Cara Melihat NUPTK

Posted on

Bagi yang ingin cek status nuptk atau melihat nuptk yang lupa dan yang sudah terdaftar berikut tutorial cara melihat nuptk online terbaru 2020

NUPTK atau Nomor Unik Pendidik serta Tenaga Kependidikan merupakan salah satu identitas ataupun Nomor Induk dari seseorang PTK.

NUPTK yang diberikan pada PTK PNS serta No-PNS yang dimana memenuhi syarat yang sudah dikeluarkan oleh seorang Dirjen GTK.

NUPTK merupakan sebagai sebuah nomor identifikasi di dalam berbagai kegiatan ataupun program yang terdapat kaitannya soal Pendidikan sebagai suatu upaya yang bisa meningkatkan mutu pendidikan pada negara Indonesia.

NUPTK itu sendiri terdiri atas 16 digit dengan angka yang unik. Nomor itu tidak bisa berubah meskipun PTK yang mempunyai perpindahan tempat tugas.

Terkadang terdapat juga PTK yang sudash lupa dengan nomer NUPTK nya dengan berbagai macam alasan.

Tapi itu tak menjadi masalah, dikarenakan PTK yang sudah lupa dengan NUPTK nya dapat melihat NUPTK yang berdasarkan dengan nama pemilik, bagaimanakah caranya ?

Tapi sebelum kita kecara-caranya sebaiknya kita membahas terlebih dahulu bagaimanakah cara mengajukan NUPTK dan berikut adalah cara pengajuannya.

Daftar Isi :

Tahapan Untuk Mengajukan NUPTK

daftar nuptk

Agar kita bisa memperoleh NUPTK yang harus pastikan data GTKnya yang akan diinput oleh orang operator sekolah haruslah lengkap, benar dan juga valid.

Ini berpengaruh agar proses penerbitan nomer NUPTK untuk para GTK yang sudah memenuhi persyaratan dan juga ketentuan Persesjen dari Kemdikbud No.1 Tahun 2018.

Dalam proses pengajuan suatu NUPTK, operator sekolah tak akan lagi mengajukan NUPTK bagi setiap GTKnya.

Operator sekolah hanya melihat saja daftar Calon yang akan Penerima NUPTK melalui sebuah aplikasi yaitu VervalGTK.

Selanjutnya operator sekolah akan melampirkan sebuah scan dokumen yang asli atau stempel basah yang sudah menjadi persyaratan untuk penerbitan sebuah NUPTK.

Persyaratan yang akan dikirim oleh seorang operator sekolah akan diverifikasi Dinas Pendidikan Kabupaten ataupun Kota atau juga Ditjend GTK.

Sesudah lolos dan di verifikasi dokumen persyaratannya, maka PDSPK akan menerbitkan NUPTK. Operator sekolah bisa melihat sejauh manakah proses pengajuan nomer NUPTK yang melalui apk VervalGTK pada status pengajuan.

Berikut ini merupakan cara Pengajuan NUPTK Baru secara Online:

  • Pertama lakukan login pada portal layanan Verval PTK yakni dengan masuk kedalam website http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id.
  • Kemudian masukkan username dan juga password yang di pakai di saat mendaftarkan akun.
  • Sesudah login, silakan menuju ke NUPTK lalu klik Calon penerima NUTPK kemudian pilih nama guru dan selanjutnya pilihlah tombol upload dokumen.
  • Dokumen yang wajib diunggah yaitu : SK GTT Sekolah Negeri, Scan KTP, SK GTY Sekolah Swasta, scan Ijazah dari SD, SMP, SMA/SMK dan juga ijazah S1 ataupun D4, kemudian scanlah SK CPNS/PNS beserta surat Penugasan Dinas SMPT untuk guru yang berstatus PNS atau CPNS.
  • Apabila semua persyaratannya telah terpenuhi, maka lakukanlah pengajuan NUPTK dengan cara menekan tombol untuk Upload Dokumen.
  • Dan Selesai deh cara pengajuan NUPTK.

Nah, untuk proses yang selanjutnya hanya bisa memantau program untuk pengajuan NUPTK di layanan VervalPTK itu. Caranya yaitu cukup untuk mengecek di dalam menu status pengajuan NUPTK.

Apabila Sesudah usulan dikirim, maka untuk proses persetujuan terdapat di admin dinas setempat. Apabila dinyatakan sudah lulus verifikasi data maka selanjutnya akan menuju ke pusat dan pusat akan menghitung rasio kebutuhan guru di daerah setempat.

Setelah kita mengetui cara pengajuannya, maka di bawah ini akan kami berikan bagaimana cara untuk melihat NUPTK secara online.

Cara Melihat NUPTK

Berikut tutorial cara untuk mengecek status NUPTK bagi Tenaga Kependidikan baik itu seorang guru ataupun GTK yang masih kebingungan dalam cara untuk mengecek status NUPTK yang sudah aktif dan jug sudah terdaftar pada kemdikbud ataukah belum bisa dilakukan menggunakan HP android ataupun melaui laptop dan juga komputer dan yang terpenting terkoneksi dengan jaringan internet.

Apabila sudah tersambung ke internet, maka langsung saja kita kelangkah-langkanya di bawah ini.

cek nuptk
  • Setelah masuk maka akan muncul menu Search.
cetak kartu nuptk
  • Setelah itu kalian ketikkan saja No NUPTK kamu yang di dapat dari vervalptk kemudian tekan enter atau search
  • Apabila kalian sudah terdaftar maka apabila kalian klik enter atau search maka akan muncul data-data kalian
padamu negeri nuptk

Cukup mudah bukan cara mengeceknya apabila tidak keluar data kalian maka permasalahannya data kalian belum terverifikasi atau kalian salah memasukkan nomer NUPTK nya, dan itulah mungkin pembahasan kita tentang Cara Melihat NUPTK terimakasih sudah simak artikel ini sampai akhir.

Baca Juga Lainnya :

5/5 - (1 vote)
Related posts: