Bioma Sabana

Posted on

Dari artikel sebelumnya kami telah membahas materi – materi tentang  ilmu pelajaran Geografi maka di pertemuan kali ini akan kami paparkan lebih dalam lagi yang meliputi tentang bioma sabana.

Supaya kita lebih mengerti lagi tentang materi yang akan kami sampaikan di dalam artikel kali ini untuk lebih lengkapnya.

Mari kita simak ulasan dibawah ini :

Pengertian Bioma Sabana

Sabana ialah padang rumput yang dikelilingi oleh pohon-pohon yang tumbuh nya menyebar, dan biasanya pepohonan seperti pohon palem dan pohon akasia.

Sabana juga merupakan salah satu sistem biotik yang terbesar di bumi yang menempati darah yang luas di sebuah Benua Afrika, Amerika Selatan dan Australia.

Adapun Bioma ialah dari sebuah ekosistem yang sangat besar dalam sebuah daerah yang luas terdiri atas flora dan fauna yang khas, hal ini terbentuk karena perbedaan letak geografis dan astronomis.

Sistem yang seperti ini biasanya terbentuk di antara daerah tropis dan subtropis, karena kurangnya curah hujan yang menjadikan pendorong munculnya sabana, Sehingga sabana juga sering dikenal padang rumput yang tropis.

Sedangkan Iklim yang semacam ini sangat cocok untuk menjadi gurun pasir karena tidak terlalu kering, namun tidak juga basah untuk dijadikan hutan.

Ada beberapa benua yang memiliki padang Sabana adalah Afrika, Australia, dan Amerika Selatan. Namun di Negara kita juga tedak mau kalah ada juga padang Sabana yang semacam ini yaitu di Nusa Tenggara Timur.

Proses Terbentuknya Bioma Sabana

Secara alami padang rumput sabana terbentuk pada umum nya disebabkan oleh suhu cuaca dengan tingkat curah hujan yang sangat rendah, yakni hanya sekitar 20 mm dalam satu tahun nya, curah hujan yang rendah akan menyulitkan tumbuhan untuk menyerap air.

Sehingga bisa mengakibatkan hanya bentuk jenis tumbuhan rumput saja yang dapat bertahan hidup atau beradaptasi dengan lingkungan alam yang kering.

Hal yang seperti ini mengakibatkan hanya jenis rumput lah tumbuh – tumbuhan yang dapat bertahan hidup, Maka tumbuhan yang sejenis rumput lah yang bisa bertahan hidup di lingkungan yang semacam ini.

Dan ada juga dari berbagai spesies atau yang sejenisnya dari bermacam- macam spesies sehingga membentuk suatu padang yang sangat luas sebagai padang sabana atau bisa dikatakan dengan padang rumput.

gambar-Bioma-Sabana
gambar bioma sabana

Ciri-Ciri Bioma Sabana

  1. Memiliki suhu yang panas sepanjang tahun
  2. Hujan musiman yang sering terjadi, atau yang menjadi faktor penting untuk terbentuknya sabana
  3. Sabana bisa berubah menjadi semak belukar apabila musim hujan tiba mengarah ke daerah intensitas nya
  4. Sabana Bisa membuat perubahan hutan yang basah apabila musim hujan tiba mengarah ke daerah yang intensitas

Jenis Bioma Sabana

Dari beberapa penjelasan diatas sabana juga memiliki berbagai jenis yaitu :

 A. Jenis Vegetasi Penyusunnya

  1. Sabana campuran, adalah sabana yang mempunyai berbagai jenis vegetasi dalam penyusun.
  2. Sabana murni, adalah sabana yang hanya mempunyai satu jenis vegetasi dalam penyusun saja.

B. Jenis Tipe Ekologi 

  • Semiseasonal, adalah sabana yang dipengaruhi oleh iklim lemah dan berkaitan dengan kondisi tegangan air
  • Seasonal, adalah sabana yang mempunyai iklim yang jelas berkaitan dengan banyaknya tumbuhan yang tumbuh
  • Hyperseasonal, adalah sabana yang berhubungan dengan kelebihan dan kekurangan air pada setiap tahunnya.

Flora dan Fauna di Sabana

Flora

Pada umumnya Jenis flora yang terdapat di sebuah daerah bagian sabana yakni ekaliptus (dominan pada daerah Australia) dan baobab (adansonia digtata), yang memiliki ciri–ciri daun yang bercabang membentuk tajuk seperti payung yang melebar, dan batang relatif kasar.

Namun bisa terdapat juga dari beberapa pohon seperti pohon palem dan akasia meski dalam jumlah yang sangat sedikit sekali.

Fauna

Pada umumnya jenis flora, yang ada di padang rumput mempunyai ciri khas yaitu seperti hewan atau fauna yang hidup di padang rumput adalah Binatang herbivora Seperti rusa, zebra, kuda, kambing liar, gajah, kerbau, jerapah, dan lain sebagainya.

fauna-rusa
fauna-rusa
fauna-zebra
fauna-zebra
fauna-kuda
fauna-kuda
fauna-kambing
fauna-kambing
fauna-gajah
fauna-gajah
fauna-kerbau
fauna-kerbau
fauna-jerapah
fauna-jerapah

Sementara ada juga binatang karnivora  yang hidup di sabana atau padang rumput yang akan mencari makan dengan memburu binatang- binatang herbivora pemakan rumput.

Beberapa binatang karnivora yang tinggal di padang rumput Seperti singa, macan, anjing hutan, dan hyena.

fauna-singa
fauna-singa
fauna-macan
fauna-macan
fauna-anjing
fauna-anjing
fauna-hyena
fauna-hyena

Musim Pada Bioma Sabana

Terdapat juga dua musim yang berbeda pada daerah bioma sabana yaitu :

  • Musim kering yang sangat panjang, yang curah hujan nya rata – rata hanya sekitar 10 cm. Dan diantara bulan Desember dan Februari tidak ada hujan yang turun sama sekali
  • Musim basah, atau disebut juga musim hujan, curah hujan yang turun rata – rata sekitar 50 – 100 cm. Pada daerah Afrika, musim ini dimulai pada bulan Mei.

Manfaat Bioma Sabana Bagi Masyarakat

Sebagian masyarakat pada umumnya memanfaatkan wilayah tersebut adalah sebagai :

Lahan Ladang Pertanian

Ladang yang ada di wilayah sabana merupakan salah jenis usaha yang cocok untuk ladang pertanian, karena di ladang tersebut dan tidak membutuhkan banyak air. Biasanya masyarakat sekitar memanfaatkan pada lahan ini adalah di berkebun seperti kebun kacang – kacangan.

Lahan Peternakan

Pada umumnya di wilayah bioma sabana menggunakan wilayahnya dengan bebas untuk membiarkan binatang – binatang yang hidup agar bisa berkembang biak, karena masyarakat di tempat itu dapat ternak hewan – hewan yang akan di ternak biasanya berupa sapi, biri – biri, domba, kambing, kerbau, kuda, babi dan kelinci.

Tetapi dalam kehidupan mereka yang paling dominan adalah domba, karena hampir seluruh masyarakat yang tinggal pada daerah ini memelihara domba.

Demikian lah artikel kami yang membahas materi tentang ilmu Geografi mengenai bioma sabana, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua. Terima Kasih

Baca Juga :