Bunga Mawar

Posted on

Bunga Mawar – Ada pepatah yang mengatakan “Ungkapkan dengan bunga”. Ya, bunga kerap kali dijadikan sebagai media untuk menyatakan berbagai perasaan yang sedang dirasakan oleh seseorang untuk mewakili kata-kata yang akan diucapkan.

Bunga Mawar

Salah satu jenis bunga yang paling sering digunakan sebagai media untuk mewakili perasaan seseorang yaitu bunga mawar. Karena bau, bentuk dan warnanya yang cantik inilah menjadi alasan seseorang memilih Bunga Mawar untuk mewakili perasaannya.

Nah, bagi kalian yang mengaku-ngaku sebagai pecinta dari bunga mawar ini tentunya wajib mengetahui seluk-beluk dari bunga cantik satu ini. Pada kesempatan ini, Rumus.co.id akan membahas tentang seluk-beluk dari Bunga Mawar, yuk simak….

Karakteristik Roses

Mawar sering dikatakan sebagai salah satu jenis dari tanaman semak yang berasal dari keluarga genus Rosa yang sekaligus nama dari bunga yang diperoleh oleh tanaman ini.

Mawar liar sendiri terdiri dari 100 spesies bahkan lebih, kebanyakan dari tanaman ini tumbuh di belahan bumi bagian utara, karena memiliki suhu udara yang sejuk.

Tumbuhan mawar juga dikatakan termasuk sebagai tumbuhan bergolongan tingkat tinggi, sebab tanaman ini mempunyai biji tertutup.

Mawar termasuk kedalam kategori tumbuhan dikotil yang mempunyai batang berkayu serta berakar tunggang yang dapat membesar karena mempunyai kambium.

Nama latin dari Bunga Mawar yaitu Rosa sp yang berasal dari keluarga genus Rosaceae dengan taksonomi yaitu sebagai berikut ini :

  • Kingdom: Plantae
  • Division: Spermatophyta
  • Subdivisions: Angiosperms
  • Class: Dicotyledoneae
  • Order: Rosanalyes
  • Family: Rosaceae
  • Genus: Rosa
  • Species: Rosa hyproid or Rosa sp.

Ciri – Ciri Dari Bunga Mawar

Berikut ini ciri-ciri dari Roses secara keseluruhan, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Batang (Caulis)

Roses memiliki bentuk batang yang bulat dan memanjang serta mempunyai cabang-cabang yang tidak beraturan letaknya. Diameter dari batangnya terbilang sangat kecil, membuatnya rentan terhadap predator besar.

Hal inilah yang membuat di sepanjang batang tanaman mawar ini ditumbuhi dengan duri-duri kecil yang cukup tajam sebagai media untuk mempertahankan diri.

2. Daun (Folium)

Roses mempunyai daun majemuk, mengapa begitu? Karena, di dalam satu batangnya terdapat 5 hingga 9 anakan daun. Ciri – Ciri dari daun bunga mawar ini yaitu :

  • Berwarna hijau muda dan juga tua
  • Memiliki bentuk yang bulat kecil dan sedikit memanjang
  • Berukuran 2 hingga 3 cm,
  • Di bagian pinggir dan ujungnya sedikit meruncing dan juga bergerigi.

3. Bunga (Flower)

Roses ini diklasifikasikan sebagai bunga majemuk karena terdiri dari benang sari dan juga putik yang tersusun di bagian bawah bunga dalam bentuk seperti guci. Bentuk bunga dari tanaman ini yaitu berbentuk bunga tunggal atau seperti payung.

4. Biji Serta Buah

Biji dari tanaman mawar ini dapat dilihat secara jelas karena berada di bagian bunga. Ukuran dari biji bunga mawar ini sangat kecil dan memiliki bentuk oval memanjang serta dilindungi oleh buah.

Warna biji bagian luarnya sedikit kecoklatan bahkan kehitaman, sedangkan di bagian dalamnya memiliki warna keputihan hingga kecoklatan.

5. Akar (Root)

Bentuk akar yang dimiliki oleh bunga mawar yaitu bulat dan sedikit memanjang ke bawah dan memiliki warna dari coklat muda hingga cokelat tua. Fungsi dari akar ini yaitu membuat tanaman supaya dapat berdiri tegak serta menyerap unsur hara yang berasal dari dalam tanah.

