Bunga Melati

Posted on

Bunga Melati – Melati adalah salah satu bunga yang sangat terkenal di lingkungan sekitar kita. Hal ini disebabkan karena aroma, keindahan serta bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit.

Bunga Melati

Tidak hanya itu saja, Bunga Melati juga sangat lekat dengan tradisi yang ada di Indonesia. Bahkan bunga ini mendapat gelar sebagai bunga nasional atau dikenal juga dengan Puspa Bangsa.

Bagi kalian yang mengaku-ngaku sebagai pecinta dari Jasmine Flower ini, tentunya harus mengetahui terlebih dahulu seluk-beluk dari bunga indah yang satu ini.

Bagi Anda yang di rumahnya terdapat tanaman Jasmine Flower ini, namun belum mengetahui Jasmine Flower jenis apa. Setelah kalian membaca artikel ini, maka kalian akan mengetahuinya, yuk simak…

Karakteristik Dari Bunga Melati

Karakteristik utama dari bunga melati yaitu bunga ini mengeluarkan aroma khas yang sangat semerbak jika di malam hari. Sehingga, tak heran jika bunga melati sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan parfum dan juga kosmetik.

Berikut ini ciri-ciri lain dari Jasmine Flower, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Tanaman Jasmine dapat tumbuh dengan subur jika berada di daerah yang beriklim hangat.
  2. Bunga ini mempunyai daun yang berwarna hijau serta bunga yang sangat halus.
  3. Pada dasarnya Jasmine Flower terdiri dari lima kelopak, sehingga membuatnya mirip dengan bintang.
  4. Secara umum Jasmine Flower berwarna putih bersih. Namun, ada juga melati, yang memiliki kelopak berwarna kuning ke orenan seperti jenis dari melati musim dingin.
  5. Tinggi tanaman melati ini bisa mencapai hingga 3 meter bahkan lebih.
  6. Batang dari tanaman melati ini memiliki bentuk bulat ataupun segi empat, berkayu dan memiliki cabang yang sangat banyak seolah-olah berkumpul.
  7. Daun dari tanaman Jasmine ini umumnya memiliki bentuk bulat telur atau menyirip, dengan lebar mencapai 1,5 hingga 6 cm serta panjangnya sekitar 2,5 hingga 10 cm.
  8. Pada dasarnya, Bunga melati dapat dijumpai di negara-negara yang memiliki iklim tropis. Namun, biasanya tanaman ini akan berkembang di musim dingin, sehingga tanaman ini akan mulai berbunga mulai dari bulan Januari hingga Maret.

Klasifikasi Dari Bunga Melati

Mengetahui Klasifikasi dari sebuah tanaman merupakan unsur yang sangat penting, sebab dengan adanya klasifikasi, kita bisa mengetahui dari keluarga mana tanaman tersebut berasal.

Tidak hanya itu saja, dengan mengetahui klasifikasi dari suatu tanaman juga bisa memberikan gambaran mengenai karakteristik serta kelas dari tanaman tersebut.

Dibawah ini terdapat penjabaran dari klasifikasi Bunga Melati yang perlu kalian ketahui, terutama bagi pecinta Jasmine Flower, yaitu :

  • Kingdom : Plantae,
  • Divisi : Tracheophyta,
  • Subdivisi : Spermatophytina,
  • Class : Magnoliopsida,
  • Ordo : Lamiales,
  • Family : Oleaceae,
  • Genus : Jasminum L.,
  • Species : Jasminum sambac (L.) Aiton.

Jenis – Jenis Bunga Melati

Bunga melati pada umumnya terdiri lebih dari tiga ratus Species. Berikut ini jenis-jenis dari Jasmine Flower yang ada di dunia, yaitu diantaranya adalah :

1. Jasminum officinale

Bunga Melati

Melati gambir juga disebut sebagai melati biasa. Bunga ini berasal dari beberapa negara, yaitu Iran Utara, Afghanistan, Pakistan, India, dan masih banyak lagi. Spesies dari melati ini merupakan jenis dari tanaman melati yang sangat umum dibudidayakan.

Melati gambir bisa mencapai ketinggian hingga 6 meter atau lebih. Selain itu, perawatan melati tidak membutuhkan banyak air. Jadi, Anda hanya perlu menyiraminya sebanyak seminggu sekali atau setiap dua minggu sekali.

2. Jasminum Nudiflorum

Melati Musim Dingin ini dikenal juga dengan sebutan melati kuning. Bunga melati ini termasuk kedalam keluarga semak yang bernama Oleaceae, dimana tanaman ini berasal dari daerah pegunungan Tibet. Tidak hanya itu saja, bunga ini juga dikenal dengan sebutan melati dari Saint Joseph.

