Biodiversitas Adalah

Posted on

Halo sobat semua ketemu lagi dengan kami di rumus.co.id Dalam artikel kami yang satu ini kami akan membahas ilmu tentang geografi, Mungkin sebagian di antara kita belum mengenal apa itu Biodiversitas.

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi sekilas, negara yang kaya akan keanekaragaman biodiversitas. Lalu apa saja manfaat dari materi yang akan kamu bahas Biodiversitas adalah ekosistem di suatu kawasan sangat kaya akan beraneka ragam ekosistem baik di daratan maupun di perairan nya.

Supaya kita lebih muda memahami nya simak penjelasan dibawah ini :

Pengertian Biodiversitas

gambar-Biodiversitas
Contoh Gambar Biodiversitas

Biodiversitas Adalah sebuah keanekaragaman yang berbentuk organisme yang menunjukkan keseluruhan variasi gen, jenis, dan ekosistem pada suatu wilayah.

Keanekaragaman hayati adalah salah satu bentik variasi dengan berbagai perbedaan mulai dari penampilan, jumlah, sifat, dari berbagai tingkatan, baik dari tingkatan gen, tingkatan spesies, maupun tingkatan dalam ekosistem.

Namun ada juga faktor yang bersifat lingkungan karena tidak muncul (tidak tampak) di dalam ekosistem yang ada,akan tetapi lingkungannya yang berbeda, sehingga mengakibatkan terjadinya perbedaan faktor genetik dengan faktor lingkungan.

Dengan adanya keanekaragaman dari kedua faktor ini, yaitu faktor keturunan genetik dan faktor keturunan lingkungan, dengan adanya Faktor keturunan akan menyebabkan adanya gen yang akan membawa dasar atau sifat bawaan.

Salah satu contohnya adalah bisa kita lihat dari segi tanaman tanaman seperti Hortensia secara stek ke dalam dua pot yang diberi media tanam yang berbeda, karena dari tanaman stek, akan mengakibatkan tanaman yang genetik.

Baca Juga : Menhir Adalah

Manfaat Biodiversitas

Lalu apa saja manfaat dari biodiversitas ini :

  • Menyediakan jasa bagi ekosistem seperti air minum, pembentuk kan dan perlindungan tanah, penyimpanan dan daur hara, mengurangi dan menyerap polusi, menjaga stabilitas iklim, melindungi ekosistem dan membantu penyerbukan tanaman
  • Sumber daya hayati seperti makanan, obat-obatan, bahan baku industri, tanaman hias, stok pemulihan dan penyimpanan populasi.
  • Manfaat sosial untuk pendidikan, rekreasi, penelitian dan kebudayaan.

Keanekaragaman Biodiversitas

Keanekaragaman Gen

Keanekaragaman Gen adalah substansi yang berupa bahan kimia yang menentukan sifat dan keturunan sehingga yang terdapat di dalamnya adalah kromosom.

Kromosom disini berupa sifat yang membawa penurunan (gen) di dalamnya terdapat Perbedaan jumlah dan susunan dari faktor menurun tersebut akan menyebabkan terjadinya keanekaragaman gen.

Segala perbedaan yang terdapat dalam hal ini disebabkan ada spesies gen, karena keanekaragaman gen ini adalah segala perbedaan yang ditemui pada makhluk hidup dalam satu spesies.

Contohnya :

Salah satu dari keanekaragaman yang berjenis tanaman seperti bunga mawar putih dengan bunga mawar merah memiliki perbedaan, yaitu berbeda dari segi warna.

Keanekaragaman Jenis

Keanekaragaman jenis adalah segala perbedaan yang ditemui pada makhluk hidup antar jenis dan antar spesies. Perbedaan tersebut guna membentuk organisme dalam satu golongan atau lebih sehingga dapat terlihat lebih mudah diamati daripada perbedaan antar individu dalam satu spesies.

Contohnya :

Dalam tumbuhan yang berjenis kacang-kacangan yang sering kita kenal dengan sebutan kacang tanah, kacang hijau, atau jenis kacang-kacangan yang lainnya sehingga dapat dengan mudah membedakannya karena di antara mereka ditemukan ciri khas yang sama, Akan tetapi, ukuran dan bentuk nya yang berbeda.

Contoh lainnya bisa kita lihat keanekaragaman jenis pada pohon kelapa, atau pohon pinang, dan juga pada pohon palem.

Keanekaragaman Ekosistem

Ekosistem bisa diartikan sebagai salah satu hubungan atau interaksi timbal balik antara makhluk hidup dengan benda yang lainnya atau dengan lingkungan yang ada pada sekitarnya.

Suatu lingkungan terdapat juga satu jenis makhluk hidup akan tetapi dihuni oleh jenis makhluk hidup lain yang sesuai dengan habitat nya masing – masing, sehingga lingkungan tersebut akan dihuni berbagai makhluk hidup dengan berlainan jenis yang hidup berdampingan.

Pada suatu daerah mampu menyebabkan beberapa jenis makhluk hidup (biotik) yang dapat beradaptasi kepada lingkungan tersebut dari bermacam perbedaan jenis. Komponen yang semacam ini seperti biotik maupun dengan mudah untuk beradaptasi dengan faktor sesuai dengan fungsinya sehingga dapat menghasilkan sebuah ekosistem.

Contohnya :

  • Seperti Hutan hujan tropis
  • Hutan gugur
  • Padang rumput
  • Padang lumut
  • Gurun pasir
  • Sawah atau ladang

Baca Juga : Stepa Adalah

Tantangan Biodiversitas

Tantangan biodiversitas adalah tantangan yang sangat besar bagi umat manusia karena adanya perubahan iklim dan kepunahan spesies, sehingga konservasi sangat mutlak untuk diperlukan.

Adapun Konservasi hutan tropis menjadi kan salah satu kawasan urban mampu menyebabkan penurunan signifikan dari beberapa jumlah hayati atau spesies di dalamnya.

Saat ini manusia dapat meningkatkan konsumsi dalam keanekaragaman yang berakibat menurunkan hayati, namun perubahan iklim juga menyebabkan perubahan yang sangat baik untuk perkembangan ekosistem flora yang pada habitatnya pada hutan tropis.

Dari beberapa penjelasan diatas tentang ilmu biologi melipti pengertian, manfaat, keanekaragaman beserta contohnya dan tantangan biodiversitas, dari materi yang kami bahas semoga bisa memberikan wawasan dan menambah ilmu pengetahuan kita semua dan semoga bisa bermanfaat. Terima kasih

Baca Juga : Pola Aliran Sungai