Bentuk Negara Jepang

Posted on

Hallo sobat Rumus.co.id kali ini kami akan membahas materi tentang Bentuk Negara Jepang dengan sistem pemerintahannya dalam kesatuan dan federasi – lengkap dengan pengertian, ciri ciri, lembaga dan letaknya, supaya mudah dipahami.

Bentuk Negara Jepang – adalah salah satau bentuk dari sekian banyak negara yang perkembangannya sangat meningkat dengan pesat karena kehebatan teknology dan daya pikirnya.

Langsug saja simak pembahasan di bawah ini…?

Negara Jepang Adalah

Bentuk-Negara-Jepang

Negara Jepang Adalah sebuah negara yang bersifat monarki dan konstitusional sebagai kepala negara kaisar, yang memiliki batasan yang luas karena menganut bentuk pemerintahan atau mematuhi hukum yang sangat kuat.

Jepang juga negara yang memiliki sistem pemerintahan parlementer dengan dipimpin oleh perdana menteri yang dipegang oleh perpaduan prisiden pada persatuan rakyat.

Dengan terbentuknya konstitusi baru negara ini akan menganjurkan pasifisme atau pasifisme dengan menerapkan praktik dalam sistem demokrasi liberal.

Karena dalam hal ini juga tidak diizinkan mengembangkan industri sebagai sistem pertahanan negara yang dapat menerapkan sistem pemerintahan sipil.

Baca Juga: Contoh Konstitusi

Sejarah Perkembangan Negara Jepang

Sejarah Perkembangan Negara Jepang tepatnya pada tahun 1881-1931 telah membenutk sistem hukum yang diperkenalkan oleh sistem hukum yang lebih modern.

Dengan kondisi yang didasarkan pada asumsi dalam kejahatan dan akan dibatasi oleh aturan yang sesuai dengan dasar hukum untuk pembentukan hukum yang baru.

Pemerintah Jepang telah dianggap mudah mengadopsi sistem pemerintahan dengan penerapan karakteristik sistem hukum dalam kontinental dari negara-negara Inggris.

Jepang mengeluarkan konstitusi tahun 1947 sebagai simbol dalam melakukan demokrasi, dengan perkembangan dari lembaga-lembaga politik yang sudah modern.

Namun hal ini memiliki konsekuensi yang harus di tanggung dengan mengikuti sistem pemerintahan dan politik yang diperkenalkan oleh negara-negara pemenang.

Baca Juga: Tujuan Pendidikan Pancasila

Sistem Pemerintahan Jepang

  • Sistem pemerintahan Jepang menganut sistem konstitusional yang didirikan oleh pemerintah yang mengakui raja atau ratu sebagai kepala negara Triassic Politica.
  • Jepang memiliki sistem dalam kekuasaan yang tertua dan sudah diakaui oleh rakyat selama pemilihan taja dan ratu tahun 2012 dalam pemerintahanya yang berkembang.
  • Jepang juga memiliki sistem yang sudah melekat pada negara dalam ideologi dunia yang berada di bawah satu atap negaranya.
  • Memiliki sistem dengan perkembangan pada tahap partai politik di Jepang dengan Restorasi Jepang .

Baca Juga: Letak Astronomis Indonesia

Letak Dan Lauas Negara Jepang

Dari sudut pandang dalam bidang astronomi letak 300 garis lintang utara (LU), antara 1280 garis bujur timur dan 1460 garis bujur timur (BT).

Wilayah Jepang dibagi menjadi empat pulau adalah sebagai berikut.

  • Hokkaido dengan luas 78.513 km2.
  • Honshu dengan luas 230.822 km2.
  • Shikoku dengan luas 18.782 km2.
  • Kyushu dengan luas 42.030 km2.

Batasan geografis negara Jepang

  • Utara berbatasan pada Laut Okhotsk.
  • Timur berbatasan pada Pasifik.
  • Sisi barat berbatasan pada Laut Jepang.
  • Selatan berbatasan pada Laut Cina Timur.
  • Jadi total luas wilayah ini mencapai 377.835 km2.

Jadi tetelah mengetahui kondisi astronomi dan geografis ini terdapat di sebuah bentang alam yang ada diJepang akan dipengaruhi oleh kondisi alam.

Baca Juga: Contoh Budaya Politik

Lembaga Negara Jepang

Lembaga Negara Jepang adalah sebuah bidang yang memegang konstitusi yang telah berlaku pada tahun 1947 dalam prinsip-prinsip seabagai penghormatan terhadap hak asasi manusia.

Maka Lembaga konstitusi negara ini akan mengatur independensi dari tiga struktur dalam lembaga negara diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Eksekutif

Eksekutif adalah salah satu bentuk dari kabinet yang terdiri dari menteri yang sudah terpilih dan perdana menteri yang akan memiliki 47 prefektur atau provinsinya.

Pemerintahnya akan bertanggung jawab dalam bidang :

  • Pengembangan – adalah sebuah bidang dalam pengembangan infrastruktur yang sangat maju dengan perkebangan teknology dalam bidang transportasi yang sangat tepat.
  • Pendidikan – adalah sebuah bidang yang bagus dari pengembangan beberapa universitas yang sudah terkenal untuk bidang komunitas yang sering berinovasi dalam teknologi.
  • Layanan publik – adalah sebuah bentuk pada layanan publik yang sangat baik dan sudah terorganisir untuk memberikan kenyamanan.

2. Legislatif

Legislatif adalah sebuah bidang yang membentuk dari segala tugas-tugas dalam sebuah lembaga negara legislatif yang didasari sesuai dengan kekuatan parlemen.

Maka dalam sistem parlementer akan beroperasi dengan berdasarkan prinsip yang dikenal sebagai Kokkai.

3. Keadilan

Keadilan adalah sebuah bidang dalam pembentukan pemerintahan negara dengan kekuasaan oleh mahkamah agung dan pengadilan yang lebih rendah.

Dalam hal ini pengadilan akan didampingi oleh 14 hakim dari sebuah kasus yang muncul dari orang yang bersangkutan terhadap kasus-kasus dalam pelanggaran.

Sekian sobat yang dapat Rumus.co.id sampaikan pembahasan tentang Bentuk Negara Jepang dengan sistem pemerintahnya, semoga berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya: