Cara Mengisi PMP

Posted on

Cara Mengisi PMP РDi tahun 2021 ini pengisian PMP (kuisioner Pemetaan Mutu Pendidikan) sekolah akan dilakukan secara online, Apabila di tahun lalu operrator di sekolah perlu menginstall aplikasi PMP serta aplikasi dapodik di dalamnya, maka saat ini untuk menjalankan portal PMP daring kalian tidak perlu lagi menginstall-nya.

Itu Berarti pekerjaaan tersebut tidak terpaku di satu laptop atau komputer, namun itu semua dapat kalian lakukan bersama sama di waktu yang bersamaan.

Salah satu keuntungan dari hal ini yaitu akan mempercepat pekerjaan kalian, karna untuk mengerjakan hal ini tidak diharuskan pada laptop yang berdapodik.

Namun ada juga keluhannya, memang semua itu mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri, dan disini kekurangannya yaitu server PMP yang kapasitasnya kurang besar, akses Hal tersebut lah yang sering membuat pengerjaan PMP online sering lelet serta tidak bisa dikerjakan sedikitpun.

Hal ini juga perlu menjadi perhatian admin PMP pusat supaya tidak menjadi kendala untuk sekolah serta tidak menjadi kendala dalam pengerjaan PMP.

Cara mengisi PMP daring padadasarnya sama saja dengan pengisian ofline pada aplikasi PMP tahun-tahun lalu. Namun perbedaannya, apabila dulu pengisian tersebut dapat kalian lakukan dengan ofline (tak terhubung jaringan internet kecuali untuk kirim data), maka sekarang perlu terhubung ke internet setiap saat. 

Tentunya disini ada yang belum paham atau belum tahu dengann apa itu PMP, jika kalian belum tahu maka jangan-lah khawatir dan bacalah terus artikel ini hingga selesai, sebab di dalam artikel ini kami akan menjelaskan apan itu PMP?.

Apakah kalian penasaran dengan pengertian PMP, jika iya maka simaklah pembahasan kami di bawah ini mengenai PMP. Berikut yakni penjelasan mengenai PMP.

Daftar Isi :

Apa itu PMP?

Cara Mengisi PMP

Peningkatan mutu pendidikan atau sering disingkat menjadi (PMP) adalah suatu komitmen Pemerintah Republik Indonesia yang sudah diterapkan lewat beberapa peraturan serta perundang – undangan mengenai sistem pendidikan nasional.

Kebijakan yang sudah diambil yaitu diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Dan Juga Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas

Pendidikan Nonformal merupakan jalur pendidikan yang ada di luar pendidikan formal yang bisa dilaksanakan dengan terstruktur serta berjenjang.

Lingkup Standar Nasional Pendidikan yaitu meliputi Standar Isi, Standar Proses, kemudian Standar Pendidik, Standar Kompetensi Lulusan serta Tenaga Kependidikan, Standar Prasarana serta Sarana, Standar Pembiayaan, Standar Pengelolaan, dan juga Standar Penilaian Pendidikan.

Untuk penjaminan serta untuk pengendalian mutu pendidikan sama dengan Standar Nasional Pendidikan yaitu dilakukan akreditasi, evaluasi, serta sertifikasi.

Standar Nasional Pendidikan sudah disempurnakan dengan terencana, terarah, dan juga berkelanjutan sesuai tuntutan perubahan kehidupan nasional, global, serta lokal.

Di dalam implementasi program ini mutu LPMP akan berperan sebagai pelaksana teknis di provinsi yang berguna untuk mengkoordinasikan kegiatan yang sudah dirancang dalam pemetaan mutu Dinas Pendidikan.

Sosialisasi program pemetaan mutu ke pengawas sekolah serta seluruh satuan pendidikan di jenjang SD, SMP, SMA bahkan SMK, sehingga dapat memastikan bahwa seluruh sekolah sudah melaksanakan program pemetaan mutu yang mengumpulkan data melalui aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan.

Dalam acara sosialisasi program pemetaan mutu 2016 menuju seluruh satuan pendidikan yang ada di jenjang SD, SMA, SMA dan SMK, maka LPMP DKI Jakarta akan bekerjasama dengan pengawas sekolah serta operator dapodik yaitu bertujuan untuk melakukan sosialisasi serta pendampingan program pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah binaan masing-masing pengawas tersebut.

Di atas sudah kami bahas sedikit mengenai Apa itu PMP, jadi untuk kalian yang belum mengetahuinya maka kalian bisa simak penjelasan di atas.

Dan apakah kalian sudah mengetahui tujuan dari Pemetaan Mutu Pendidikan atau sering disingkat (PMP)? apabila kalian juga belum mengetahuinya maka kami akan menjelasakannya juga di dalam artikel ini untuk kalian.

Berikut yakni beberapa tujuan Pemetaan Mutu Pendidikan atau (PMP) yang akan kami jelaskan disini untuk kalian.

Tujuan Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP)

Sosialisasi serta pendampingan pemetaan mutu tujuan-nya yaitu untuk menjalankan fasilitas satuan pendidikan saat melakukan proses implementasi pemetaan mutu pendidikan, dengan diharapkan sekolah Mutu Pendidikan (SPMP) bisa menjalankannya :

  • Tujuan pertama yaitu untuk mengimplementasikan SPMP lewat implementasi pemetaan mutu pada tingkat satuan pendidikan.
  • Kemudian tujuan kedua yaitu Memahami mekanisme dalam menjalankan pemetaan mutu tahun 2016
  • Memahami instrumen pemetaan mutu tahun 2016
  • Tujuan ketiga yaitu untuk Memahami instrumen pemetaan mutu di tahun 2016
  • Tujuan selanjutnya yaitu untuk memahami aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan yang sudah terintegrasi dengan aplikasi Dapodik
  • Kemudian tujuan terakhir yaitu untuk Melakukan pengisian serta pengiriman data pemetaan mutu satuan pendidikan yaitu lewat aplikasi PMP

Nah setelah kalian semua memahami pengertian serta apa saja tujuan dari Pemetaan Mutu Pendidikan atau (PMP) maka sekarang saatnya kita ke pembahasan intinya yaitu untuk mengisi PMP, tentunya kalian penasaran bukan dengan pembahasan inti dari artikel ini? jika iya maka kita langsung saja masuk ke pembahasan intinya.

Cara Pengisian Kuisioner PMP Secara Daring

  • Kemudian kalian juga perlu melakukan proses login, dan disini kalian bisa login dengan memakai user id serta password sekolah (apabila password terbaru tidak daoat kalian pakai login, maka pakailah password dapodik di tahun 2018). Apabila user id serta password sudah benar, maka halaman PMP daring juga akan terbuka. Dengan default, halaman yang terbuka merupakan halaman beranda dengan para pengguna operator sekolah.
loginn
  • Untuk beralih ke pengguna ( guru, siswa maupun komite), kalian perlu klik menu pengaturan. Selanjutnya pilih menu Tukar Pengguna. Lalu Klik panah kecil yang terdapat di kolom sebelah kanan jenis responden.
  • Selanjutnya pilihlah jenis responden (guru, siswa, atau komite). kemudian klik panah di ujung kanan kolom nama responden yang sudah terpilih. Apabila nama responden tidak terbaca sebab terdapat di sebelah bawah, maka skrol halaman ke bawah.
  • Seanjutnya klik menu di Perangkat Kuisioner.
menu
  • Jika sudah maka Selanjutnya klik Rincian.
  • Sesudah Klik pada panah kecil yang terdapat di sebelah kanan rincian kuisioner yaitu untuk menampilkan soal kuisioner.
  • Jawablah kuisioner yang muncul di halaman, selanjutnya scrol ke bawah untuk menampilkan pertanyaan berbeda. Apabila seluruh pertanyaan di halaman atau bagian tersebut sudah selesai dijawab, maka klik simpan. Kemudian klik panah yang terdapat di sebelah kanan menu simpan yaitu untuk menampilkan kuisioner di bagian berikutnya.
  • Begitu juga selanjutnya sehingga seluruh kuisioner selesai dikerjakan. Pengerjaan kuisioner juga dapat ditunda serta dapat dikerjakan di lain waktu apabila ada keperluan lain atau jika merasa lelah. Apabila kalian ingin keluar dari PMP daring, maka kalian bisa klik nama responden di sebelah kanan atas jendela aplikasi, selanjutnya pilih keluar.]

Demikianlah teman teman semuanya pembahasan kami mengenai cara mengisi PMP, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

Baca Juga

Related posts: