Cara Login PTK

Posted on

Hallo sobat pembaca semuanya kembali lagi dengan kami disni, kali ini kami akan membahas bagaimana cara Login Ptk, untuk kalian yang belum tahu bagaimana cara loin PTK maka kalian bisa simak artikel di bawah ini, kami akan menjelaskan bagaimana login PTK dengan benar di bawah ini untuk kalian.

Apakah kalian sudah tahu apa yang dimaksud dengan Ptk? tentu saja sebagian dari kalian belum ada yang mengetahui apa yang dimaksud dengan Ptk.

Dan untuk kalian yang sudah tahu apa itu Ptk, maka kalian bisa membaca cara login Ptk di dalam artikel ini, Namun untuk kalian yang belum mengetahui apa itu Ptk, maka kalian bisa simak pembahasan di bawah ini terlebih dahulu.

Daftar Isi :

Apa itu Ptk Dapodik?

Cara Login Ptk

Account PTK adalah langkah baru yang bisa kalian gunakan untuk cek info tenaga pendidik. Account PTK ini juga bisa kalian pakai untuk mengakses serta untuk merubah data dapodik.

Dapodik merupakan singkatan dari Data Pokok Pendidikan yang mempunyai istilah seperti sistem pendataan skala nasional yang digabungkan, serta sumber data paling utama pendidikan nasional, yaitu bagian insan Indonesia yang cerdas serta kompetitif.

Seperti Permendikbud No 79 Tahun 2015 yaitu tentang Data Pokok Pendidikan dijelaskan bahwasanya definisi Data Pokok Pendidikan yang saat ini sudah disingkat menjadi Dapodik.

Yang merupakan suatu sistem pendataan yang sudah dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan juga Kebudayaan yang mendirikan data peserta didik, satuan pendidikan, pendidik serta tenaga kependidikan, dan juga substansi pendidikan yang datanya diambil dari satuan pendidikan yang saat ini terus menerus diupdate dengan cara online.

Dapodik juga bertujuan untuk mewujudkan basis data yang tunggal hingga bisa diciptakan tata kelola data pendidikan yang terpadu serta menghasilkan data representatif agar bisa memenuhi kebutuhan Kementerian serta pemangku kepentingan yang lainnya.

Tujuan berikutnya yaitu untuk mendukung peningkatan efektif, efisiensi, serta sinergi kegiatan pengumpulan data pokok yang terintegrasi di dalam satu sistem pendataan untuk dipakai oleh Kementerian serta seluruh pemangku kepentingan.

Dari penjelasan definisi serta tujuan Dapodik diatas sudah jelas digambarkan bahwa dengan garis besar Dapodik merupakan sistem untuk mengumpulkan, menyimpan serta mengelola data pendidikan yang dimana salah satu instrument teknisnya yaitu Aplikasi Dapodik 2016.

Jadi Aplikasi Dapodik 2016 merupakan alat yang berguna untuk mengumpulkan data lewat satuan pendidikan yang mencakup entitas data dari satuan pendidikan, pendidik, peserta didik, tenaga kependidikan, dan juga substansi pendidikan.

Maka dari itu aplikasi Dapodik saat ini sudah dirancang dengan sedemikian rupa agar bisa memfasilitasi proses pengumpulan data yaitu dengan mengacu di aturan atau regulasi yang berlaku pada setiap entitas yang didata.

Apalagi entitas data PTK di Aplikasi Dapodik in yang sudah disediakan menu atau fitur untuk memfasilitasi penginputan atribut-atribut data PTK dan juga data transaksionalnya yang menyangkut pembelajaran, tugas tambahan serta lain sebagainya.

Menu serta fitur itu juga di desain dengan mengacu atau mengikuti aturan yang berlaku, jadi aplikasi dapodik ini mengikuti aturan bukan yang membuat aturan.

Untuk entitas data PTK yang menyangkut penghitungan atau pengakuan jumlah jam mengajar (JJM), maka acuan yang dipakai merupakan Permendikbud Nomor 17 Tahun 2016 yaitu Tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi serta Tambahan Penghasilan untuk Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah.

