Bridge Adalah

Posted on

Bridge Adalah – Jaringan komputer Local Area Network (LAN) yang berbeda, tentu sangat sulit untuk dihubungkan karena pengaturannya yang berbeda.

Bridge Adalah

Oleh sebab itu, hal ini membutuhkan sebuah instrumen tambahan untuk menghubungkannya, yang bertujuan untuk mendukung koneksi dari berbagai jaringan LAN.

Instrumen atau alat tersebut dikenal sebagai Bridge. Nah, dalam pembahasan kali ini Rumus.co.id akan menjabarkan mengenai Bridge beserta dengan hal-hal yang ada di dalamnya.

Bridge Adalah?

Bridge merupakan sebuah komponen yang terdapat pada jaringan komputer yang dipakai untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan, baik itu dari jenis yang sama atau berbeda. Hal ini dapat menghasilkan jaringan yang lebih luas.

Perangkat ini dapat menetapkan alamat Ethernet dari setiap node dan kemudian memilih segmen dalam jaringan sehingga hanya data yang dibutuhkan saja yang akan ditransmisikan.

Bridge ini biasanya digunakan dalam pembuatan jaringan topologi tree, karena alat ini berfungsi untuk menentukan segmen sumber dan tujuan dari data yang akan dikirim.

Jika transfer data terjadi dalam segmen yang sama, maka paket data akan ditolak secara otomatis. Namun, jika perangkat ini mendeteksi segmen lain, data tersebut akan diteruskan ke tujuan.

Fungsi Dari Bridge

Secara umum, bridge mempunyai fungsi yang layaknya seperti jembatan. Alat ini bertugas sebagai penghubung dari antara Network yang satu dengan Network lainnya guna melakukan pertukaran paket data serta mengatur sirkulasi data tersebut.

Tidak hanya fungsi yang ada diatas, tetapi Bridge juga mempunyai fungsi yang lainnya, yaitu sebagai berikut :

  • Sebagai koneksi antara dua atau lebih jaringan LAN, sehingga menghasilkan jaringan LAN yang luas dan lebih besar dari persyaratan konfigurasi LAN, tanpa menggunakan Bridge.
  • Berfungsi sebagai koneksi antara dua atau lebih jaringan LAN yang berasal dari berbagai jenis.
  • Bridge juga dapat digunakan sebagai router. Penggunaan Bridge dalam jaringan sebagai router hanya dapat digunakan dalam jaringan yang besar saja.
  • Bridge dapat menyalin frame data dari jaringan, asalkan jaringan masih terhubung ke jembatan dan jaringan lainnya.
  • Berfungsi untuk memperkecil dan memonitor segmen jaringan yang luas pada saat yang bersamaan.
  • Mempunyai kemampuan untuk mengontrol broadcast jaringan di seluruh bridge.
  • Ini digunakan untuk memindahkan data melalui jaringan perantara dengan jenis protokol yang sama sekali berbeda.

Baca Juga :
Switch Adalah
HUB Adalah
Router Adalah

Jenis – Jenis Bridge Jaringan

Bridge secara umum dibedakan menjadi beberapa jenis. Dibawah ini penjelasan dari jenis-jenis bridge tersebut, yaitu antara lain :

1. Local Bridge

Bridge lokal merupakan salah satu jenis bridge yang berfungsi sebagai pemecahan dari jaringan yang berada di lokasi terdekat dan umumnya dapat dilakukan dengan cara melalui koneksi kabel normal.

2. Remote Bridge

Remote Bridge merupakan salah satu jenis bridge yang berfungsi untuk membuat bentuk sebuah jaringan WAN yang dasarnya merupakan sebuah jaringan LAN.

Dengan cara ini, jaringan LAN dapat dikonversi menjadi jaringan yang lebih besar dengan menggunakan bridge jarak jauh.

3. Wireless Bridge

Bridge Wireless merupakan sebuah perangkat yang di dalamnya mendukung jaringan komputer untuk membuat koneksi jaringan tanpa menggunakan sebuah kabel.

Ada juga yang mengatakan bahwa Wireless Bridge merupakan salah satu jenis bridge untuk mengkoneksikan antara dua jenis jaringan yang dilakukan secara bersamaan dengan menggunakan radio link untuk memberikan fasilitasi pemindahan data.

Cara Kerja Dari Bridge

Bridge Adalah

Cara kerja dari Bridge terbilang cukup rumit, sebab bridge harus memetakan alamat jaringan dari tipe Ethernet terlebih dahulu pada setiap titik, di mana titik tersebut terdapat dalam setiap segmen jaringan dari komputer itu sendiri.

Setelah bridge memetakan alamat tersebut jaringan kepada masing-masing segmen jaringan komputer, selanjutnya perangkat ini akan menyaring data yang dibutuhkan oleh bridge saja.

Sebab, pada saat bridge menerima paket data yang datang, maka perangkat ini akan secara otomatis menentukan sumber dan tujuan dari data tersebut. Namun, pada saat bridge menemukan segmen yang akan dikirimkan sama.

Maka secara otomatis bridge akan menolak pengiriman data tersebut. Namun, sebaliknya apabila segmen yang akan dikirimkan itu berbeda, maka perangkat ini akan meneruskannya ke segmen yang dituju.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Bridge?

Bridge merupakan sebuah komponen yang terdapat pada jaringan komputer yang dipakai untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan, baik itu dari jenis yang sama atau berbeda.

Kekurangan dari Bridge adalah?

Bridge hanya dapat mengirim atau meneruskan paket data dari satu network ke network lainnya dengan kecepatan hanya sekitar 10 MBPS.

Bagaimana cara kerja dari Bridge?

Cara kerja dari Bridge terbilang cukup rumit, sebab bridge harus memetakan alamat jaringan dari tipe Ethernet terlebih dahulu pada setiap titik, di mana titik tersebut terdapat dalam setiap segmen jaringan dari komputer itu sendiri.

Nah, sekian ulasan dari artikel kali ini, semoga membantu dan bermanfaat bagi para pembaca.