Cara Memasarkan Produk

Posted on

Cara Memasarkan Produk – Mendirikan sebuah perusahaan dengan menjual produk-produk manufaktur masih menjadi daya tarik tersendiri di hati masyarakat.

Sebab, bisnis ini tidak harus mempunyai kantor dan waktu yang dibutuhkan juga terbatas. Hanya dengan menggunakan kreativitas dan inovasi, maka Anda sudah bisa membuka tempat bisnis di rumah.

Namun, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara memasarkan produk sendiri yang baik dan benar. Untuk itu, yuk kita simak penjabarannya dibawah ini.

Cara Memasarkan Produk

1. Memasang Banner dan juga Brosur

Pemasangan spanduk dan brosur adalah bagian dari strategi pemasaran lama. Tetapi, tahukah Anda, bahwa biaya pencetakan brosur dan spanduk tidak setinggi biaya iklan di atas kertas atau secara elektronik? Jadi tidak ada salahnya kan jika Anda menggunakan metode ini.

2. Menciptakan Produk-Produk yang Berkualitas

Menciptakan produk yang berkualitas sesuai dengan target pasar adalah salah satu metode pemasaran yang baik untuk memulai bisnis, apapun itu jenis bisnisnya.

Kualitas yang dimaksudkan di sini adalah dari bahan baku, melalui dari proses pembuatan hingga ke pembuatan suatu produk.

Ketika Anda membuat produk yang berkualitas, maka tanpa Anda sadari bahwa Anda telah mendukung proses pemasaran itu sendiri. Alasannya, karena semua orang lebih suka produk yang berkualitas dibandingkan dengan produk palsu.

3. Menawarkan Produk Secara Gratis

Metode ini sering dianggap sebagai cara yang sangat efektif untuk menarik perhatian para konsumennya, karena sangat sulit untuk membiarkan sesuatu yang gratis.

Strategi ini juga dianggap perlu karena seorang konsumen sering kali tidak pernah membeli produk yang Anda tawarkan, karena mereka belum pernah mencobanya.

Baca Juga : Rumus NPV (Net Present Value) dan Contoh Soalnya

4. Memberikan Kemasan Produk Semenarik Mungkin

Jika diingat-ingat, maka ada pepatah yang mengatakan bahwa “Jangan menilai apa pun dari kulit luarnya saja”. Namun, hal ini berbeda dari strategi pemasaran produk, karena kita harus memperhitungkan semua aspek, termasuk pengemasan produk yang dijual.

Kemasan produk yang menarik tidak hanya terlihat dari penampilannya saja. Namun, harus ada sesuatu yang mudah diingat oleh para konsumen.

5. Memasarkan Produk Dengan Social Media

Dengan adanya media sosial, maka suatu perusahaan dapat membangun hubungan interaksi yang luas dengan berbagai kelompok, dengan biaya rendah dan tentu saja dengan visibilitas tinggi.

Berkat adanya media sosial, suatu perusahaan dapat memilih komunitas yang tepat untuk memasarkan produknya, sehingga produk yang mereka tawarkan memiliki peluang besar untuk dijual.

6. Menentukan Target Pasar

Mengidentifikasikan target pasar merupakan hal yang sangat penting, karena itu dapat membantu Anda untuk menentukan target yang tepat untuk maju kelangkah yang selanjutnya.

Target pasar ini dapat ditentukan dengan cara mengklasifikasikan target pasar. Klasifikasikan target pasar kedalam kelompok yang berbeda, misalnya kedalam kelompok anak-anak, remaja serta ibu-ibu.

7. Mengembangkan model keanggotaan (Membership)

Model keanggotaan atau asosiasi adalah cara yang cukup efektif untuk memasarkan produk secara sederhana yang dapat mempertahankan para konsumen.

Membership ini dapat diperoleh dengan cara membuat kartu keanggotaan untuk para pelanggan atau melalui penawaran khusus dengan prioritas loyalitas.

Baca Juga : Time Value Of Money Adalah

8. Memasarkan Produk Dengan Manfaatkan Tenaga Pelanggan

Metode ini adalah strategi yang memungkinkan Anda untuk menawarkan sistem bagi hasil untuk pelanggan yang bersedia untuk membantu mempromosikan produk-produk Anda ke konsumen lainnya.

Jika Anda yakin, maka Anda dapat membuat sebuah model bisnis MLM atau menawarkan komisi jika pelanggan Anda berhasil untuk memasarkan produk kepada orang lain.

9. Memberikan Pelayanan yang Sangat Maksimal

Berikan layanan secara maksimal dan juga ekstra karena hal tersebut sangat disukai oleh para pelanggan anda. Apabila anda menyediakan layanan seperti itu, bukan hal yang tidak mungkin jika penjulan produk anda semakin meningkatk.

Namun sebaliknya, bukan hal yang tidak mungkin bahwa pelanggan Anda akan cepat berubah pikiran dan meninggalkan produk Anda jika layanan yang ditawarkan standar, atau bahkan sangat buruk.

10. Memasang Iklan Produk Di Sosial Media

Banyak produk yang laku terjual hanya dengan melihat foto di situs web atau di jejaring sosial saja. Metode ini juga merupakan salah satu metode yang minim biaya atau terbilang gratis.

Karena Anda hanya perlu menggunakan Internet atau Kuota Internet yang anda miliki. Metode ini juga menjadi salah satu teknik pemasaran yang paling cocok dan sesuai dengan perkembangan di era digital seperti sekarang ini.

Baca Juga : Matriks BCG

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Pemasaran?

Pemasaran adalah keseluruhan sistem dari kegiatan komersial yang bertujuan untuk merencanakan, mengevaluasi, mempromosikan, dan juga mendistribusikan barang yang dihasilkan.

Apa tujuan dari Pemasaran?

Tujuan dari adanya pemasaran adalah untuk memperkenalkan dan juga memahami para pelanggannya sehingga produk yang dijual akan memenuhi kebutuhan dari pelanggan dan produk tersebut dapat terjual dengan sendirinya.

Apa yang dimaksud dengan Strategi Pemasaran?

Strategi pemasaran merupakan alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan cara mengembangkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan di seluruh pasar yang masuk dan juga program pemasaran yang melayani target pasar tersebut.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini mengenai Cara Memasarkan Produk, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.