Candi Peninggalan Kerajaan Singasari

Posted on

Candi Peninggalan Kerajaan Singasari – Singasari termasuk sebagai salah satu dari Kerajaan besar yang berdiri di Pulau Jawa. Bahkan tidak hanya di Pulau Jawa saja, tetapi Singasari juga menyandang sebagai Kerajaan terbesar di kawasan Nusantara di masa kejayaannya.

Candi Peninggalan Kerajaan Singasari

Sejarah dari Kerajaan Singasari ini menyatakan bahwa Singasari adalah kerajaan yang memiliki daerah kekuasaan sangat luas. Bahkan keinginan Kertanegara, raja pemerintahan Singasari, yang berhasil dicapai, adalah mengendalikan seluruh Nusantara di bawah pemerintahan Singasari.

Jika melihat betapa besar dan juga hebatnya pemerintahan Singasari ini, tentunya Kerajaan tersebut memiliki banyak bukti sejarah atau peninggalan yang berbagai macam dan salah satunya adalah Bangunan Candi.

Kehidupan Politik Kerajaan Singasari

Upaya politik Raja Kertanegara dapat dilihat dalam berbagai praktik politik di negara ini dan juga dalam kebijakan luar negeri. Berikut merupakan usaha politik yang dilakukan, yaitu :

1. Politik Dalam Negeri

Berikut ini merupakan beberapa usaha politik yang dilaksanakan di dalam negeri, yaitu antara lain seperti :

  1. Diterapkannya pergantian para pembantu Raja, seperti Mahapatih Raganata yang digantikan oleh Aragani, dan masih banyak lagi.
  2. Selalu bagus dengan lawan politiknya.
  3. Mencoba lebih memperkuat pasukannya.

2. Politik Luar Negeri

Berikut ini merupakan beberapa usaha politik yang dilaksanakan di luar negeri, yaitu antara lain seperti :

  1. Melaksanakan ekspedisi Pamalayu untuk mengendalikan kerajaan Melayu dan menggulingkan kerajaan Sriwijaya di Selat Malaka.
  2. Mencoba menaklukkan wilayah Bali.
  3. Selalu berupaya untuk menguasai wilayah Jawa Barat.
  4. Berupaya untuk menduduki Selat Malaka dan juga Kalimantan.

Kehidupan Ekonomi Kerajaan Singasari

Meskipun tidak banyak sumber sejarah yang mengungkapkan kehidupan ekonomi yang dijalani oleh masyarakat Singasari, namun terdapat pendapat bahwa kehidupan dari rakyat Singasari didukung dengan kegiatan pertanian.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa Singasari berdiri di wilayah yang memiliki tanah sangat subur yaitu berada di sekitaran sungai Brantas serta Bengawan Solo. Kedua sungai tersebutlah yang dijadikan sebagai jalur perdagangan dan juga pelayaran.

Kehidupan Sosial Budaya Kerajaan Majapahit

Menurut buku-buku yang ada seperti Kitab Pararaton dan juga Negarakertagama, kehidupan sosial dari penduduk Singasari mencakup suasana yang aman serta damai. Selain itu, kehidupan beragama mereka juga telah berkembang sejak zaman Ken Arok.

Ini karena di Kerajaan Singasari, aliran Tantrayana (Buddha Siwa) dikembangkan dengan kitab suci tantra. Ajaran agama ini berkembang dari pemerintahan Wisnuwardhana hingga ke Kartanegara. Bahkan, ketika Jayakatwang menyerang Singasari, upacara tantrayana diadakan dengan Mahamantri bersama para imam.

Baca Juga :
Peninggalan Kerajaan Singasari
Kerajaan Singosari
Peninggalan Hindu Budha

Candi Peninggalan Kerajaan Singasari

Di bawah ini adalah beberapa bangunan candi yang menjadi peninggalan dari Kerajaan Majapahit, yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Candi Singosari

Candi Peninggalan Kerajaan Singasari

Candi Singasari menjadi sumber sejarah bagi Kerajaan Singosari letaknya berada di pusat dari kerajaan Singasari sendiri atau lebih tepatnya terletak diantara gunung Tengger serta Gunung Arjuna. Hal tersebut tentunya telah dijelaskan pada kitab Negarakertagama.

