Bioma Savana

Posted on

Salah satu daerah yang terbesar di Benua Afrika, adalah Amerika Selatan dan Australia, dengan perkembangan suatu ekosistem yang secara struktural sangat kompleks, dan pohon-pohon yang menyebar, terbuka dan bercampur dengan padang rumput.

Nah sobat mungkin dalam artikel kami yang sebelumnya telah membahas beberapa macam Bioma seperti Bioma Adalah dan Bioma Taiga dan masih banyak yang lainnya pengertian tentang bioma yang ada dalam artikel kami.

Terkadang kita selama ini banyak yang belum tahu apa itu bioma karena kurangnya ilmu pengetahuan kita dalam ilmu geografi, tidak jarang di temukan sebagian orang yang paham tentang apa itu bioma supaya kita lebih mengerti lagi pokok materi yang akan kami bahas.

Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini :

Pengertian Bioma Savana

Bioma savana merupakan salah satu sistem biotik di muka bumi yang paling besar, untuk menempati daerah yang paling terbesar di Benua Afrika, Amerika Selatan dan  Australia. Sedangkan Savana adalah suatu ekosistem yang terbentuk secara struktural sangat kompleks.

Dengan demikian bisa di sebut juga sebagai padang rumput yang menutupi lahan yang terbuka cenderung ke dalam permukaan yang sangat memungkinkan untuk terjadi nya lahan savana,

Dalam hal yang semacam ini merupakan faktor utama untuk melakukan pembibitan pohon seperti yang ada di padang pasir, dengan curah hujan musiman dalam satu tahunnya mencapai 50 sampai 150c yang turun secara musiman.

Yang di mana perkembangan bervariasi pada bumi untuk menimbulkan musim hujan yang sangat berat yang selalu berganti-ganti dengan musim kering.  Sehingga perkembangan ekosistem semak akan mengarah ke belukar padang pasir.

Proses Terbentuknya Bioma Savana

Dalam perkembangan ekosistem yang terbesar di benua afrika dalam hal ini membentuk Padang rumput sabana yang secara alami bisa terbentuk karena disebabkan oleh cuaca pada musim hujan.

Curah hujan yang rendah ini sangat menyulitkan perkembangan flora dan fauna untuk bertahan hidup di area tersebut. Sehingga dapat mengakibatkan hanya beberapa jenis tumbuhan Rumput yang mampu bertahan hidup dengan lingkungan alam yang kering.

Ciri ciri Bioma Savana

  1. Curah hujan rendah (hanya sekitar 150 mm/th)
  2. Tumbuhan besar di daerah itu tumbuh nya secara berjauhan
  3. Terdapat di daerah iklim tropis
  4. Jenis tumbuhannya hanya xerofit
  5. Tumbuhan tersebar di daerah tersebut secara berjauhan
  6. Hewan yang tinggal di dalamnya ada pula hewan herbivore
  7. Bulan basah hanya terdapat 2-3 bulan saja

Adapun Jenis tumbuhan pada lingkungan ini adalah Semak belukar atau Tumbuhan xerofit saja yang mampu beradaptasi dengan cara memiliki kekurangan Daun yang tidak banyak sehingga terdapat banyak duri dibandingkan daun.

Manfaat Bioma Savana bagi Masyarakat

Dalam hal ini Masyarakat sekitar juga bisa memanfaatkan daerah sabana pada umumnya adalah sebagai berikut :

Ladang Pertanian

Ladang Pertanian di daerah ini merupakan jenis salah satu usaha pertanian yang di memanfaatkan pada lahan kering, dan tidak membutuhkan banyak air sehingga biasanya yang ditanam pada lahan ini adalah seperti tanaman kacang – kacangan.

Lahan Peternakan

Dalam menggunakan wilayah ini, sehingga masyarakat dapat bebas membiarkan berbagai macam ternak yang akan mereka makan, adapun beberapa jenis hewan yang di ternak biasanya berupa sapi, kambing dan biri – biri, domba, kerbau, kuda, babi dan kelinci.  

Akan tetapi yang paling dominan adalah jenis domba, karena hampir seluruh masyarakat sekitar yang tinggal pada daerah ini memelihara domba.

Musim Pada Bioma Savana

Curah Hujan

Dengan memiliki Curah hujan yang sangat besar sekitar 90-150 cm/dalam satu tahunnya, sehingga sangat bergantung pada kondisi cuaca dan frekuensi dalam suatu waktu.

Karena dalam kondisi ini akan mengakibatkan savana terkenal dengan kondisi yang sangat kering dan menjadi habitat makhluk hidup yang sesuai dengan kondisi tersebut. Dalam sepanjang tahun suhu disini tetap hangat sehingga musim hujan rata-rata suhu 35°C, memiliki tingginya suhu di daerah ini membuat curah hujan menjadi rendah.

Flora Dan Fauna Pada Bioma Savana

Jenis Flora

Pada umumnya jenis Flora yang berkembang biak dalam lingkungan ini adalah salah satunya jenis flora Rumput semak belukar ( xerofit), dan tidak pernah bisa lepas dari permukaan bumi.

Dalam kondisi yang seperti ini adalah memiliki lahan yang kering sehingga semua jenis tumbuhan tidak bisa tumbuh pada habitatnya pada lingkunganini.

Tumbuhan yang mampu hidup di savana dengan beradaptasi untuk membentuk morfologi secara khusus guna mencegah penguapan air yang berlebihan.

Hal tersebut bisa kita dilihat dari berbagai bentuk daun yang tidak lebar, dengan adanya tempat penyimpanan air, dan akar yang panjang.

Jenis Fauna

Dalam jenis fauna sama halnya seperti tumbuhan, kenapa demikian karena hewan yang hidup di lingkungan savana sangat mampu untuk beradaptasi dengan kondisi yang kering kering.

Selain itu juga faktor hewan yang dapat hidup di bioma savana ini adalah berupa hewan yang memakan rumput seperti hewan yang berjenis herbivora.

Contohnya : Zebra, rusa, gajah, dan kerbau.

Dari beberapa jenis hewan herbivora diatas bisa kita temui juga pada beberapa bioma seperti, pada Bioma Tundra . Apabila ketersediaan air dan makanan di sebuah lingkungan Bioma Sabana semakin menipis hewan-hewan yang mampu bertahan hidup di lingkungan tersebut.

Nah Itulah sobat pembahasan kami dalam artikel rumus.co.id tentang Bioma savana ini, semoga dengan adanya artikel kami bisa menambah ilmu pengetahuan kita semua tentang ilmu Geografi, Dan semoga bermanfaat.

Terima Kasih

Baca Juga :