Cara Menghitung Rumus Skala Peta Dan Contoh Soalnya

Posted on

Rumus Skala Peta – Apa itu skala peta? Berikut ini penjelasan materi makalah pengertian skala peta serta rumus cara menghitung skala peta dan contoh soalnnya.

Pengertian

Skala peta adalah angka dengan perbandingan jarak peta dengan jarak sesungguhnya. Semakin besar suatu skala peta maka semakin detail pula informasi yang terdapat pada peta tersebut, begitu juga sebaliknya.

Rumus Sekala Peta
Rumus Sekala Peta

Skala peta, dapat juga diartikan sebagai perbandingan (rasio) antara jarak dua titik pada peta dan jarak sesungguhnya kedua titik tersebut dipermukaan bumi atau di lapangan, dan pada satuan yang sama.

Cara Menghitung Sekala Peta Dengan Mudah

Terdapat 2 cara untuk menghitung sekala peta yakni sebagai berikut ini :

Perhitungan dengan Skala Angka

Dalam perhitungan skala angka, jika Kita ingin menghitung jarak yang sesungguhnya menggunakan peta, maka Kita bisa menggunakan rumus yang sudah ditulis berikut ini.

Rumus Skala Peta
Rumus Skala Peta

Sebelum mengetahui rumusnya, Kita harus tahu dulu cara membaca pada tulisan skala 1 : 1.000.000. Tulisan ini artinya adalah jika setiap jarak 1 satuan di peta, akan setara pada jarak 1.000.000 satuan sesungguhnya. Jika satuan yang dipakai adalah cm, maka tulisan 1 : 1.000.000 artinya setiap pada jarak 1 cm pada peta, itu mewakili jarak 1.000.000 cm dari jarak sebenarnya.

Pada skala ini, memakai satuan centimeter yang sudah dijadikan sebagai satuan skala resmi internasional. Akan tetapi ada sebagian negara yang memakai satuan inci dengan perbandingan satuan mil. Sebagian negara yang dimaksud adalah negara Inggris dengan negara-negara di persemakmuran Inggris.

Contoh untuk menghitung jarak sebenarnya.

Diketahui sebuah peta mempunyai skala 1:10.000.000. Sedangkan jarak kota X dengan kota Y adalah 5cm. Maka berapa jarak sebenarnya diantara kota X dengan kota Y ?

Jawab :

Jarak yang sesungguhnya adalah 5 cm / 1 : 10.000.000

= 5 × 10.000.000 / 1

= 50.000.000 cm.

Jadi, jarak yang sesungguhnya dari kota X ke kota Y adalah 50.000.000 cm atau jarak yang sesungguhnya dalam satuan km adalah 500 km.

Rumus Skala Peta Lengkap

Untuk menghitung jarak sesunguhnya pada peta lengkap dapat menggunakan rumus berikut ini :

Rumus Skala Peta Lengkap
Rumus Skala Peta Lengkap

Contoh mencari skala pada peta

Diketahui jika jarak antara kota X dan kota Y dalam sebuah peta adalah 4 cm. Sedangkan jarak yang sebenarnya diantara kota X dengan kota Y adalah 80 km. Maka berapakah skala pada peta berdasarkan satuan cm dari peta tersebut?

Jawab:

Rumus Skala adalah Jarak di Peta : Jarak yang sesungguhnya

= 4 cm : 80 km

= 4 cm : 8.000.000 cm

= 1 : 2.000.000

Maka, hasil skala pada peta tersebut adalah 1 : 2.000.000.

Perhitungan Menggunakan Skala Batang

Dalam perhitungan memakai skala batang, kita harus menggunakan ukuran dari batang grafis maupun garis lurus yang terdapat dibagian bawah gambar peta. Dalam garis batang ataupun grafis batang jarak sebuah ruas ataupun kolom ialah sama. Setiap ruas juga mewakili jarak tertentu pada peta. Selain itu, skala batang dan juga skala angka mempunyai perbedaan. Jika sebuah peta diperkecil, dengan cara difotokopi, maka skala batangnya masih tetap bisa dipakai tanpa harus dikonversi.

Pada umumnya pada skala batang setiap ruas sepanjang 1 cm, dan mewakili pada jarak yang sesungguhnya. Misalnya skala pada sebuah peta adalah 1 : 100.000, int berarti skala batangnya memiliki panjang setiap ruas 1 cm.

Contohnya :

Diketahui jarak antara desa X dengan desa Y dalam sebuah peta pada skala batang adalah 4 ruas. 1 ruas dari peta tersebut mewakili 1 kilometer. Berapakah jarak desa X dengan desa Y yang sebenarnya?

Jawab :

Dikarenakan masing-masing ruas atau 1 ruas telah mewakili jarak 1 km, itu berarti jarak antara kedua desa tersebut adalah : 4 x 1 = 4 km.

Maka, Jarak sebenarnya antara desa X dengan des Y adalah 400.000 cm.

Inilah tadi pembahasan tentang Cara Menghitung Rumus Sekala Peta Dengan Mudah, Semoga Bermanfaat…

Baca Juga :