Buku itu menyatakan bahwa candi Singasari menjadi kediaman terakhir dari Raja Kertanegara sekaligus sebagai raja terakhir dari pemerintahan Singasari kala itu. Penjelasan diatas juga terkandung di dalam prasasti Gajah Mada pada tahun 1351 M.

2. Candi Jago

Candi Jago merupakan situs bersejarah dari Kerajaan Singasari yang struktur dari bangunannya mirip dengan susunan teras dari punden berundak. Berdasarkan bentuk arsitektur ini, bagian atas kuil Jago hanya menyisakan setengahnya.

Dari penjelasan di atas jelas bahwa candi ini telah tersambar petir dalam sejarah. Batu dari mana seluruh bangunan yang terkandung dalam candi dibangun adalah sejenis batu Andesit.

Pembangunan candi Jago ini dikatakan sebagai bentuk penghormatan untuk kematian ayah dari Raja Kertanegara, atau Raja Wisnuwardhana.

3. Candi Jawi

Candi Jawi merupakan situs bersejarah dari Kerajaan Singasari yang didirikan di abad ke-13 M, bangunan ini mempunyai nama asli yaitu Jajawa.

Letak dari candi ini cukup jauh dari pusat pemerintahan Singasari, atau lebih tepatnya ada di tengah-tengah jalan raya Pandaan-Prigen serta Pringebukan, yaitu di Desa Candi Wates.

Banyak penduduk yang mengira bahwa bangunan ini dipakai sebagai tempat untuk pemujaan bagi para umat Buddha. Namun sebenarnya, candi ini dipakai sebagai tempat guna menyimpan abu jenazah dari Raja Kertanegara.

4. Candi Kidal

Candi Kidal merupakan situs bersejarah dari Kerajaan Singasari yang jaraknya sekitar 11 km dari lokasi Candi Jago atau lebih tepatnya berada di Desa Kendalrejo, Tumpang, Malang. Bangunan dari Candi ini didirikan sekitar tahun 1260 M.

Pembentukan candi ini sebagai tempat kehormatan bagi raja Singasari kedua, yaitu Raja Anusapati, yang membuat Singasari mencapai puncak kejayaan dan juga aman selama beliau memerintah.

5. Candi Songgoriti

Bangunan Candi Songgoriti ini memiliki nama asli yaitu Candi Supo dimana nama ini diambil dari orang yang mendirikannya yaitu Mpu Supo atas perintah dari Raja Sindok sebagai tempat singgah dari para keluarga besar Raja di pegunungan dekat dengan sumber mata air.

Candi ini terletak diantara lereng Gunung Arjuna sebelah selatan dengan lereng Gunung Kawi sebelah utara atau lebih tepatnya berada di desa Songgokerto, Kota Batu.

F.A.Q

Prasasti dari Kerajaan Singasari meliputi?

1. Malurung
2. Manjushri
3. Prasasti Singasari
6. Prasasti Wurare

Apa saja Kitab peninggalan Kerajaan Singasari beserta isinya?

1. Kitab Pararaton yaitu kitab yang didalamnya menjelaskan raja-raja yang pernah memerintah kerajaan Singasari.
2. Kitab Negarakertagama yaitu kitab yang didalamnya menjelaskan mengenai silsilah dari raja-raja Kerajaan Singasari.

Kerajaan Singasari memiliki keunikan tersendiri yaitu?

Keunikan yang dimiliki oleh Kerajaan Singasari adalah dimana Kerajaan ini mengembangkan agama dan juga kebudayaan Budha Siwa.

Sekian ulasan singkat dari informasi yang ada diatas, semoga bermanfaat dan membantu kalian untuk mempelajarinya.