Sangat mudah jika Anda ingin membedakan bunga jenis ini dengan spesies lainnya, sebab bunga ini mempunyai bunga indah yang berwarna kuning terang. Disamping itu, bunga ini juga tidak mempunyai aroma yang khas.

3. Cestrum Nocturnum

Jasmine arum dalu, juga dikenal sebagai Night-blooming Jasmine, merupakan salah satu jenis bunga melati yang berasal dari anggota keluarga Solanaceae.

Bunga ini berasal dari benua Amerika di daerah tropis dan juga di Hindia Barat. Keunikan bunga ini cukup sederhana :

  • Memiliki daun berbentuk oval atau bulat.
  • Ukuran kelompok yang sangat kecil.
  • Memiliki bunga yang berwarna putih sedikit kehijauan
  • Daun dari tanaman ini berwarna hijau,
  • Mekar dari musim semi hingga musim gugur sepanjang tahun.

Baca Juga :
Bunga Mawar
Fungsi Bunga Pada Tumbuhan
Bunga Matahari

4. Jasminum Elongatum Willd

Jasminum Elongatum Wild merupakan salah satu jenis Jasmine Flower ini dapat tumbuh mencapai 1 hingga 7 meter. Ciri fisik dari tanaman ini yaitu memiliki daun berbentuk oval serta tersusun secara berpasangan di sepanjang batangnya.

Kelopak dari bunga ini umumnya berjumlah 6 hingga 8 serta ukuran mahkota yang bisa mencapai hingga 3 cm. Tanaman ini dapat ditemukan di semak atau hutan campuran. Jenis ini sangat membutuhkan sinar matahari dalam proses pertumbuhannya.

Bunga melati Jenis ini umumnya terdapat di beberapa negara, misalnya di India, Cina, Myanmar, Vietnam, Malaysia, Indonesia dan Australia Utara.

5. Indonesian Jasmine Flower

Jasmine termasuk kelompok tanaman yang sangat penting di benua Asia. Di Indonesia, Filipina dan Pakistan, bunga melati bahkan digunakan sebagai bunga nasional. Bagi masyarakat Indonesia, melati berarti kemurnian dan keindahan feminin.

Jenis melati yang sangat banyak ditanam dan juga dikenal di Indonesia, yaitu jenis melati putih. Bunga ini juga bisa disebut melati arab. Melati Putih juga memiliki nama Latin, yaitu Jasminum Sambac. Bunga ini juga mendapat julukan sebagai puspa bangsa.

6. Japanese Jasmine Flower

Bunga Melati

Bunga melati Jepang ini mempunyai nama latin yaitu Pseuderanthemum reticulatum. Mengapa ada tambahan nama Jepang? Sebab tanaman ini sangat banyak ditemui pada negara yang sangat populer dengan bunga Sakuranya.

Tumbuhan hias yang satu ini, termasuk kedalam golongan tumbuhan semak. Selain bunga melati putih, yang dikenal sebagai puspa bangsa, melati Jepang ini juga salah satu jenis melati yang banyak tumbuh di Indonesia.

Habitat Dari Bunga Melati

Pada dasarnya, habitat untuk spesies bunga melati yang satu dengan lainnya sangat berbeda. Namun, tanaman ini umumnya tumbuh di daerah dengan iklim tropis dengan tinggi bisa mencapai 10 hingga 1.600 meter di atas permukaan laut.

Karena area tersebut memperoleh banyak sinar matahari, melati dapat berkembang dengan baik. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tanaman melati ini memiliki kemampuan beradaptasi yang baik sehingga dapat ditanam di mana saja dan dalam segala kondisi.

F.A.Q

Bunga Melati adalah?

Jasmine termasuk dalam kelompok tanaman hias dalam bentuk batang yang berdiri tegak serta hidupnya menahun. Jasmine adalah genus semak dan juga tanaman merambat dalam keluarga zaitun.

Manfaat dari tanaman Melati yaitu?

1. Dapat mengatasi masalah jerawat pada kulit.
2. Mampu mengurangi stres dan juga kecemasan.
3. Bisa digunakan untuk meminimalisir risiko kanker.
4. Untuk membantu mencegah bakteri masuk kedalam tubuh.

Klasifikasi dari tanaman Melati terdiri dari?

1. Kingdom: Plantae.
2. Division: Tracheophyta.
3. Subdivision: Spermatophytina.
4. Class: Magnoliopsida.
5. Order: Lamiales.
6. Family: Oleaceae.
7. Genus: Jasminum L.
8. Species: Jasminum sambac (L.) Aiton.

Sekian dari informasi dalam pembahasan kali ini, semoga membantu para pecinta Melati untuk memahami seluk-beluk dari tanaman ini. Terimakasih