Cabang Cabang Biologi (Pengertian dan Penjelasan)

Posted on

Cabang Cabang Biologi (Pengertian dan Penjelasan) – Biologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang seluruh mahluk hidup. Kajiannya sangat luas dari sebuah tingkatan molekul sampai biosfer. Bidang kajian biologi mencakup sangat luas sehingga para ilmuwan mempunyai spesifikasi tersendiri untuk mempelajari biologi secara parsial dalam memperoleh detail pengetahuan lebih luas. Biologi pada kajian tersibuk diantara semua sains membuat ilmu biologi ini mempunyai cabang tersendiri untuk dapat mempelajarinya.

Cabang Cabang Biologi
Cabang Cabang Biologi

Pada cakupannya yang sangat luas tersebut, maka dari itu cabang ilmu biologi dan penjelasannya dikelompokkan berdasarkan beberapa hal seperti dibawah ini :

  • Cabang-cabang ilmu biologi berdasarkan objek, contohnya: entomologi, ornitologi, mikologi, dan lain sebagainya.
  • Cabang-cabang ilmu biologi berdasarkan tema permasalahan, contohnya: morfologi, fisiologi, genetika, taksonomi, ekologi, dan lain sebagainya.
  • Cabang-cabang ilmu biologi berdasarkan tingkat organisasi kehidupan, contohnya: sitologi, histologi, organologi, dan lain sebagainya.
  • Cabang-cabang ilmu biologi berdasarkan pada pengembangan kombinasi diantara objek, tema permasalahan, dan juga tingkat organisasi kehidupan, contohnya: morfologi tumbuhan, anatomi manusia, fisiologi hewan, dan lain sebagainya.

Berikut ini macam-macam cabang cabang biologi lainnya yang akan dijelaskan secara lengkap sebagai berikut :

Cabang Cabang Biologi Dan Penjelasan

1. Aerobiologi

Pengertian aerobiologi adalah sebuah ilmu biologi yang mempelajari mengenai partikel organik yang bisa diangkut oleh udara.

2. Agroforestri

Pengertian agroforestri adalah sebuah cabang biologi yang mempelajari bentuk pengelolaan sumber daya yang menggabungkan sebuah kegiatan pada pengelolaan hutan

3. Agronomi

Pengertian agronomi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai tanaman budidaya.

4. Algologi

Pengertian algologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai alga.

5. Anatomi

Pengertian anatomi adalah cabang biologi yang sering mempelajari terhadap bagian-bagian tubuh.

6. Anatomi perbandingan

Pengertian anatomi perbandingan adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai persamaan dan perbedaan anatomi pada makhluk hidup.

7. Andrologi

Pengertian andrologi adalah sebuah cabang biologi yang mempelajari mengenai macam hormon dan kelainan pada reproduksi (Alat Vital) pria.

8. Anestesiologi

Pengertian anestesiologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai penggunaan anestesi.

9. Angiologi

Pengertian angiologi adalah sebuah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai penyakit pada sistem peredaran darah.

10. Antropodologi

Pengertian antropodologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai hewan antropoda.

11. Antropologi biologi

Pengertian antropologi biologi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai penelitian biologi dan budaya pada keanekaragaman manusia, perilaku, sejarah, evolusi manusia dan juga perbandingan anatomi.

12. Apiologi

Pengertian apiologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai lebah dan budidaya dan termasuk budidaya lebah.

13. Arachnologi

Pengertian arachnologi adalah ilmu biologi yang khusus mempelajari mengenai spesies hewan laba-laba.

14. Artrologi

Pengertian artrologi adalah sebuah ilmu biologi yang mempelajari mengenai sendi atau penyakit pada sendi.

15. Astrobiologi

Pengertian astrobiologi adalah salah satu  ilmu biologi yang mempelajari tentang evolusi, distribusi dan masa depan kehidupan di masa depan mendatang.

16. Batrakologi

Pengertian bartrakologi adalah sebuah ilmu biologi yang mempelajari mengenai amphibian.

17. Bakteriologi

Pengertian bakteriologi adalah ilmu biologi yang khusus mempelajari mengenai bakteri dan juga strukturnya.

18. Biofarmaka

Pengertian biofarmaka adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai budidaya tanaman obat.

19. Biofisika

Pengertian biofisika adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai aplikasi aneka perangkat dan hukum fisika dalam menjelaskan fenomena hayati ataupun biologi.

20. Biogenering

Pengertian biogenering adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari tentang penelitian ilmiah yang memakai prinsip-prinsip biologi dan tekhnik rekayasa untuk bisa menghasilkan produk yang dapat bermanfaat.

21. Biogeografi

Pengertian biogeografi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai keanekaragaman hayati berdasarkan pada ruang dan waktu.

22. Bioinformatika

Pengertian bioinformatika adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai penerapan teknik komputasional yang dipakai untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis.

23. Biokimia

Pengertian biokimia adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai kimia makhluk hidup.

24. Bioklimatologi

Pengertian bioklimatologi adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai pengaruh adanya iklim yang ada di seluruh dunia untuk semua makhluk hidup.

