggan Taspen selama mereka melakukan pelayanan sipil. Seperti halnya THT, dana pensiun Taspen akan diberikan kepada pelanggan atau peserta ketika mereka telah mencapai batas usia untuk pensiun (BUP).

Untuk bisa medapatkan dana pensiun, maka para nasabah wajib untuk melakukan beberapa hal, yaitu :

  • Membayar kontribusi atau bonus sebesar 4,75 persen dari penghasilan bulanan Anda (gaji pokok + tunjangan untuk wanita + tunjangan untuk anak-anak).
  • Memberitahukan pihak Taspen jika terjadi perubahan pada data pribadi dan keluarga seperti alamat, nomor telepon, sertifikat sekolah anak, perubahan status bantuan.

3. JKK (Jaminan Keselamatan Kerja)

JKK merupakan sebuah layanan perlindungan untuk risiko kecelakaan yang terjadi di tempat kerja atau sakit saat sedang bekerja, yang mencakup bantuan, kompensasi, serta tunjangan cacat. Terdapat banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh oleh nasabah atau peserta Taspen.

Dibawah ini terdapat beberapa manfaat dari JKK yang dapat dirasakan oleh para nasabah Taspen, yaitu :

  • Pemeriksaan dasar dan sekunder.
  • Perawatan tingkat pertama dan lanjutan.
  • Rumah sakit pemerintah kelas 1 dan rumah sakit swasta yang setara.
  • Perawatan intensif.
  • Diagnosis suportif.
  • Pengobatan.
  • Layanan khusus, dan masih banyak lagi

Baca Juga : Bilyet Giro – Pengertian, Sifat, Bentuk, Syarat, Rekonsiliasi, dan Contohnya

4. Jaminan Kematian (JKM)

JKM merupakan sebuah layanan yang akan diterima oleh pelanggan Taspen untuk melindungi diri mereka dari risiko kematian yang bukan karena kecelakaan di tempat kerja dalam bentuk sebuah santunan kematian.

Terdapat beberapa manfaat dari JKM yang dapat dirasakan oleh para nasabah Taspen, yaitu :

  • Mendapatkan santunan sekaligus.
  • Adanya uang duka wafat.
  • Diberikannya biaya pemakaman.
  • Bantuan beasiswa.

Cara Cek Taspen

Bagi para nasabah yang ingin mengetahui bagaimana cara mengecek saldo Taspen, perlu Anda ketahui bahwa terdapat dua cara yang dapat digunakan untuk mengetahui saldo Taspen Anda, yaitu :

1. Menggunakan Aplikasi Mobile Taspen

Aplikasi Mobile Taspen dapat kalian unduh secara gratis menggunakan smartphone yang Anda miliki. Berikut ini langkah-langkah menggunakan Aplikasi Mobile Taspen, yaitu :

  1. Pertama-tama buka aplikasi google play yang terdapat di smartphone Anda. Lalu ketikkan “Mobile Taspen” dikolom pencarian, setelah muncul kemudian anda bisa langsung menginstal aplikasi tersebut dan tunggulah beberapa saat sampai proses penginstallan selesai.
  2. Setelah proses penginstallan selesai, selanjutnya buka aplikasi tersebut. Lalu akan muncul halaman pilihan, kemudian pilihlah menu Simulasi guna melakukan proses perhitungan estimasi dari saldo Taspen anda.
  3. Didalam menu Simulasi terdapat dua jenis pilihan estimasi yaitu, ESTIMASI TMT BUP dan ESTIMASI TMT BULAN INI.
  4. Selanjutnya, pilihlah Estimasi TMT BUP, kemudian Anda akan diminta untuk menginputkan NIP (Nomor Induk Pegawai atau nomor Kartu PNS Elektronik.
  5. Tunggu bebebrapa saat, dan setelah itu dilayar smartphone Anda akan muncul informasi mengenai saldo Taspen Anda yang terdiri dari Tabungan Hari Tua (THT) serta dana pensiun.

2. Menggunakan Website Resmi Taspen

Selain melalui Aplikasi Mobile Taspen, pengecekan saldo Taspen Anda juga bisa di cek melalui website resmi dari Taspen itu sendiri secara online. Para nasabah dapat melakukan pengecekan Taspen dengan cara masuk ke halaman e-klim.

Berikut ini langkah-langkah pengecekan saldo Taspen mengguanakan Website E-klim, yaitu :

  1. Pertama-tama kalian akan diminta untuk pergi ke halaman E-klim tersebut dengan cara membuka link http://e-klim.taspen.com/mservices/JKK/login.php melalui browser smartphone Anda.
  2. Setelah itu, kalian akan dihantarkan ke halaman berikutnya, dihalaman ini Anda diminta untuk menginputkan NoTas, tanggal lahir, serta 3 digit terakhir dari nomor urut yang terdapat dikartu Taspen. Tepatnya berada di sebelah code barcode.
  3. Jika sudah data-data tersebut sudah terisi semua klik tombol Login, pilihlah Estimasi Manfaat, setelah itu pilih Estimasi Hak Usia Pensiun (BUP).
  4. Setelah semua proses tersebut selesai, akan muncul sebuah halaman yang berisi mengenai informasi dari saldo Taspen yang terdiri dari keterangan dana pensiun serta Tunjangan Hari Tua (THT).

Baca Juga : Rekonsilasi Bank – Pengertian, Tujuan, Contoh, Bentuk, Penyebab

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Taspen?

PT. Taspen (Persero) merupakan sebuah perusahaan milik negara atau BUMN yang menawarkan tunjangan jaminan sosial kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS).

PT Taspen diketahui memiliki tiga anak perusahaan, yaitu?

Tiga anak perusahaan PT. Taspen adalah PT. Taspen Properti Indonesia, PT. Taspen Life Insurance, and also PT. Bank Mandiri Taspen. Tiga jenis perusahaan tersebut melakukan bisnis yang berbeda.

Tujuan dari adanya Aplikasi Taspen Online adalah?

Tujuan dari aplikasi Taspen yaitu dilihat sebagai bentuk pengembangan layanan sehingga pegawai negeri sipil (PNS) yang akan pensiun tidak lagi mengalami penundaan dalam mendapatkan hak-hak mereka.

Demikianlah penjabaran dari ulasan kali ini yang kami ambil dari rumusbilangan.com, semoga membantu para Pegawai Negeri Sipil serta menjadi wawasan baru untuk kita semua.

Related posts: