Bunga Matahari

Posted on

Bunga Matahari – Masih ingatkah kita ketika kecil sering sekali menonton Film Animasi yang berjudul Hamtaro. Sebuah Film Animasi anak-anak yang sangat populer pada tahun 2002. Menceritakan Seekor Hamster yang sangat suka berpetualang dan sangat suka memakan Biji Matahari.

Bunga Matahari

Tahukah darimana asal Biji Matahari atau yang biasa kita sebut sebagai Kuaci itu bisa didapatkan? Tentu saja dari Tanaman Bunga Matahari yang dimana Biji dari Tanaman tersebut kita keringkan dibawah Sinar Matahari.

Oleh karena itu kita akan membahas bersama-sama tentang Bunga Matahari beserta dengan Struktur-Struktur yang terdapat didalam mengenai Bunga Matahari.

Pengertian Bunga Matahari

Bunga Matahari

Bunga Matahari dalam Bahasa Latin (Helianthus Annuus L) merupakan Salah satu Jenis Bunga yang tumbuh mekar dalam satu tahun sekali (Musiman). Bunga Matahari ini merupakan Tumbuhan Bunga yang berasal dari Negara Meksiko, Negara Peru, Negara Amerika Serikat, dan menyebar luas keseluruh Dunia.

Bunga Matahari ini memiliki sebutan nama yang berbeda-beda dari setiap Negara, yaitu : Negara Inggris (Sun Flower), Negara Filiphina (Mirasol), Negara Jepang (Himawari), Negara China (Xuang Ri Kui), Negara Indonesia (Bunga Matahari).

Sebagian Besar Ilmuwan Biologi berdasarkan penelitiannya, Bunga Matahari ini dapat di Klasifikasikan dan di Morfologikan sebagai berikut :

Klasifikasi Bunga Matahari

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnolipyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Asterales
Famili: Astereceae
Genus: Helianthus
Spesies: Helianthus Annus L ( Neti, 20013 : 61, Cronquist, 1981 : 1025 – 1026 )

Morfologi Bunga Matahari

Tanaman Bunga Matahari dapat berkembang tumbuh tinggi mencapai (1m -2 m) dengan batang yang berbulu halus, berbentuk bulat, tebal dan kuat serta tumbuh ke atas tegak membengkok mengarah ke Sinar Matahari.

Biji pada Bunga Matahari ini memiliki kulit keras bagian luar berbentuk pipih memanjang dengan memiliki warna keabuan serta kehitaman. Tanaman Bunga Matahari ini termasuk Bunga Majemuk yang memiliki puluhan Kelopak Bunga Besar dan berbentuk pita berwarna kuning terang dan tersusun dari ribuan kelopak bunga kecil dalam satu bonggol bunga.

Bunga Matahari ini memiliki ciri khas yang sangat berbeda dari Jenis Bunga lainnya, yaitu Bunga Matahari tumbuh berkembang mengarah ke Cahaya Matahari. Pada daun Bunga Matahari berbentuk tunggal, lebar, dan bertangkai panjang serta memiliki Bunga yang saling berhadapan.

Pada Akar Bunga Matahari ini sangat halus, lebat, mendatar dan dapat mencapai (3m – 4m) serta memiliki perakaran yang kuat, sehingga akar tersebut dapat menembus ke dalam tanah.

Ciri-Ciri Bunga Matahari

Setelah kita bersama-sama membahas Klasifikasi & Morfologi dari Bunga Matahari. Berikut ini adalah ciri-ciri Bunga Matahari yang menjadikan tanaman bunga ini terlihat lebih unik daripada tanaman bunga lainnya.

  • Batang Bunga Matahari memiliki tinggi 3m – 5 m tergantung pada varietasnya.
  • Pada Daun Bunga Matahari memiliki bentuk Daun Tunggal Lebar.
  • Pada Batang Bunga Matahari ditumbuhi dengan Rambut Kasar, Tegak  Condong ke Arah Sinar Matahari, Jarang Bercabang.
  • Pada Bunga Matahari memiliki ribuan Kelopak Kecil tersusun majemuk.
  • Pada Bunga Matahari terdapat 2 tipe bunga, yaitu Bunga Tepi atau Bunga Lidah yang membawa satu kelopak besar berwarna kuning cerah & steril, serta Bunga Tabung yang Fertil dalam jumlah 2000 kuntum dalam satu bonggol serta menghasilkan Biji.
  • Pada Fotosintesis Bunga Matahari dengan menjalani sistem penyerbukan terbuka (silang) yang dibantu oleh serangga.
  • Pada Bunga Matahari tandan bunga majemuk mengikuti pergerakan cahaya matahari pada hari yang cerah disebut dengan Heliotropisme.
  • Tanaman Bunga Matahari mendapatkan keuntungan 10% lebih dari proses fotosintesis.
  • Pada Tanaman Bunga Matahari menghasilkan buah yang bertipe Buah Tempurung “Achene”.
  • Tanaman Bunga Matahari ini termasuk kedalam jenis Tumbuhan Dikotil

Habitat Tanaman Bunga Matahari

Dalam pertumbuhan Tanaman Bunga matahari ini sangat menyukai tanah yang subur dan hangat (Berhumus) dalam suasana yang sangat cerah. Bunga Matahari ini sangat cocok berkembang pada Daerah dengan Iklim Subtropis.

Tetapi Bunga Matahari dapat juga berkembang pada Daerah dengan Iklim Tropis, dengan menanam pada Dataran Tinggi. Sementara itu, pada Daerah dengan Iklim Sedang seperti di Eropa, tanaman ini hanya bisa ditanam dan berkembang pada Musim Semi sampai Musim Gugur dan terhindar dari embun beku (Frost).

Jenis-Jenis Bunga Matahari

Tanaman Bunga Matahari memiliki jenis-jenis yang cukup banyak, diantaranya sebagai berikut ini :

Bunga Matahari Big Smile

Bunga Matahari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bunga Matahari Autumn Beauty

Bunga Matahari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bunga Matahari Teddy Bear

Bunga Matahari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bunga Matahari Pacino Gold

Bunga Matahari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bunga Matahari Velvet Queen

Bunga Matahari

 

 

 

 

 

 

 

 

Bunga Matahari Music Box

Bunga Matahari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bunga Matahari Fiesta Del Sol

Bunga Matahari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bunga Matahari Cherry Rose

Bunga Matahari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bunga Matahari Putih

Bunga Matahari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Budidaya Tanaman Bunga Matahari

Dalam Budidaya Tanaman Bunga matahari terbagi menjadi 4 kelompok berdasarkan manfaat :

1. Kelompok Penghasil Minyak Biji Bunga Matahari

Biji Bunga Matahari yang akan digunakan memiliki tempurung biji tipis, serta kandungan minyaknya berkisar 48%-52%, dalam menghasilkan 1 liter minyak diperlukan 60 tandan bunga majemuk.

2. Kelompok Pakan Ternak & Pupuk Hijau

Daun Bunga Matahari yang akan digunakan sebagai pakan ternak atau pupuk hijau.

3. Kelompok Tanaman Hias

Tanaman Bunga Matahari yang memiliki warna kelopak bunga matahari yang bervariasi dan memiliki banyak cabang, akan digunakan sebagai tanaman hias pada suatu tempat.

4. Kelompok Penghasil Biji Bunga Matahari (Kuaci)

Biji Bunga Matahari yang akan digunakan sebagai untuk bahan makanan.

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Bunga Matahari beserta Pengertian, Klasifikasi, Morfologi, Ciri-Ciri, Habitat, Jenis-Jenis, dan Budidaya Bunga Matahari.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.