Cek SKTP

Posted on

Cek SKTP – SKTP merupakan singkatan dari Surat Keputusan Tunjangan Profesi yang dijadikan sebagai penentu bahwa, apakah guru yang memiliki sertifikat pendidik tersebut tunjangan profesinya dapat cair atau tidak?

Melakukan pengecekan terhadap SKTP serta data guru yang mendapatkan SKTP merupakan hal yang terbilang wajib atau harus dilakukan, agar Bapak dan Ibu guru dapat mengetahui apakah data PTK yang dikirimkan melalui Dapodik School valid atau tidak.

Cek SKTP

Jika setelah pengecekan dilakukan, dan ternyata hasil menunjukkan data tersebut tidak valid, maka hal ini akan berpengaruh terhadap pencairan dana sertifikasi guru.

Oleh karena itu melakukan pengecekan terhadap SKTP itu sangat penting bagi para guru. Pada kesempatan kali ini Rumus.co.id akan memberikan penjelasan mengenai cara mengecek SKTP. Yuk kita simak…

Cara Cek SKTP

Cara pengecekan SKTP dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu melalui Laman Info GTK dan juga Laman SIMPKB. Dibawah ini merupakan penjelasan mengenai kedua cara tersebut, yaitu :

1. Cara Mengecek SKTP Melalui Laman Info GTK

Terdapat dua cara yang bisa digunakan untuk mengecek SKTP para Guru tahun 2019-2020 melalui Info GTK, yaitu :

A. Dengan Metode NUPTK / NIK dan Tanggal Lahir :

  • NUPTK ini ditujukan untuk para guru serta tenaga kependidikan lainnya jika sudah memiliki NUPTK
  • NIK ini ditujukan untuk para guru yang belum memiliki NUPTK atau misalnya yang NUPTK nya tidak valid.

Baca Juga : VLOOKUP Excel – Rumus, Fungsi, Contoh dan Cara Menggunakannya

B. Dengan Account PTK

  • Semester ini, kredensial GTK akan diuji dengan menggunakan ID pengguna serta kata sandi PTK dalam dapodik.
  • Untuk mendapatkan ID pengguna serta kata sandinya, Anda bisa menghubungi atau menemui petugas operator sekolah masing-masing.

Lalu, bagaimana langkah-langkah pengecekan SKTP tahun 2019-2020 melalui Laman Info GTK? Dibawah ini langkah-langkahnya, yaitu :

Cek SKTP
  1. Pertama-tama Anda harus masuk terlebih dahulu ke halaman Info GTK di sini http://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  2. Selanjutnya, pilihlah metode yang akan Anda pakai untuk mengecek SKTP, apakah akan menggunakan NUPTK/NIK atau dengan menggunakan Account PTK.
  3. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan metode NUPTK/NIK dan tanggal lahir, maka akan bisa langsung inputkan data NUPTK/NIK, selanjutnya inputkan kata sandi beserta tanggal lahir sesuai dengan format penulisan yang sudah ditentukan. Setelah itu isikan Chapta yang ada kemudian klik Login.
  4. Namun, jika Anda memutuskan untuk menggunakan metode Account PTK, silahkan Anda inputkan akun PTK Anda pada Dapodik, setelah itu inputkan password yang sama, seperti yang ada di Dapodik. Kemudian isikan Chapta dan selanjutnya klik Login.

2. Cara Mengecek SKTP Melalui Laman SIM PKB

SIM PKB adalah sistem informasi manajemen yang terintegrasi ke dalam sebuah sistem Sustainable Professional Development.

PKB merupakan proses mengorganisir pengajaran serta pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi guru dalam melakukan tugasnya.

Selain mengecek SKTP menggunakan Info GTK, Para Guru juga bisa mengecek SKTP menggunakan Laman SIM PKB. Sebelum kita membahas langkah-langkahnya, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu yaitu :

  • Menyiapkan email akun SIM PKB dengan Passwordnya.
  • Menyiapkan email dari akun Dapodik dengan Passwordnya.

Baca Juga : Pengertian dan Cara Pengoperasian Mikroskop

Jika kedua syarat tersebut sudah terpenuhi, maka sekarang Anda bisa menyimak langkah-langkah mengecek SKTP menggunakan Laman SIM PKB, yaitu :

  1. Sama seperti pengecekan menggunakan Info GTK, pertama-tama Anda harus masuk terlebih dahulu ke halaman web SIM PKB, dengan cara klik link ini https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/
  2. Kemudian, inputkan email dan password yang sudah Anda buat di account SIM PKB Anda, jika sudah selanjutnya anda bisa klik Login.
  3. Setalah Login, anda akan masuk ke halaman pencarian fitur, lalu Anda cari fitur “Layanan Info GTK”, jika sudaj ketemu, klik pada bagian dari fitur tersebut.
  4. Seanjutnya, isikan kolom Account PTK dengan menggunakan email beserta password yang Anda punya pada akun Dapodik. Jika sudah selesai, Anda bisa menginputkan kode yang sudah disediakan, kemudian, klik Login.
  5. Setelah itu, akan muncul laman hasil dari penginputan data tersebut, jika terdapat bacaan valid maka itu tandanya Account anda sudah aman dan dapat menerima sertifikasi tunjangan.
  6. Namun, jika hasil dari laman tersebut Belum Valid, itu tandanya Account anda masih belum aman dan masih harus diperbaiki terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan SKTP?

SKTP merupakan singkatan dari Surat Keputusan Tunjangan Profesi yang dijadikan sebagai penentu bahwa, apakah guru yang memiliki sertifikat pendidik tersebut tunjangan profesinya dapat cair atau tidak.

Apa fungsi dari pengecekkan SKTP?

Pengecekkan SKTP berfungsi untuk memudahkan para guru menampilkan data-data penerimaan tunjangan sertifikasi dari sekolah, agar mengetahui terdapat kesalahan atau tidak.

Apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum masuk ke Laman SIM PKB?

1. Menyiapkan email akun SIM PKB dengan Passwordnya.
2. Menyiapkan email dari akun Dapodik dengan Passwordnya.

Demikianlah langkah-langkah untuk Cek SKTP yang baik dan benar, semoga bermanfaat bagi para guru atau tenaga kependidikan lainnya.