Cara Membuat Cerpen

Posted on

Cara Membuat Cerpen – Dalam membuat cerpen itu ternyata tidak semudah yang kita bayangkan selama ini. Sebab, membuat cerpen itu membutuhkan sebuah teknik menulis yang baik.

Seseorang yang ingin membuat cerpen harus memiliki kemampuan menulis dengan kreatif. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan dan langkah-langkah untuk membuat cerpen yang baik dan benar untuk para pemula.

Cara Membuat Cerpen

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menulis Short Story

Sebelum kita menuju ketahap penulisan cerpen, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menulis cerpen tersebut, yaitu seperti :

1. Ide (Gagasan Pokok/Tema)

Didalam langkah ini mengatakan bahwa kalian harus sudah mempunyai ide atau tema yang nantinya digunakan untuk menulis dan mengembangkan sebuah cerita pendek.

Namun, apabila kalian masih mencari Ide atau Tema yang akan digunakan, maka hal ini akan menyulitkan kalian untuk dapat menyelesaikan cerpen tersebut dalam waktu singkat.

Baca Juga : Cerpen Cinta

2. Perangkat Untuk Menulis

Langkah yang selanjutnya adalah peralatan yang akan digunakan untuk menulis. Sebab peralatan ini akan sangat berpengaruh didalam kesiapan kalian untuk menciptakan sebuah karya tulis yang indah.

Terdapat beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk menulis sebuah karya tulis, seperti : Buku catatan, alat tulis dan lain sebagainya.

Cara Membuat Cerpen

Seperti yang sudah saya katakan diawal, bahwa untuk membuat sebuah cerpen yang baik dan benar itu gampang-gampang susah, maka dari itu kalian perlu memperhatikan terlebih dahulu beberapa langkah dan cara membuat cerpen dibawah ini :

1. Tentukanlah Tema Dari Short Story yang Akan Dibahas

Sebelum kalian mulai menulis sebuah cerpen, pastikan terlebih dahulu Ide atau Tema apa yang akan kalian bahas untuk menjadi sebuah cerpen. Untuk membuat sebuah cerpen yang baik dan benar kalian perlu menyiapkan sebuah tema yang sudah matang.

Hal ini lah yang akan memudahkan kalian untuk membuat sebuah cerpen apabila telah mengetahui seluk beluk tema yang disiapkan. Namun, apabila kalian mengambil sebuah tema yang belum dipahami, kemungkinan besar kalian akan kebingungan untuk membuat sebuah cerpen.

Baca Juga : Cerpen Lucu

2. Tentukanlah Tokoh Dan Juga Karakter Yang Akan digunakan Dalam Short Story

Setelah kalian menentukan tema, tahap yang selanjutnya adalah menentukan tokoh dan juga karakter yang akan digunakan untuk mengembangkan cerpen tersebut.

Pada tahap ini kalian harus memikirkan tentang peran protagonis dan juga antagonis didalam cerita kalian. Kemudian gambarkan setiap tokoh tersebut secara detail, sehingga kalian akan lebih mudah untuk menulis peran dan juga alur ceritanya.

Penentuan tokoh dan juga karakter ini merupakan salah satu langkah yang harus dibuat secara matang agar tidak terjadi banyak perubahan alur cerita nantinya.

3. Tentukanlah Alur Cerita Dari Short Story Kalian

Setelah itu kalian dapat menentukan jalannya cerita pendek tersebut, seperti ditemukannya masalah yang terjadi antara tokoh protagonis dan juga tokoh antagonis. Hal ini dimulai dari permulaan masalah hingga ke puncak permasalahnya.

Langkah yang selanjutnya, kalian harus memikirkan cerita tentang bagaimana sang tokoh protagonis untuk berjuang pada klimaksnya. Di sini kalian harus benar-benar memiliki klimaks yang sempurna sehingga cerpen yang dibuat akan memiliki alur yang tepat dan pas.

4. Tahap Pengeditan Dan Juga Penyempurnaan Short Story

Setelah cerpen tersebut selesai kalian buat, maka tahap yang selanjutnya adalah proses editing dan juga penyempurnaan cerpen tersebut.

Yaitu, dengan cara membaca ulang cerita yang kalian buat secara menyeluruh untuk mengetahui apakah cerpen yang kalian tulis sudah sempurna atau tidak.

Pada tahap ini sangat penting untuk dilakukan sebab, dapat mengurangi resiko terjadinya kesalahan baik itu dari segi tulisan atau gaya bahasa. Bahkan pada tahap ini juga dapat digunakan untuk menambah bagian dari cerita tersebut apabila dianggap perlu.

Baca Juga : Contoh Cerpen

Apa yang dimaksud dengan Cerpen?

Cerita pendek atau cerpen termasuk kedalam salah satu jenis dari sebuah karya sastra yang berbentuk prosa naratif fiktif, dimana isi dari cerita ini menceritakan sebuah kisah dari seorang tokoh.

Umumnya sebuah cerita pendek yang kurang dari 1.000 kata tergolong pada genre?

Cerpen yang memiliki jumlah kata kurang dari 1.000 kata termasuk kedalam jenis fiksi kilat (flash fiction).

Apa tujuan dari tahapan Editing didalam sebuah cerpen?

Tujuan dari adanya tahapan editing adalah meminimalisir kesalahan yang terjadi didalam proses pembuatan cerpen tersebut.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga membantu dan menambah wawasan baru bagi para pembaca, terutama bagi pemula yang ingin menulis sebuah cerpen.