Bunga Majemuk – Pengertian, Rumus dan contoh soal

Posted on

Bunga Majemuk – Bunga majemuk adalah? sebelum masuk kedalam pembahasan, materi yang akan dibahas yaitu pengertian bunga majemuk, rumus bunga majemuk dan contoh soal bunga majemuk yang akan dijelaskan dibawah ini secara lengkap dan detail dengan pembahasannya. Simak penjelasannya gaes!

Pengertian Bunga Majemuk

Bunga majemuk adalah suatu bunga yang telah diberikan berdasarkan pada modal awal dan akumulasi bunga dengan periode sebelumnya.

Bunga majemuk mempunyai banyak variasi dan selalu berubah yang artinya tidak tetap pada tiap-tiap periodenya. Contoh seperti saat menjual sebuah kendaraan, harga kendaraan yang dijual akan berubah setiap periode dan perubahannya akan bervariasi juga. image

  • Jika pada modal awal sebesar M_0 dan akan mendapat bunga majemuk sebesar b (pada persentase) perbulan, maka susudah n bulan besarnya pada modal M_n  menjadi:
    M_n = M_0(1+b)^n
  • Contoh lain, diketahui modal pinjaman sebesar Rp1.000.000 dengan mendapatkan bunga majemuk 2% per bulan, maka jika setelah 5 bulan modalnya menjadi:
    M_n = 1.000.000(1+0.02)^5 = 1.104.080,80
  • Jika pada modal awal sebanyak M_0 disimpan pada bank dan akan mendapatkan bunga sebesar b pertahun dan untuk menghitung bunga dihitung sebanyak m kali pada setahun, maka besarnya modal di akhir tahun ke-n yaitu: 1

Rumus Menghitung Bunga Majemuk rumus

Contoh:

1. Jika suatu modal mempunyai besar Rp 100.000.00 dan dibunga selama 3,5 tahun atas dasar pada bunga majemuk 4,5% setiap triwulan. Maka tentukan nilai akhir modal tersebut.

jawab 1

 

 

 

 

 

 

 

2. Ibu mendepositokan uang pada Bank sebesar Rp 10.000.000,00 selama waktu 10 tahun dalam suku bunga majemuk 5% pertahun. Berapa Besar bunga yang ibu dapatkan pada tahun ke 10 ? jawab 2

 

 

 

 

Contoh Soal Bunga Majemuk

Bunga majemuk adalah bunga pokok pada suatu simpanan. Atau istilah lain yang sering digunakan yaitu bunga berbunga. Berikut contoh soal dan penjelasannya tentang bunga manjemuk secara lengkap  yang  akan diuraikan  dibawah  ini! contoh soal

Soal 1
Seorang bapak menginvestasikan uang sebesar Rp. 1000.000 dengan mendapatkan bunga majemuk sebesar 20% pertahun. Tentukan jumlah pada investasinya selama waktu lima tahun!

Jawab :

Modal Awal Bapak sebesar : M = Rp. 1000.000,-

Persentase bunga pertahun : P = 20%

Periode pada investasi : n = 5

Ditanya : Tabungan Akhir : MT = …?

Jumlah Pada Tabungan Akhir (MT ) dicari menggunakan rumus sebagai berikut:

soal 1

 

 

 

 

 

 

 

Jadi Besarnya jumlah investasi bapak tersebut selama waktu 5 tahun yaitu sebesar Rp. 2.488.320,-

Soal 2

Pada jumlah Uang sebesar Rp.5.000.000,- diinvestasikan selama waktu empat tahun pada sistem bunga majemuk sebesar 5%. Tentukan jumlah uang tersebut selama waktu akhir tahun ke empat yaitu:

Jawab :

Moda Awal sebesar: M = Rp. 5.000.000,-

Persentase pada bunga majemuk pertahunnya : P = 5%

Waktu periode investasi : n = 4

Jumlah Besarnya simpanan setelah tahun ke empat yaitu:

soal 2

 

 

 

 

 

 

 

Jadi besarnya jumlah simpanan selama waktu  empat tahun yaitu Rp. 12.155.062,5,-

Soal 3

Seorang kakak menabung pada bank sebesar Rp. 1000.000,- pada bunga majemuk 20% pertahun. Berapa tahun uang tersebut yang ditabung kakak agar uangnya sebanyak Rp. 2.488.320,- ?

Jawab :

Modal Awal kakak: M = Rp.1.000.000,-

Modal Akhir kakak: MT = Rp. 2.488.320,-

Persentase pada bunga majemuk : P = 20%

Lamanya tabungan : n = … ?

Untuk menjawab pertanyaan ini dapat uraikan menggunakan rumus dalam menentukan Modal akhir suatu simpanan yaitu:

soal 3

Jadi lamanya tabungan kakak tersebut yang disimpan yaitu 5 tahun.

Demikian pembahasan tentang pengertian, rumus menghitung, dan contoh soal bunga majemuk, mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan dan pembahasan pada pengertian, rumus dan contoh soal bunga majemuk diatas, selamat belajar dan memahami tentang bunga majemuk. Semoga dapat bermanfaat🙂

Baca Juga : 

Related posts: