Bentuk – Bentuk Negara

Posted on

Bentuk – Bentuk Negara – Negara didefinisikan sebagai organisasi atau lembaga tertinggi dari suatu kelompok masyarakat, yang didalamnya terdiri atas sekelompok orang yang ada di kawasan tertentu, bercita-cita untuk hidup berdampingan serta mempunyai pemerintahan yang kuat.

Bentuk - Bentuk Negara

Di dalam bahasa Inggris, istilah Negara ini disebut dengan “State” yang mana asal katanya berasal dari bahasa Yunani Statum yang memiliki arti tegak atau tetap. Sedangkan jika di Indonesia, istilah “Negara” didapat dari bahasa Sansekerta “Nagari” atau “Nagara” artinya kawasan atau penguasa.

Secara harfiah, Negara diartikan sebagai organisasi yang didalamnya memiliki anggota yang menetap serta mempunyai tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan.

Di dunia ini terdapat banyak sekali bentuk-bentuk negara yang perlu kalian ketahui. Namun, sebelum kita mengetahui apa saja bentuk negara yang ada di dunia, maka ada baiknya jika kita mengetahui unsur-unsur dari Negara yang ada di bawah ini.

Unsur – Unsur Penyusun State

Di bawah ini terdapat beberapa penjelasan dari unsur-unsur yang menyusun suatu Negara, diantaranya adalah :

1. Rakyat

Untuk istilah yang umum, istilah komunitas atau kelompok orang yang berinteraksi dan tinggal di suatu daerah sering digunakan untuk menggantikan istilah Rakyat.

Sedangkan, untuk istilah Rakyat secara implisit lebih mengasumsikan bahwa ada kelompok lain yang memiliki kekuatan lebih dari orang, yaitu pemerintah.

2. Wilayah

Daerah yang disebutkan di sini adalah tempat fisik dengan batas wilayah yang jelas. Daerah harus dipahami secara geografis sehingga mereka terbiasa dengan area fisik termasuk tanah, air dan udara.

Batas wilayah negara didasarkan pada keputusan politik yang dihasilkan dari negosiasi internasional. Selalu ada tanda di tepinya sehingga orang tahu tentang itu. Tanda-tanda ini bisa berbeda, dari mangkuk kayu hingga garis warna, dari kawat berduri hingga tembok besar.

3. Pemerintah yang Berdaulat

Pemerintah Berdaulat artinya adalah sebuah pemerintah yang memiliki kewenangan tertinggi guna mempertahankan, mengamankan, mengatur serta menjalankan tata cara dari pelaksanaan pemerintahan dalam suatu negara secara penuh.

4. Adanya Pengakuan Negara Lain

Ini benar-benar diperlukan dalam sistem hubungan internasional. Namun, ini termasuk elemen deklaratif, yang berarti sah untuk menjadi negara tanpa pengakuan selama tiga elemen lainnya (orang, wilayah, pemerintah) puas.

Baca Juga :
Negara Serikat
Fungsi dan Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli
Perbedaan Bangsa Dan Negara

Bentuk – Bentuk Negara

Setelah melihat beberapa penjelasan dari unsur-unsur penyusun Negara berikut ini terdapat berbagai bentuk atau jenis dari Negara yang ada di dunia ini, diantaranya adalah :

1. Negara Federal

Negara federal sering disebut sebagai Negara Serikat (United States). United States didefinisikan sebagai bentuk negara yang tersusun atas kumpulan beberapa negara bagian dari negara itu sendiri. 

Seluruh negara bagian diatur oleh peraturan tentang pemisahan kekuasaan antara pemerintah federal dan negara bagian.

Ciri – Ciri Dari Negara Federal adalah :

  • Negara federal mempunyai kedaulatan di dalam dan juga di luar yang disebut sebagai negara terbatas. Ini juga semakin mempertegas bahwa negara bagian tidak mempunyai kedaulatan, tetapi kekuatan nyata masih menjadi milik negara.
  • Setiap negara bagian tentunya mempunyai pemerintahannya sendiri, termasuk kepala negara dan kabinetnya, serta para wakilnya.
  • Setiap negara dapat membuat dasar peraturannya sendiri. Namun, dasar hukum dan peraturan yang dibuat oleh negara harus sejalan dengan dasar hukum negara serikat.

2. Negara Kesatuan

Bentuk dari negara kesatuan ini merupakan kebalikan dari negara serikat. Organisasi di bawah pemerintahan negara kesatuan ditentukan dan diatur oleh pemerintah pusat.

Sementara itu, negara-negara di bawah hukum hak asasi manusia yang mendasar dari negara serikat dapat membuat peraturan mereka sendiri untuk membentuk organisasi pemerintah di bawahnya.

Pemerintah pusat memiliki 100% kedaulatan internal dan eksternal. Tidak ada organisasi pemerintah yang berdaulat selain pemerintah pusat. Karena itu, negara kesatuan hanya mempunyai satu kepala negara, yang didukung oleh tingkat menteri, atau hanya satu parlemen.

Ciri – Ciri Dari Negara Kesatuan adalah :

  • Unitary State hanya memiliki satu pemerintah pusat dengan beberapa wilayah.
  • Setiap negara kesatuan yang ada di dunia hanya mempunyai satu bendera serta satu UU sebagai dasar hukum negaranya.
  • Dalam pemerintahan negara yang bersatu hanya memiliki 1 dewan perwakilan.
  • Negara kesatuan mengembangkan kebijakan hanya di bidang politik, urusan sosial, ekonomi dan keamanan.

3. Negara Konfederasi

Konfederasi adalah negara yang dibentuk oleh persatuan beberapa negara yang menandatangani perjanjian internasional yang berisi kekuatan-kekuatan tertentu yang telah didelegasikan ke konfederasi.

Meskipun ini merupakan kombinasi dari beberapa negara bagian, negara bagian konfederasi tidak sama dengan negara serikat.

4. Negara Netral

negara netral yakni sebuah negara yang secara sengaja menahan diri untuk tidak terlibat dalam konflik internasional. Bentuk negara netral bisa bersifat tetap maupun sementara. Selain itu, bentuk negara netral juga bisa diartikan politik netral (netralisme positif).

Kemudian, bagaimana negara dapat dikatakan sebagai negara netral tetap atau netral sementara? Negara-negara dengan bentuk netral tetap umumnya memiliki karakter netral, yang dijamin oleh perjanjian internasional. Sementara itu, negara netral yang hanya sementara memiliki karakter netral sesuai dengan keinginannya.

F.A.Q

Apa itu Negara?

Negara didefinisikan sebagai organisasi atau lembaga tertinggi dari suatu kelompok masyarakat, yang didalamnya terdiri atas sekelompok orang yang ada di kawasan tertentu, bercita-cita untuk hidup berdampingan serta mempunyai pemerintahan yang kuat.

Tujuan dari Negara adalah?

1. Bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi semua rakyatnya.
2. Guna memajukan kesejahteraan publik.
3. Bertujuan untuk memberikan kedamaian, keamanan dan juga kesejahteraan bagi semua bangsanya.

Apa arti dari istilah Tanah Air?

Tanah air merupakan salah satu istilah yang sering digunakan oleh bangsa Indonesia guna menyebutkan seluruh bumi Indonesia yang tersusun atas daratan dan juga lautan. 

Demikianlah pembahasan singkat dari materi yang ada diatas, semoga bisa menjadi ilmu tambahan bagi para pembaca.