Baca Juga :
Fungsi Bunga Pada Tumbuhan
Bunga Sempurna
Bunga Matahari

Macam – Macam Roses

Dibawah ini terdapat beberapa jenis dari bunga mawar beserta dengan penjelasannya, yaitu diantaranya adalah :

1. Wild Roses

Bunga Mawar

Mawar berjenis wild roses ini mempunyai habitat pertumbuhan di alam liar, hal ini sesuai dengan namanya yaitu “wild”. Karena bunga ini tumbuh secara liar, sehingga dianggap bahwa mawar wild roses ini memiliki umur yang paling tua.

Jenis dari mawar ini digadang-gadang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Jika dilihat dari karakteristiknya, mawar wild roses ini memiliki fisik yang cukup kuat. Hal ini disebabkan karena mawar jenis ini lebih tahan terhadap serangan hama.

2. Modern Garden Rose 

Sekitar di tahun 1867, dunia tanaman hias mulai mengenal mawar modern dari jenis hybrid tea. Ciri utama dari old golden rose ini yaitu bunganya memiliki kelopak ganda, ada juga yang berbau harum serta dapat tumbuh di sepanjang tahun.

3. Mawar Musk

Mawar Musk adalah salah satu jenis mawar yang sudah lama dibudidayakan, yaitu dari abad ke 16. Jeni Mawar ini memiliki nama latin Rosa Moschata yang tergolong sebagai tanaman merambat yang memiliki panjang hingga mencapai 3 sampai 10 meter.

Mawar kesturi ini akan mekar dari akhir musim semi ke musim gugur. Ketika bunga-bunga ini mekar, bunga-bunganya akan memancarkan bau musky yang kuat yang dapat tercium dari kejauhan. Jadi jangan heran jika bunga ini sering digunakan sebagai bahan pewangi.

4. Old Garden Roses

Old Garden Roses adalah salah satu jenis mawar yang sudah cukup lama dibudidayakan, yaitu sekitar abad ke 18. Ciri utama dari bunga mawar jenis ini yaitu memiliki bau yang sangat harum dan juga khas.

Mawar dari jenis Old Garden Roses ini pada dasarnya merupakan hasil dari persilangan.

5. Mawar Eden

Bunga Mawar

Mawar Eden mendapatkan nama Latin Pierre de Ronsard karena terinspirasi oleh nama penyair Renaissance dan merujuk pada puisi populer Mignonne yang ia ciptakan, berjudul Allons Voir Si La Rose.

Karena keindahannya, bunga ini kemudian ini dilantik menjadi Hall of Fame of The World Federation of Rose Societies pada tahun 2006.

Dalam pertumbuhannya, tanaman ini membutuhkan air dan sinar matahari yang cukup. Tanaman ini memiliki ketinggian 180 hingga 330 cm. Eden Rose ini mekar dari akhir musim semi ke akhir musim panas.

6. Gallica Roses

Mawar Gallica merupakan salah satu jenis dari bunga mawar yang diperoleh dari hasil persilangan, yaitu dari jenisnya sendiri. Akan tetapi dilakukan di dua lokasi yang berbeda-beda.

Kedua tempat tersebut yaitu terdiri dari Eropa di bagian selatan dan juga Eropa di bagian tengah. Mawar Gallica termasuk jenis bunga yang sangat langka. Karena bunga ini hanya dapat berbunga sekali dalam setahun, yaitu ketika musim panas saja.

7. Mawar Damask

Mawar Damask ini sering dikatakan termasuk kedalam jenis dari mawar Hibrida. Seseorang yang bernama Robert de Brie, digadang-gadang sebagai orang yang pertama kali membawa bunga mawar ini dari Persia ke Eropa.

Damask merupakan salah satu jenis mawar yang memiliki bau harum yang sangat khas. Sehingga, tak heran jika mawar ini sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan parfum.

F.A.Q

Apa itu Bunga Mawar?

Mawar sering dikatakan sebagai salah satu jenis dari tanaman semak yang berasal dari keluarga genus Rosa yang sekaligus nama dari bunga yang diperoleh oleh tanaman ini.

Klasifikasi dari Bunga Mawar terdiri dari?

1. Kingdom: Plantae
2. Division: Spermatophyta
3. Subdivisions: Angiosperms
4. Class: Dicotyledoneae
5. Order: Rosanalyes
6. Family: Rosaceae
7. Genus: Rosa
8. Species: Rosa hyproida or Rosa sp.

Manfat dari Bunga Mawar yaitu?

1. Bisa dijadikan sebagai Antiseptik.
2. Membantu mengatasi sakit tenggorokan.
3. Dapat dijadikan sebagai Antioksidan.
4. Baik untuk merawat kecantikan kulit.

Sekianlah ulasan singkat dari artikel kali ini, semoga membantu kalian mengetahui seluk-beluk dari Bunga Mawar beserta dengan macam-macamnya. Terimakasih