Aplikasi Dapodik ini juga sudah menyediakan report atau keluaran data representasi dari data yang sudah diinputkan di dalam aplikasi, semisal report atau keluaran data PTK maka nantinya akan menampilkan data profil lengkap PTK dengan aktivitas pembelajaran salah satunya jumlah jam mengajar (JJM) beserta tugas tambahannya.

Report atau keluaran data ini juga dimasudkan yaitu untuk membantu satuan pendidikan di dalam melakukan pengecekan serta validasi data yang bertujuan untuk memastikan bahwa data yang sudah diinputkan ke Aplikasi Dapodik tersebut benar benar valid sehingga bisa memperlancar proses transaksi yang nantinya akan memakai data-data itu untuk basis olahannya.

Jadi data report atau keluaran dari Aplikasi Dapodik itu bersifat raw atau bisa disebut data data mentah, yang apabila dipakai untuk dasar transaksi misalnya terkait transaksi tunjangan serta sertifikasi PTK di Diten GTK maka nantinya akan kembali divalidasi, diolah serta difilter dengan kebijakan dan juga regulasi yang relefan serta berlaku untuk transaksi itu.

Dan jika di Aplikasi Dapodik ditemukan menu, fitur, serta prosedur yang tidak sesuai regulasi yang saat ini berlaku, maka itu akan terus dilakukan penyesuian serta perbaikan dengan terus menerus mengikuti perubahan serta perkembangan regulasinya.

Nah itu dia penjelasan mengenai Ptk Dapodik dan sekarang mari kita langsung ke pembahasan utamanya yaitu bagaimana Cara Login Ptk, saat ini memang sering terjadi kesalahan di saat kita akan login ke Ptk dapodik.

Kebanyakan orang yang belum mengetahui cara loginnya tetapi dia mencoba untuk login, maka dari itu banyak sekali orang orang yang menemukan masalah disaat login, agar tidak menemukan masalah tersebut maka kalian bisa memahami dahulu bagaimana tata cara untuk login ke Ptk Dapodik tersebut.

Cara Login Ptk Dapodik

  • Langkah pertama yang bisa kalian lakukan yaitu menyiapkan laptop, jika sudah maka kemudian kalian bisa membuka google chrome atau yang lainnya untuk mengunjungi situs web dapodikdasmen.
google
  • Kemudian kalian klik situs web yang berada di paling atas seperti gambar di bawah ini.
dapodikdasmen
  • Jika kalian sudah masuk ke situs web-nya, maka kalian bisa klik login yang berada di sudut kanan atas, jika sudah maka kalian pilih Individual GTK seperti gambar yang sudah kami perlihatkan di bawah.
login
  • Jika sudah maka kalian klik login menggunakan sso seperti gambar yang ada di bawah ini.
sso
  • Kemudian kalian harus memasukan email serta pasword yang sudah kalian verifikasi, jika sudah maka kalian bisa klik masuk, maka nanti akan ada bacaan autentikasi berhasil seperti gambar di bawah ini.
berhasil

Jika sudah muncul bacaan seperti diatas maka login kalian sudah berhasil.

Dan di bawah ini kami juga akan menjelaskan mengenai cara membuat akun Ptk, Jika kalian ingin membuat akun, maka kalian bisa membaca artikel di bawah ini.

Cara Membuat Akun PTK

  • Langkah pertama yang bisa kalian lakukan yaitu login ke Aplikasi Dapodik 2020.b memakai akun dapodik lalu pastikan bahwa PTK itu mempunyai Email yang terentri di data diri PTK.
sd
  • Yang betujuan untuk memastikan email terentri, kalian juga bisa memlih menu GTK > sub tab Menu Guru > Pilih Nama Guru > Klik Menu Ubah > cek data pribadi > data kontak. Jika tidak ada email pada PTK itu, maka kalian bisa meminta email aktif dari PTK yang berkaitan.
ptk dapodik
  • Setelah itu maka kalian bisa logout dari aplikasi dapodik dan selanjutnya login kembali memakai email serta password yang sudah didaftarkan. Berikut ini merupakan contoh dashboard dari aplikasi dapodik 2020.b dengan memakai akun PTK.

Demikianlah teman teman semuanya pembahasan kami mengenai Cara Login Ptk semoga kalian bisa terbantu dengan artikel yang kami buat ini.

Baca Juga :



Related posts: