Bioma Taiga

Posted on

Di pertemuan artikel kami sebelumnya kami telah membahas materi tentang Bioma Sabana Maka di pembahasan kali ini, kami akan membahas materi tentang bioma taiga. Lalu apa sih bioma taiga itu

Dimana daerah ini merupakan suatu ekosistem yang sangat besar dengan daerah nya yang begitu luas yang didalamnya terdapat juga flora dan fauna yang bertahan hidup di tempat itu.

Untuk lebih jelasnya akan kami jelaskan dalam artikel di bawah ini :

Pengertian Bioma Taiga

Bioma Taiga adalah sebuah hutan yang telah tersusun dari ekosistem dengan cakupan besar dan daerah nya yang luas, terdiri dari berbagai jenis spesies fauna dan flora, dengan ciri khas dari berbagai bentuk spesies didalamnya.

Sementara itu juga hutan yang merupakan dari bahasa dari Rusia sehingga terbentuk lah sebuah gurun yang sering disebut adalah gurun taiga kenapa demikian karena gurun tersebut memiliki hutan yang sangat tebal dan di kelilingi pohon yang sangat tinggi dan daun yang rimbun.

Jadi kesimpulannya adalah sebuah ekosistem yang terletak di dalam hutan yang mana hanya terdapat satu jenis spesies pohon saja.

Contohnya adalah pohon cemara, pinus, konifer, dan lainnya sebagainya.

Atau dengan kata lain memiliki semak-semak dan hewan didalam hutan tersebut seperti moose, beruang hitam, beruang, rubah, serigala, dan burung-burung yang berpindah ke selatan pada musim gugur datang.

gambar-Bioma-Taiga
gambar bioma taiga

Proses Terbentuknya Bioma Taiga

Dalam terbentuknya benua taiga di sini adalah dari sebuah gunung yang menguap sehingga terjadilah pecahan batuan membentuk sebuah lahan yang sangat luas, sehingga terjadi menjadi tanah yang dingin dan ditumbuhi oleh pohon – pohon yang tebal.

Maka daerah tersebut membentuk seperti pemandangan yang sangat indah, dan di penuhi oleh rumput – rumput yang membentuk seperti gunung.

Baca Juga : Bioma Tundra

Lokasi Bioma Taiga

Bioma Taiga yang terletak di sebuah daerah yang memiliki iklim yang dingin, letak nya adalah di sebuah garis Lintang Utara atau garis Lintang Selatan.

Dengan kata lain adalah menempati sebuah wilayah mulai dari perbatasan sampai dengan ujung perbatasan wilayah, sampai sekitar 700 km ke sebelah selatan, hal ini banyak ditemukan pada wilayah bumi bagian utara seperti di Rusia, dan Kanada.

Ciri Ciri Bioma Taiga

Adapun Ciri-ciri yang terdapat pada benua tersebut adalah:

  1. Tumbuhan yang bertahan hidup berjenis homogen karena hanya terdiri dari satu spesies pohon saja, dengan ciri khasnya adalah tumbuhan yang mampu bertahan terhadap suhu yang dingin.
  2. Bentuk daun dari tumbuhan yang hidup berbentuk seperti jarum dan berlapis zat lilin yang berfungsi untuk pertahanan terhadap kekeringan
  3. Perbedaan suhu pada musim panas dan musim dingin sangat tinggi
  4. Selama musim dingin, terjadi hujan salju yang lebat
  5. Pada musim dingin lantai hutan tertutup es akibat turunnya salju yang lapisan nya dapat mencapai 2 meter dibawah permukaan tanah
  6. Suhu yang dingin menyebabkan air menjadi sangat jarang sehingga lingkungan menjadi sangat lembab
  7. Merupakan daerah resapan air
  8. Tanah pada merupakan tanah yang asam

Proses Persebaran Bioma Taiga

Dalam persebaran taiga disini adalah disebabkan nya suatu Atom yang mempunyai wilayah yang sangat luas dibandingkan dengan yang ada di bumi ini. Adapun wilayahnya yang melintasi Amerika Utara dan hingga perbatasan selatan.

Bioma taiga juga banyak terdapat di belahan bumi di bagian utara yakni kawasan Tumbuhan yang mendominasi kemudian pada tumbuhan itu yang terdapat di daerah ini mempunyai ciri di daun nya seperti jarum dan dengan lapisan lilin.

Ciri yang lain dari lingkungan yang ada disini antara lain :

  • Musim dingin yang panjang dan musim panas yang singkat
  • Selama musim dingin air tanah berubah menjadi lapisan es tebal
  • Adapun jenis tumbuhan yang dapat hidup yakni cemara dan pinus
  • Sedangkan pada hewan yang bisa hidup yakni seperti beruang, rusa dan tupai

Jenis Flora dan Fauna Bioma Taiga

Jenis Flora

Dalam Keanekaragaman tumbuhan yang bertahan flora yang mampu bertahan hidup dalam daerah ini seperti.

  • Pohon-pohon konifer
  • Pohon pinus
  • Pohon cemara
  • Lumut kerak

Tumbuhan yang semacam inilah yang mampu bertahan dengan lingkungan abiotik yang cukup ekstrem, maka tidak banyak tumbuhan yang mampu tumbuh pada lingkungan ini.

Struktur ini dapat membuat tumbuhan bertahan dari suhu yang sangat dingin dan pada suhu yang panas, serta membuat tumbuhan tetap kokoh dari tumpukan salju. memiliki struktur morfologi daun yang berbentuk seperti jarum dan akar yang kuat.

Jenis Fauna

Dalam Keanekaragaman sangat banyak sekali memiliki spesies seperti fauna yang terjadi pada lingkungan ini untuk bertahan hidupnya seperti hewan.

  • Beruang hitam
  • Tupai
  • Gagak hitam
  • Kelinci snowshoe
  • Kucing salju
  • Rusa kutub
  • Srigala

Namun beberapa jenis hewan-hewan yang hidup dan berkembang biak pada wilayah ini tidaklah banyak karena tidak mampu beradaptasi dengan berubah nya musim. Misalnya musim dingin, sehingga beberapa hewan pada permukaan itu tertutupi oleh salju.

Dengan hal ini bertujuan hanya untuk mempertahankan diri terhadap pemangsa serta penyimpanan panas pada suhu yang rendah.

Nah itulah sobat penjelasan tentang ilmu Geografi yang singkat ini, semoga dengan artikel ini bisa menambah ilmu pengetahuan kita semua, dan semoga bermanfaat. Terima Kasih

Baca Juga : Bioma Gurun

Related posts: