Bioma Gurun

Posted on

Dalam artikel kali ini kami akan merangkum tentang materi makalah bioma gurun yang dilengkapi dengan pengertian dan proses terjadinya gurun serta ciri-cirinya.

Sebelum kami membahas lebih detail tentunya kita harus tau dulu apa sih bioma gurun itu. Hal tersebut adalah merupakan sebuah dominasi dari batu/pasir dengan tumbuhan yang sangat jarang sekali di temukan di sepanjang daerah.

Sehingga ditemukan di daerah dalam kompleks gurun Sahara, gurun Arab dan gurun Ghobi dengan luas mencapai 15 juta km persegi, yang memiliki suhu, keadaan ekosistem, maupun flora dan fauna nya.

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Bioma Gurun

Bioma gurun adalah sebuah daerah yang penyebaran gurun melalui ekosistem yang halus seperti identik dengan padang pasir yang sangat luas. Hal yang demikian jarang sekali hujan, dan memiliki suhu yang ekstrim, sehingga gurun di sini memiliki tumbuhan yang khas seperti kaktus, serta hewan yang khas seperti unta.

Gurun juga dapat kita artikan sebagai suatu daerah yang sekelilingnya terdapat juga hamparan pasir-pasir dan suhu yang sangat panas dan gersang, dan curah hujan sangat rendah.

Sehingga tumbuhan dan hewan yang bertahan hidup dalam ekosistem gurun di sini seperti Flora dan Fauna sangat jarang sekali untuk bertahan hidup kecuali memang hewan – hewan yang pada habitatnya khas hewan padang pasir seperti Unta.

gambar bioma gurun
Gambar Bioma Gurun

Proses Terjadinya Bioma Gurun

Adapun Proses sehingga terjadinya gurun terbagi menjadi dua bagian, yaitu :

A. Pelapukan Batuan

Adalah sebuah batuan yang rapuh dan di dukung suhu cuaca yang ekstrim sehingga batuan menjadi pecah dan terbentuk pasir.

B. Penguapan Air Dan Tanah

Yaitu terjadinya penguapan air dan tanah karena suhu yang berlebihan terhadap permukaan tanah dan atmosfer.

Ciri Ciri Bioma Gurun

Gurun mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Curah hujan yang sangat rendah, <200 mm/tahun dengan intensitas panas matahari sangatlah tinggi.
  2. Tingkat penguapan (evaporasi) yang lebih tinggi dari curah hujan
  3. Air dan tanah cenderung asin karena memiliki larutan garam dalam tanah tidak cenderung berpindah dengan baik karena pencucian oleh air maupun drainase
  4. Tumbuhan yang bertahan hidup di daerah gurun umumnya jenis tumbuhan yang mempunyai daun yang kecil
  5. Daun yang kecil sangat berfungsi untuk mengurangi penguapan
  6. Akar yang panjang berfungsi sebagai untuk mengambil air

Jenis Bioma Gurun

Berdasarkan bentuk dan wujud dari bioma gurun terdiri atas dua jenis, yaitu :

1. Bioma Gurun Panas

Dalam bioma gurun panas ini sangat identik dengan padang pasir yang luas, yaitu merupakan dari suatu wilayah di daerah yang memiliki iklim subtropics. Dengan hamparan pasir dan bisa di sebut juga dengan kondisi vegestasi yang sangat terbatas.

Atau dengan kata lain suhu udara yang tinggi (amplitude) dan suhu harian denga curah hujan rendah (kurang dari 30 mm/tahun), atau penguapan tinggi.

Baca Juga : Stepa Adalah

2. Bioma Gurun Dingin

Pada Bioma gurun dingin ini sangat identik dengan daerah Tundra, yaitu memiliki wilayah daerah dengan iklim yang sangat dingin sampai ke kutub (terutama lingkaran Arktik).

Atau dengan kata lain permukaannya yang selalu ditutupi oleh salju atau es, serta memiliki jenis vegetasi (flora) yang didominasi oleh lumut (lichenes) dan semak, dan memiliki suha sekitar 57º C dalam satu tahunya.

Berdasarkan penelitian tingkat kekeringan dan curah hujannya terdiri dari :

  • Gurun sangat kering, yaitu gurun yang selama dua belas bulan hampir tidak ada  Contohnya : seperti Guruh Thar di India
  • Gurun Kering, yaitu gurun yang memiliki curah hujan kurang dari 200mm/ tahun Contohnya seperti Gurun Agatsya Malai di India
  • Gurun setengah kering, yaitu gurun yang memiliki curah hujan antara 200 mm sampi 500 mm/ tahun. Contohnya seperti Gurun Oregon Timur di Amerika Serikat

Flora dan Fauna Bioma Gurun

Jenis Flora

Jenis tumbuhan flora yang terdapat pada gurun adalah tumbuh adalah :

Contoh nya :

  1. Kaktus
  2. Sukulen
  3. Pohon kurma
  4. Semak beracun

Bentuk Adaptasi Flora

Bentuk adaptasi yang dilakukan oleh flora yang hidup pada daerah bioma gurun antara lain :

  • Daun ditutupi oleh kutikula yang tebal
  • Daun menyempit berbentuk duri untuk mengurangi penguapan
  • Akar panjang dengan terdapat jaringan spons untuk menyimpan air
  • Pada tanaman kaktus, memiliki kemampuan menyerap air selama musim hujan dan mempunyai kemampuan adaptasi metabolik untuk menghemat air dalam lingkungan kering serta adaptasi protektif untuk menghalangi agar tidak termakan oleh mamalia atau serangga, contohnya terdapat duri atau racun.

Baca Juga : Bioma Sabana

Jenis Fauna

Jenis Hewan Fauna yang terdapat pada gurun adalah hewan :

Contohnya :

  1. Tikus
  2. Ular
  3. Hamster
  4. Gebril
  5. Unta
gebril-bioma-gurun

Bentuk Adaptasi Fauna

Fauna pada Bioma Gurun memiliki bentuk adaptasi seperti hanya beraktifitas pada malam hari sedangkan pada siang hari membuat lubang dan bersembunyi di dalamnya.

Kesimpulan Dalam Pembahasan

Dari beberapa penjelasan di atas maka dapat kita diambil kesimpulan bahwa pengertian gurun ialah suatu daerah yang sekeliling nya terdapat hamparan pasir-pasir, dan memiliki curah hujan nya sangat kecil, atau suhu sangat panas.

Sedangkan kata dari bioma gurun yaitu ekosistem yang terdapat di wilayah gurun, diantaranya padang pasir, batuan, flora dan fauna yang hidup di dalamnya meski sangat jarang ditemui.

Itulah Sobat tulisan yang singkat ii tentang pengertian gurun, semoga dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan kita, sekian dan terimakasih.

Baca Juga : Prinsip Geografi