Bunga Sempurna

Posted on
Bunga Sempurna - Pengertia, Bagian-bagian, Dan Contoh

Bunga Sempurna – Pengertian, Bagian-bagian, Dan Contoh – Bunga adalah sebuah tanaman yang sangat cantik dan banyak disukai oleh kaum wanita. Bagi para pencinta bunga, biasanya mereka memelihara bunga sebagai hiasan dari ruangan atau halaman rumah.

Namun, berdasarkan alat reproduksinya, bunga ini dibagi menjadi dua kelompok, dan salah satunya yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, yaitu Bunga Sempurna beserta Pengertian, Bagian-bagian, Dan Contohnya.

Definisi Bunga Sempurna

Sesuai dengan namanya, Bunga sempurna adalah sebuah bunga yang memiliki dua alat reproduksi yaitu alat kelamin jantan dan betina yang terdapat didalam satu bagian.

Secara umum, perfect flower ini disebut juga sebagai Bunga Hemaprodit, mengapa begitu? Sebab bunga ini memiliki putik dan benang sari yang berada didalam organ yang sama.

Baca Juga : Nama Latin Tumbuhan dan Gambar Lengkap

Sehingga bunga senpurna ini dapat melakukan sebuah proses penyerbukan dan pembuahan sendiri. Apabila bunga tersebut mempunyai semua bagian-bagian utama dari sebuah bunga, maka bunga tersebut dapat dikatakan sebagai bunga lengkap.

Bagian Bagian Bunga Sempurna

Bunga Sempurna - Pengertia, Bagian-bagian, Dan Contoh

Perlu kalian ketahui, terdapat beberapa bagian utama dari Perfect Flower, yaitu sebagai berikut :

1. Flower Petals

Kelopak bunga berfungsi sebagai tempat untuk menempelnya mahkota bunga dan letaknya sangat dekat dengan tangkai bunga. Kelopak ini memiliki bentuk yang tidak indah, berwarna hijau suram, namun ada juga yang memiliki warna yang hampir sama dengan mahkotanya.

2. Flower Crown

Flower Crown merupakan bagian yang paling indah yang terdapat pada bunga, sebab memiliki warna yang sangat cerah dan juga seduktif. Mahkota ini berfungsi untuk memikat sebuah serangga penyerbuk. Serta sangat membantu dalam proses reproduksi tanaman.

Baca Juga : Spermatophyta

3. Stamens (Benang Sari)

Benang Sari merupakan sebuah alat kelamin jantan yang terdapat pada bunga, dan bentuknya sangat mirip dengan antena, atau suatu benang yang memiliki bentuk tumpul diatasnya dan disebut sebagai kepala putik.

Stamens ini memiliki tugas utama yaitu sebagai penghasil dari serbuk sari dan sebagai rumah bagi gamet jantan. Benang sari ini dapat kita temukan dibagian tengah dari sebuah bunga.

4. Flower Pistil

Putik bunga merupakan alat kelamin dari betina yang memiliki bentuk seperti sebuah corong terbalik yang dilengkapi dengan lubang kecil dibagian atasnya, serta melebar dibagian ujungnya.

Didalam putik bunga ini tersimpan sebuah bakal biji yang apabila dibuahi oleh benang sari akan berubah menjadi biji buah.

Contoh Dari Bunga Sempurna

Setelah bersama-sama memahami beberapa penjelasan yang ada diatas, apakah kalian mengetahui apa saja flower yang termasuk kedalam golongan Perfect Flower? Untuk mengetahuinya yuk simak beberapa contohnya :

1. Bunga Mawar

Mawar adalah salah satu jenis flora semak yang berasal dari kelompok Rosa. Setangkai bunga mawar, maka akan memiliki 5 helai daun mahkota, namun berbeda dengan jenis mawar Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota saja.

2. Bunga Kembang Sepatu

Kembang sepatu adalah salah satu jenis bunga yang sering dijadikan sebagai contoh didalam pelajaran morfologi tumbuhan disekolah. Bunga ini dikatakan sebagai bunga yang paling lengkap, sebab seluruh bagian yang ada pada bunga dapat kita temukan pada bunga ini.

3. Bunga Anggrek

Anggrek atau Orchidaceae adalah sebuah jenis bunga yang memiliki anggota terbanyak serta terbesar diwilayah tropika basah sampai ke daerah sirkumpolar, meskipun sebagian besar ada yang hidup diwilayah tropika.

Bunga anggrek adalah flora yang memiliki warna dan bentuk yang sangat unik, sebab bunga ini tersusun secara majemuk dan dapat kita lihat dari tangkai bunga yang memanjang dan dari ketiak bunga.

Baca Juga : Kultur Jaringan

Apa yang dimaksud dengan Bunga Sempurna?

Sesuai dengan namanya, Bunga sempurna adalah sebuah bunga yang memiliki dua alat reproduksi yaitu alat kelamin jantan dan betina yang terdapat didalam satu bagian.

Mengapa Bunga Sempurna ini disebut sebagai Bunga Hemaprodit?

Sebab pada Bunga Sempurna terdapat putik dan benang sari yang berada didalam satu organ yang sama yang tidak dimiliki oleh Bunga Tidak Sempurna.

Bagaimana proses terjadinya penyerbukan Bunga Sempurna?

Karena bunga sempurna mempunyai dua alat kelamin yaitu benang sari dan putik, hal ini lah yang menyebabkan bunga ini mampu untuk menghasilkan benih yang dibuahi sendiri, dan tidak membutuhkan pasangan.

Demikianlah penjelasan dari artikel kali tentang Bunga Sempurna beserta Pengertian, Bagian-Bagian dan Contohnya, semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk kita semua.