Bunga Anggrek

Posted on

Bunga Anggrek – Anggrek termasuk kedalam golongan tanaman hias yang sudah tidak asing di kalangan masyarakat. Meskipun harganya yang cukup mahal, namun karena daya pikat dan juga aroma yang khas, membuat tanaman ini dicintai oleh para pecinta bunga.

Bunga Anggrek

Karena tanaman anggrek ini terdapat banyak sekali jenisnya yang dapat kita jumpai di Indonesia, khususnya jenis epifit yang ada di hutan Sumatra hingga ke Papua. Hal ini yang membuatnya sering dijadikan sebagai tanaman penghias rumah.

Untuk kalian yang sudah menjadi pecinta Orchid Flower atau yang baru ingin menanam bunga ini sebagai penghias rumah Anda. Maka ada baiknya jika, kalian mengetahui seluk-beluk dari tanaman ini.

Yuk simak penjabaran dibawah ini untuk mengetahui seluk beluk dari Orchid Flower…..

Karakteristik Orchid Flower

Anggrek merupakan salah satu tanaman berbunga yang memiliki anggota terbanyak. Kenapa begitu? Karena, jenisnya ini tersebar luas dari daerah tropis lembab hingga ke wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropis.

Setiap tanaman Anggrek pasti mempunyai ciri-ciri dan karakteristiknya masing-masing. Namun, untuk membedakan tanaman ini dengan jenis tanaman hias lainnya, terdapat ciri-ciri tertentu yang mendasarinya.

Dibawah ini terdapat beberapa ciri-ciri maupun karakteristik dari Bunga Anggrek yang perlu kalian ketahui, yaitu sebagai berikut :

1. Batang (Stem)

Batang yang dimiliki oleh tanaman anggrek ini beruas-ruas. Pada anggrek tanah, memiliki batang yang berukuran pendek serta berbentuk seperti umbi-umbian.

Sedangkan, pada Anggrek Epifit, memiliki batang yang cukup tebal serta dilindungi oleh lapisan lilin guna mencegah terjadinya penguapan berlebihan, serta dapat tumbuh memanjang ataupun melebar sesuai dengan genusnya.

2. Daun (Folium)

Salah satu karakteristik yang paling terlihat dari anggrek yaitu bahwa berada di daunnya, yang mana daun anggrek ini memiliki bentuk oval memanjang dengan tulang daun memanjang.

Hal ini merupakan ciri khas dari daun tanaman monokotil. Namun, tidak semua Anggrek memiliki ciri daun seperti diatas, sebab pada jenis tertentu, daunnya dapat berupa daun berair, sebab berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan air.

3. Bunga (Flower)

Bunga-bunga tanaman anggrek ini sangat unik karena diatur secara majemuk, yang berganti-ganti antara kelopak (sepal) dengan mahkota (petal). Selain itu, tangkai bunga ini memanjang dari ketiak daun yang berbentuk simetri bilateral.

4. Buah dan Biji

Buah yang dihasilkan oleh tanaman bunga anggrek berbentuk seperti kapsul yang berwarna hijau, apabila sudah matang buah tersebut akan mengering serta kulitnya terbuka dari pinggir.

Sementara itu, biji dari tanaman anggrek berada di dalam buah dengan jumlah yang sangat banyak. Biji tersebut memiliki ukuran sangat kecil serta ringan, sehingga biji tersebut mudah terbang jika terkena angin.

Biji dari tanaman anggrek tidak mempunyai jaringan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan. Apabila, biji tersebut jatuh ke tempat yang tepat, maka proses perkecambahan akan terjadi.

5. Akar

Bunga anggrek memiliki akar dalam bentuk akar serabut dan tidak menembus terlalu dalam ke dalam media pertumbuhan. Pada spesies epifit, akarnya adalah akar yang berair. Mikoriza sering dijumpai pada permukaan akarnya yang bersimbiosis dengan tanaman anggrek.

Klasifikasi Orchid Flower

Mengetahui klasifikasi tanaman adalah elemen yang sangat penting karena kita dapat menggunakan klasifikasi tersebut untuk mencari tahu dari keluarga mana tanaman itu berasal.

Berikut ini merupakan penjabaran dari klasifikasi Bunga Anggrek yang perlu untuk kalian ketahui, khususnya bagi kalian pecinta dari Orchid Flower, yaitu diantaranya adalah :

  • Kingdom : Plantae
  • Division : Spermatophyta
  • Subdivision : Angiosperms
  • Class : Monocotyledoneae
  • Ordo : Orchidales
  • Family : Orchidaceae
  • Sub-family : Epidendroideae
  • Tribe : Epidendreae
  • Sub-tribe : Dendrobiinae
  • Genus : Dendrobium
  • Species : Dendrobium Macrophyllum, Dendrobium Canaliculatum, Dendrobium Lineale, Dendrobium Bevale and Dendrobium Secundum.

Baca Juga :
Fungsi Bunga Pada Tumbuhan
Bunga Sempurna
Bunga Melati

Macam – Macam Orchid Flower

Orchid Flower terdiri dari 20.00 spesies yang tersebar di berbagai belahan dunia, namun hanya sekitar 6.000 spesies saja yang dapat ditemukan di hutan – hutan Indonesia. Berikut merupakan macam-macam Bunga Anggrek, yaitu :

1. Moon Orchid

Bunga Anggrek

Anggrek bulan adalah salah satu jenis dari tanaman anggrek yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena jenis ini memiliki bentuk dan warna yang sangat cantik serta unik.

Terdapat dua alasan, mengapa pecinta Orchid banyak yang memilih jenis spesies ini sebagai tanaman untuk menghiasi rumahnya. Alasan Pertama, karena jenis ini sangat mudah untuk dirawat.

Sedangkan yang Kedua, Moon Orchid merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat mudah tumbuh dengan cara menempel pada bagian batang pohon.

2. Anggrek Cattleya

Julukan sebagai ratu anggrek ini cocok untuk jenis anggrek ini. Karena anggrek Cattleya dikenal sebagai anggrek yang memiliki bunga indah. Tidak hanya itu, anggrek Cattleya ini juga memiliki periode berbunga yang berbeda dari bunga anggrek lainnya.

Anggrek Cattleya, yang sering mekar, ditandai oleh daun pendek dan lebar. Sementara itu, anggrek Cattleya yang berbunga langka, memiliki ciri daunnya panjang dan sempit.

3. Dendrobium Orchid

Bunga Anggrek

Jenis dari anggrek ini adalah jenis Orchid yang banyak dipakai sebagai tanaman hias, karena memiliki warna bunga yang sangat cantik dan juga bervariasi.

Bunga anggrek Dendrobium umumnya mudah dirawat serta dapat mekar dengan mudah. Siklus hidup dari anggrek dendrobium ini yaitu bahwa bunga ini hidup dengan menempel pada tumbuhan lain.

4. Anggrek Tebu

Bunga yang memiliki nama latin Grammatophyllum speciosum ini mempunyai batang yang menyerupai tebu. Oleh sebab itu, Anggrek ini disebut sebagai Tebu.

Grammatophyllum Speciosum salah satu spesies yang paling besar, dengan panjang dapat mencapai 3 meter dengan berat mencapai 1 ton. Tak heran, anggrek ini sering dikatakan sebagai anggrek raksasa.

5. Anggrek Vanda

Salah satu spesies anggrek yang tumbuh subur di Indonesia dan memiliki keindahan bunganya adalah anggrek Vanda. Akan tetapi, tidak semua anggrek Vanda mempunyai bunga yang indah karena beberapa bunga ini tumbuh dengan tidak sehat.

Karena itu, terdapat beberapa ciri yang bisa dilihat dari anggrek Vanda yang sehat. Pada bagian ujung batang anggrek jenis ini terus tumbuh ke atas. Memiliki daun yang berwarna hijau muda hingga tua dan juga berkilau.

Karakteristik tanaman yang dapat terlihat dengan jelas dari anggrek Vanda yaitu bunga ini tidak terinfeksi oleh hama atau penyakit lainnya, sehingga anggrek Vanda akan tetap sehat.

F.A.Q

Bagaimana cara menanam Bunga Anggrek di Pot?

1. Tempatkan kawat di bagian bawah pot.
2. Atur media tanam seperti arang, potongan pakis atau serabut kelapa tergantung pada jenis anggrek.
3. Jika Anda menanam dengan pot plastik, isilah dengan bata atau genting hingga sepertiga dari ketinggian pot sebagai filter untuk membuat pot terasa berat.
4. Masukkan biji anggrek ke dalam pot yang disediakan.
5. Kemudian sesuaikan akar sehingga tersebar merata di dalam pot.
6. Ikat batang bibit anggrek dengan kawat yang sudah disiapkan.
7. Pasang kembali media tanam untuk menutupi akar, tetapi jangan sampai ke batangnya.

Manfaat dari tanaman Anggrek yaitu?

1. Sebagai media untuk menghilangkan stress.
2. Dapat dipakai sebagai tonik untuk menjaga wajah agar tetap terlihat awet muda.
3. Bermanfaat untuk membantu mengurangi sakit gigi dan juga telinga.
4. Untuk mengatasi demam dan juga nyeri pada sendi.

Bagaimana cara merawat Bunga Anggrek?

1. Pilihlah rumah lindung yang sesuai untuk Orchid Flower.
2. Perhatikan cara menyusun Bunga yang tepat.
3. Kelembaban udara harus sangat diperhatikan.
4. Perhatikanlah cahaya matahari, agar Bunga Anggrek mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk fotosintesis.
5. Perhatikan kandungan air yang terdapat pada media yang digunakan untuk menanam Orchid Flower.

Demikianlah penjelasan dari seluk-beluk Orchid Flower yang perlu kalian perhatikan, semoga bermanfaat. Terimakasih