25. Biologi air tawar

Pengertian biologi air tawar adalah sebuah ilmu biologi yang mempelajari tentang kehidupan dan ekosistem habitat air tawar.

26. Biologi evolusioner

Pengertian biologi evolusioner adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai asal usul spesies yang mempunyai nenek moyang sama.

27. Biologi integratif

Pengertian biologi integratif adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai organisme secaya keseluruhan dengan fokus antarmuka pada ilmu biologi dan fisika, kimia, pencitraan, teknik dan ilmu informatika.

28. Biologi kelautan

Pengertian biologi kelautan adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai kehidupan dibawah laut dan ekosistemnya.

29. Biologi konservasi

Pengertian biologi konservasi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai pelestarian, perlindungan dan restorasi lingkunga alam, vegetasi, ekosistem alami, dan juga satwa liar.

30. Biologi kuantum

Pengertian Biologi kuantum adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai aplikasi mekanika kuantum terhadap objek biologi dan permasalahannya.

31. Biologi lingkungan

Pengertian biologi lingkungan adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai lingkungan dan juga permasalahan beserta solusinya.

32. Biologi molekuler

Pengertian biologi molekuler adalah sebuah ilmu biologi yang mempelajari mengenai kajian biologi dalam tingkat molekul.

33. Biologi pembangunan

Pengertian biologi pembangunan adalah sebuah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai lingkungan hidup pada keruangan.

34. Biologi perkembangan

Pengertian biologi perkembangan adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai proses pertumbuhan dan perkembangan organisme.

35. Biologi populasi

Pengertian biologi populasi adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai populasi organisme terutama pada pengaturan jumlah populasi, sejarah kehidupan dan masa punahnya.

36. Biologi psikologi

Pengertian biologi psikologi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai pengaruh timbal balik antara bidang psikologis dan biologi dengan satu sama lain.

37. Biologi reproduksi

Pengertian biologi reproduksi adalah sebuah ilmu biologi yang khusus mempelajari mengenai perkembangbiakan.

38. Biologi sintesis

Pengertian biologi sintesis adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai penggabungan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mempelajari desain dan konstruksi fungsi biologi baru dan sistem yang tidak dapat lagi ditemukan di alam.

39. Biomatematika

Pengertian biomatematika adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari tentang penelitian kuantitatif pada proses biologis dengan penekanan dan pemodelan.

40. Biomekanika

Pengertian biomekanika adalah sebuah ilmu biologi yang mempelajari tentang penerapan prinsip mekanik dalam sistem biologis.

41. Bionik

Pengertian bionik adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai suatu penerapan metode biologis dan sistem yang ditemukan di alam pada penelitian dan sistem desain rekayasa dan juga teknologi modern.

42. Biostatistika

Pengertian biostatistika adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai penerapan ilmu statistika didalam ilmu biologi.

43. Bioteknologi

Pengertian bioteknologi adalah sebuah ilmu biologi yang mempelajari mengenai pemanfaatan makhluk hidup atau produk makhluk hidup pada proses produksi untuk menghasilkan suatu barang dan jasa.

44. Botani

Pengertian botani adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai tumbuhan.

45. Bryologi

Pengertian bryologi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai bryophyte.

46. Cetologi

Pengertian cetologi adalah sebuah ilmu biolologi yang mempelajari mengenai cetacean.

47. Conchologi

Pengertian conchologi adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai kulit moluska.

48. Dendrokonologi

Pengertian Dendrokonologi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai analisis cincin lingkaran tahunan yang terdapat dalam batang yang mempunyai kambium.

49. Dendrologi

Pengertian dendrologi adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai pohon atau pada tumbuhan berkayu lainnya seperti semak.

50. Dermatologi

Pengertian dermatologi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai kulit dan penyakitnya.

51. Ekofisiologi

Pengertian ekofisiologi adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai adaptasi fisik suatu organisme pada kondisi di lingkungannya.

52. Ekologi

Pengertian ekologi adalah sebuah ilmu biologi yang mempelajari mengenai hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya.

53. Ekologi molekuler

Pengertian ekologi molekuler adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai ekologi dalam tingkat molekul.

54. Embriologi

Pengertian embriologi adalah suatu cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai perkembangan embrio.

55. Endokrinologi

Pengertian endokrinologi adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai hormone.

56. Entomologi

Pengertian entomologi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai serangga.

57. Enzimologi

Pengertian enzimologi adalah sebuah ilmu biologi yang khusus mempelajari mengenai enzim.

58. Epidemiologi

Pengertian epidemiologi adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai penularan penyakit.

59. Epigenetik

Pengertian epigenetik adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai perubahan pada ekspresi gen yang disebabkan oleh mekanisme selain pada perubahan urutan DNA yang mendasarinya.

60. Epizoologi

Pengertian epizoologi adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai penyakit menular yang tedapat pada tubuh hewan.

61. Etnobiologi

Pengertian etnobiologi adalah sebuah ilmu biologi yang mempelajari mengenai hubungan yang dinamis di antara manusia, biota dan lingkungan.

62. Etnobotani

Pengertian etnobotani adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai manusia dengan tumbuhan.

63. Etnozoologi

Pengertian etnozoologi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai hubungan manusia dengan hewan.

64. Etologi

Pengertian etologi adalah sebuah ilmu biologi yang mempelajari mengenai perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme dan faktor dari penyebabnya.

65. Eugenetika

Pengertian eugenetika adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai pewarisan sifat.

66. Evolusi

Pengertian evolusi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai perubahan makhluk hidup yang terjadi pada jangka panjang.

67. Farmakologi

Pengertian farmakologi adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai obat-obatan, interaksi dan efeknya dalam tubuh manusia.

68. Fenologi

Pengertian fenologi adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai pengaurh iklim atau lingkungan sekitar pada penampilan suatu organisme.

69. Fikologi

Pengertian fikologi adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai alga.

70. Filogeni

Pengertian filogeni adalah sebuah ilmu biologi yang mempelajari mengenai hubungan pada kelompok-kelompok organisme yang berkaitan dalam proses evolusi.

71. Fisiologi

Pengertian fisiologi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai fungsi kerja tubuh.

72. Fisioterapi

Pengertian fisioterapi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai pengobatan terhadap penderita yang mengalami kelumpuhan atau gangguan fisik.

73. Fitopatologi

Pengertian fitopatologi adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai penyakit tumbuhan yang diakibatkan oleh serangan patogen atau ketersediaan hara.

74. Florikultura

Pengertian florikultura adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai segala hal tentang tanaman hias.

75. Gastrologi

Pengertian gastrologi adalah sebuah ilmu biologi yang mempelajari mengenai saluran pencernaan yang umum seperti lambung dan usus.

76. Genetika

Pengertian genetika adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai pembahasan transmisi bahan genetik dalam ranah populasi.

77. Genetika ekologi

Pengertian genetika ekologi adalah sebuah biologi yang mempelajari mengenai genetika dan ciri-ciri ekologi.

78. Genetika kuantitatif

Pengertian genetika kuantitatif adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai pewarisan sifat-sifat terukur yang tidak dapat dijelaskan secara langsung dengan hukum pewarisan Mendel.

79. Genetika molekuler

Pengertian genetika molekuler adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai bahan genetik dan ekspresi genetik dalam ranah polusi.

80. Genetika populasi

Pengertian genetika populasi adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai transmisi bahan genetik dalam ranah populasi.

81. Genetika evolusioner

Pengertian genetika evolusioner adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai evolusi dari pewarisan sifat makhluk hidup.

82. Genomika

Pengertian genomika adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai bahan genetik dari organisme virus.

83. Geobiologi

Pengertian geobiologi adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai penggabungan geologi dan biologi untuk mempelajari interaksi organinsme pada lingkungannya.

84. Geriatri

Pengertian geriatri adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai penyakit dari manusia yang sudah mempunyai umur usia lanjut.

85. Gerontologi

Pengertian gerontologi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai berbagia aspek mengenai penuaan melalui psikologis, biologis, ekonomi, sosial, kesehatan dan juga lingkungan.

86. Ginekologi

Pengertian ginekologi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai penyakit-penyakit sistem reproduksi wanita seperti rahim, vagina dan ovarium.

87. Helminthologi

Pengertian helminthologi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai cacing.

88. Hematologi

Pengertian hematologi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai darah, seperti organ pembentuk darah, dan penyakit yang disebabkan.

89. Herbakronologi

Pengertian herbakronologi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai analisis cincin pertumbuhan tahunan pada xylem akan sekuder tanaman herbaceous.

90. Herpetologi

Pengertian herpetologi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai reptilia dan amphibi seperti ular dan kadal.

91. Higiene

Pengertian higiene adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai kesehatan makhluk hidup.

92. Histologi

Pengertian histologi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai jaringan.

93. Histopatologi

Pengertian histopatologi adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai kondisi dan fungsi jaringan beserta hubungannya pada penyakit.

94. Holtikultura

Pengertian holtikultura adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai budidaya dimulai dari proses penanaman sampai menuju masa panen.

95. Holtikultura lanskap

Pengertian holtikultura lanskap adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai pembahasan khusus pemanfaatan tanaman holtikutura.

96. Ikhtiologi

Pengertian ikhtiologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai ikan.

97. Ilmu gulma

Pengertian ilmu gulma adalah sebuah ilmu biologi yang mempelajari mengenai gulma, perilakunya, serta pengendaliannya.

98. Ilmu kedaruratan medis

Pengertian ilmu kedaduratan medis adalah salah satu ilmu biologi yang mempelajari mengenai pertolongan pertama pada sebuah penyakit.

99. Ilmu kedokteran forensik

Pengertian ilmu kedokteran forensik adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai memanfaatkan ilmu kedokteran untuk kepentingan penegakan hukum.

100. Ilmu kedokteran gigi

Pengertian ilmu kedokteran gigi adalah ilmu yang mempelajari mengenai pencegahan dan perawatan penyakit atau kelainan pada gigi dan mulut tanpa melakukan pembedahan.

Berikut penjelasan mengenai cabang cabang biologi beserta pengertiannya secara lengkap, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua setelah membaca artikel ini.

Artikel Terkait :