Cara Memegang Raket Teknik Forehand Grip dan Backhand Grip

Posted on

Cara memegang raket – Meski terlihat mudah memegang raket, namun banyak orang tidak menyadari sudah melakukan kesalahan dan menyebabkan permainan yang dilakukan menjadi tidak maksimal. Cara memegang raket yang benar yaitu dengan memakai jari-jari tangan atau ruas jari tangan, selain itu jari-jari tangan yang dipakai dalam memegang raket harus luwes, rileks, dan memiliki tenaga ketika memukul shuttle cock (kok). Berikut ini akan dibahas secara lengkap tentang cara memegang raket beserta teknik dalam bulutangkis lengkap. Simak pembahasan dibawah ini

Cara memegang raket
Cara memegang raket

Cara Memegang Raket

Jika anda memegang raket seperti memegang bet pada tenis meja, maka cara memegang raket anda keliru. Meskipun teknik ini akan memberikan pegangan yang amat kuat pada raket, namun pukulan yang akan dihasilkan akan sangat lemah ketika melakukan pukulan smash, Selain itu juga sulit untuk dipakai dalam teknik mengontrol bola (shuttle cock).

Sebenarnya terdapat beberapa cara ataupun teknik pegangan raket, namun yang sering dipakai dalam prakteknya hanya ada dua, yaitu :

  1. forehand
  2. backhand.

Dua macam cara memegang raket ini umum dipakai dalam semua jenis pukulan di dalam permaina bulutangkis secara bergantian yang bergantung situasi dan kondisi yang dihadapi saat permainan. Bagi pemain yang terampil atau mahir dengan teknik pegangan raket ini akan terlihat seperti misalnya memegang dengan cara satu grip saja. Karena pergantian dalam teknik pegangan raket dari forehand ke backhand atau sebaliknya hanya terjadi sedikit pergeseran saja dan itu pun terjadi secara otomatis.

Forehand Grip

forehand grip
forehand grip
  1. Pegang raket seperti berjabat tangan (membentuk “V”)
  2. Pakai tiga jari (jari tengah, jari manis, dan jari kelingking) untuk cara menggenggam raket, jari telunjuk ditempatkan sedikit terpisah dari ketiga jari yang tadi
  3. Ibu jari diletakkan tepat diantara jari telunjuk dan ketiga jari tersebut.

Backhand Grip

backhand grip
backhand grip

Untuk menggunkan teknik backhand grip, cukup geser sedikit “V” ke arah dalam. Bantalan ibu jari atau jempol ada pada pegangan raket yang lebih lebar.

Cara melakukan pukulan smash yang benar

Berikut ini adalah penjelasan bagaimana cara melatih agar pukulan smash mampu powerfull atau memakai kekuatan penuh hingga pukulan bisa tajam dan keras yang slalu mengecoh lawan

  • Kontak point harus tinggi dan harus di depan dari tubuh atau badan pemain, bukan ada dibelakangnya pemain.
  • Saat memukul kok, pergelangan tangan eajib tepat dan cepat serta mengarah kebawah atau mengarah ke arah dalam. Ketika kepala raket mengenai kok, posisinya tegak lurus terhadap kok.
  • Saat memukul kok, percepatan gerakan dari pergelangan tangan amat mempengaruhi cepatnya laju kok .
  • Dalam hal ini penggunaan tenaga harus sangat fokus, jari-jari cukup erat di dalam memegang grip untuk menambah daya kejut atau ledakan serta mapu mempercepat laju dari kepala raket.

Posisi memegang raket (grip) saat smash
smash bulutangkis

  • Dalam memegang grip raket wajib rileks, Karena dengan begitu kita bisa memakai tenaga pergelangan tangan untuk melakukan smash secara keras dan tajam kebawah da mengecoh lawan.
  • Pakai pegangan grip yang sesuai dengan gaya maupun style dari pemain.
  • Jangan memegang terlalu erat, supaya gerakan smash tidak kaku
  • Maka, kesimpulannya ketika memegang grip raket harus dalam keadaan rileks, dan lakukan dan per-erat jari-jari tangan yang dipakai untuk memegang saat terjadi kontak antara kepala raket dengan shuttle cock saja.

Bila sudah terbiasa membaca datangnya rah kok, Kamu bisa melatih pukulan smash dengan loncatan. Teknik melakukan smash dengan meloncat atau smash tanpa meloncat sebenarnya adalah sama, hanya saja berbeda pembacaan titik dalam fase pemukulannya. Namun hasil pengembalian bola dengan teknik smash loncat akan lebih tajam dan cepat (keras).

Teknik Melakukan Netting

Teknik netting merupakan teknik permainan net, teknik ini adalah teknik yang perlu dikuasai dala permaina sebelum mencobanya pada pertandingan yang sesungguhnya, hal ini karena teknik netting cukup riskan dan bisa jadi malah sebaliknya yaitu mendatangkan poin bagi lawan.

pukulan netting

Cara untuk mendapatkannya dengan melakukan pukulan shuttle cock halus namun masuk ke area lawan, cermati jarak net dengan posisi shuttle cock.

Teknik Mengembalikan Servis

Coba latihan ini bersama temanmu, misalnya temanmu melakukan servis dan kamu yang bertahan. bisa mencoba melakukan latihan ini baik untuk jenis servis forehand dan backhand. Terdapat macam-macam teknik yang bisa kamu kembangkan saat melakukan teknik pengembalian servis.

  1. Contohnya ketika bermain dalam pertandingan bulu tangkis tunggal, saat menerima servis usahakanlah mengembalikan servis dengan pukulan keras atau tinggi ke sudut belakang jauh dari jangkauan lawan atau bisa juga bermain netting.
  2. Jangan terburu-buru untuk melakukan smash dimana posisi di lapangan belakang, karena saat melakukan smash, belum tentu bisa recovery posisi yang tepat saat lawan bisa mengembalikan smash.
  3. Jika bermain secara ganda, usahakan mengarahkan shuttle cock ke arah lawan dengan tepat pada bagian tubuh ataupun langsung mengarah ke lantai supaya mendapat poin.

Demikianlah teknik memegang raket da beberapa tenik lainya dala bulutangkis, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :