Cara Membuat Pidato

Posted on

Cara Membuat Pidato – Pada Artikel kali ini kita akan membahas bagai mana cara membuat pidato. Pengertian Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di hadapan orang banyak , atau memberikan contoh tentang sesuatu hal. Sebuah pidato biasanya di sampaikan oleh seseorang yang mampu berbicara di depan umum dapat memberikan pernyataan tentang suatu hal untuk diperbincangkan.

Bagi Anda yang Memiliki posisi di dalam masyarakat ataupun diantara orang-orang ternama , tentu akan sering diminta untuk melakukan pidato. Melakukan pidato bukan satu hal yang mudah. Seblemum nya anda harus berlatih untuk berpidato. Namun bila sudah terbiasa, pidato akan lebih mudah dilakukan .

Cara-Membuat-Pidato

Baca juga : Contoh Kalimat Baku

Berikut ini kita akan membahas mengenai pidato dimulai dari kerangka pidato, tujuan pidato, ciri-ciri pidato , disertai contohnya.

Kerangka Naskah Pidato

Ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum membuat sebuah pidato yaitu kerangkanya. Berikut ini kerang naskah pidato :

  • Pembukaan
    Pembukaan biasa diisi dengan ucapan salam, ucapan puji syukur terhadap Allah, dan ucapan penghormatan .
  • Isi
    Isi merupakan bagaian utama dalam berpidato . maka dalam berpidato diusahakan untuk menereapkan isi pidato yang sopan dan menarik supaya para tamu undangan tidak jenuh mendengarkan pidato yang disampaikan
  • Penutup
    Penutup merupakan kesimpulan dari pidato yang disampaikan,
    harapannya untuk lebih baik sesuai isi pidato, ucapan terima kasih, kata maaf , dan yang terakhir adalah salam penutup .

Ciri Ciri Teks Pidato

  • Memiliki tujuan yang jelas dan positif .
  • Isi materi yang dijelaskan harus jelas dan mudah dimengerti.
  • Berisi wawasan yang menarik tamu undangan.
  • Terdapat kesimpulan yang dapat di mengerti di akhir pidato ..
  • Memberi suatu sebuah informasi penting untuk orang lain.
  • Membuat orang lain tertarik dari isi pidato yang disampaikan

Baca Juga : Contoh Kalimat Antonim

Kriteria Berpidato Yang Baik

  • Isi pidato yang disampaikan berhubungan dengan acara yang berlangsung.
  • Isi Pidato bermanfaat, positif dan jelas serta tidak menimbulkan pertentangan
  • Bahasa yang digunakan harus sopan , bersahabat, jelas dan mudah dipahami oleh tamu undangan.

Persiapan Sebelum Berpidato

  • Mengetahui tema acara yang sedang berlangsung
  • Mengetahui berapa lama durasi waktu pidato
  • Menyusun kata-kata untuk mudah dipahami para pendengar

Kumpulan Contoh Pidato

Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba
Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Bapak/Ibu yang saya hormati,
Hadirin yang berbahagia.

Bismillahirahmanirrahim,

Dikesempatan malam ini , marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah.SWT atas segala nikmat dan rahmat yang telah dilimpahkan kepada kita semua berupa kesehatan .Dan kita semua dapat berkumpul di malam ini .

Pada malam ini saya ingin menyampaikan sedikit tentang bahayanya menggunakan narkoba.
Mengkonsumsi narkoba adalah perbuatan yang tidak disukai oleh Allah dan sangat lah melanggar hukum negara kita .

Hadirin yang saya hormati,

Marilah kita bersama untuk menghindari narkoba , apabila sekili kita terjebak dalam narkoba, maka sulitlah kita untuk menghindarinya . Dan banyak dampak buruk yang akan ditimbulkan dri pengguna narkoba , seperticontoh kejahatan moral dan pelecehan seksual .

Maka sebagai putra putri bangsa , ayo kita melai dari dini untuk tidak mengkonsumsi narkoba . Agar kita dapat merai masa depan cemerlang dan dapat berguna bagi nusa dan bangsa kelak .

Mungkin hanya itu pidato yang dapat saya sampaikan, apabila dalam penyampaian saya terdapat tutur kata yang tidak berkenan dihati anda semua saya mohon maaf dan kepada allah saya memohon ampunan .

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan
Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Bapak/Ibu yang saya hormati,
Hadirin yang berbahagia.

Bismillahirahmanirrahim,

Pertama tama marilah kita panjatkan puji bersyukur kepada Allah SWT Dengan segala nikmat yang telah diberikan kepada kita sehingga pada kesempatan pagi ini kita dapat hadir dalam memenuhi acara peringatan hari pendidikan nasional.

Tak luput Sholawat dan salam kita haturkan kepada Nabi besar Muhammad.SAW , semoga kita semua selalu diberi syafaat Beliau . Amiin.

Hadirin yang berbahagia.

Didalam mencari ilmu,jangan lah kita merasa sombong dengan apa yang telah kita pelajar. Karna bahwasannya ilmu yang kita miliki hanyalah milik allal semata. Dan kita sebagai manusia hanya dititipkan sebagian ilmu pengetahuan . tanpa kekuatan-Nya apalah daya kita sebagai manusia biasa. Maka janganlah kita merasa sombong dengan apa yang kita punya saat ini.

Teruslah kita sebagai manusia menimba ilmu setinggi mungkin , dan selalu mengharapkan keridhaan Allah.SWT . Apabila telah mendapatkan ilmu , janganlah lupa untuk mengamalkan nya di jalan yang benar .
karna ilmu yang kita miliki tanpa amal perbuatan , sia sialah ilmu tersebut .


Untuk itu, marilah kita semua berlomba-lomba dalam menuntut ilmu sampai akhir hayat kita demi masa depan kita, anak cucu kita dan generasi penerus kita.
Sehingga bagi orang yang menimba ilmu allah, meskipun hanya duduk sebentar saja dalam suatu majejelis ilmu . Maka Allah sangatlah menyukainya

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan , mudah-mudahan Bermanfaat dan di ridha’i Allah. Apabila terdapat tuturkata yang salah saya mohon maaf .

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Demikianlah pembahasan tentang bagaiman cara membuat pidato yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah imu pengetahuan bagi para pembaca. Terima kasih!

Baca juga : Contoh Pidato Perpisahaan Kelas 6