Batuan Sedimen

Posted on

Batuan Sedimen – Kali ini penulis masih membahas ilmu biologi di mana meteri yang akan di bahas adalah Batuan Sedimen, kenapa demikian karena kurang nya ilmu pengetahuan kita tentang ilmu geografi, bumi terdapat beberapa jenis batuan di antara adalah materi pokok yang akan kami bahas di dalam artikel kami di rumus.co.id .

Untuk mempersingkat waktu lansung saja simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Batuan Sedimen

Batuan-Sedimen

Batuan sedimen adalah salah satu hasil dari proses terbentuknya erosi dan pelapukan batu sehingga terbawa arus dan di proses dalam endapkan tanah atau diawali dari pengikisan pada batuan yang beku sehingga menjadi lapisan-lapisan kalsium karbonat zat garam.

Berbagai macam jenis batuan yang ada di dunia ini sehingga banyak sekali macam dan jenisnya kemudian diklasifikasikan dari bermacam- macam kategori bahkan batuan mempunyai jenis yang terdapat di dalamnya hal ini di sebabkan banyaknya batuan yang salah satunya kuasa Tuhan yang Maha Kuasa.

Bumi di antaranya salah satu yang dapat dihuni oleh manusia dan merupakan penghuni yang cocok ditempati oleh makhluk hidup dari berbagai macam penghuni dari berbagai macam manusia dan makhluk hidup lainnya.

Baca Juga : Sistem Tata Surya

Mengenal Batuan Sedimen

Batuan sedimen ini terbentuk dari hasil pemadatan atau endapan yang berupa batu yang lepas atau yang sering disebut sebagai endapan batuan yang terbentuk dari bahan-bahan yang terbawa oleh angin.

Tidak banyak orang yang tahu bahwasan nya batuan sedimen ternyata jumlah nya sangatlah banyak di temukan dan tersebar dari permukaan bumi yang ada di dunia ini. Sejak tahun 1991 terlah terdpat 70% batuan yang terdapat di penjuru permukaan bumi yang ada diduniaini salah satu nya dinegara indonesia.

Seorang para ahli yakni Hutton telah menyatakan sejaktahun 1875 bahwasannya batuan sedimen telah terbentuk hal ini merupakan batuan oleh konsolidasi sedimen sehingga terangkut ke lokasi yang dimana dalam pengendapan air, angin, dan dari longsoran gravitasiyang terdapat dari bumi.

Namun batuan ini merupakan dari hasil kerak bumi yang tersebar dengan permukaan bumi deri proses ketebalannya relatif, dan kerak bumi tersusun atas berbagai macam batuan yang lapisan – lapisan tanah menyusun komposisi batuan salah satunya adalah batuan sedimen ini.

Baca Juga : Struktur Bumi

Proses Pembentukan Batuan Sedimen

Batuan sedimen ini mengalami proses menjadi batuan yang dinamakan sebagai diagenesa sehingga membentuk Proses pada suhu dan tekanan atmosferik mencapai 250 derajat celcius sehingga tekanan bisa mencapai 2-4 kilobar.

Berdasarkan proses dan pembentukan batuan dari permukaan bumi yang ini terdapat tiga macam diagnesa adalah sebagai berikut :

  1. Diagnesa meogenik merupakan salah satu diagnesa tahap awal yang terjadi pada sedimen di bawah permukaan air .
  2. Diagnesa mesogenik, merupakan salah satu diagnesa yang terjadi pada waktu sedimen yang mengalami penguburan semakin dalam.
  3. Diagnesa telogenik, merupakan salah satu diagnesa yang terjadi pada saat batuan sedimen membentuk kembali dari permukaan bumi yang disebabkan adanya pengangkatan erosi.

Tekstur Batuan Sedimen

Dari beberapa penjelasan diatas seperti yang sudah kita ketahui maka hal tersebut memiliki berbagai macam bentuk dan tekstur yang bermacam- macam rupanya sehingga bantuannya telah terjadi rekristalisasi atau pengkristalan padapermukaan bumi. Dimana tekstur itu adalah seperti kristalin dan batu silika yang sangat keras.

Baca Juga : Batuan Metamorf

Jenis Jenis Batuan Sedimen

Batuan sedimen ini biasanya memiliki bentuk yang berlapis – lapis dengan cara mendatar karena batuan ini dibedakan menjadi beberapa jenis.

Berikut Jenis- jenis batuan sedimen ini diklasifikasikan menurut beberapa kategori adalah sebagai berikut :

A. Batu Konglomerat

Batu konglomerat merupakan salah satu batuan yang memiliki bentuk dari material kerikil yang bulat dan dari batu pasir yang merekat pada batuan tersebut. Batu konglomerat kemudian menjadi batu yang padat dan saling terikat sehingga berfungsi sebagai bahan pendukung bangunan.

Gambar Batu Konglomerat
Gambar Batu Konglomerat

B. Batu Pasir

Batu pasir merupakan salah satu batuan yang tersusun dari berbagai butiran pasir yang memiliki warna abu-abu dan kuning sehingga terbentuk saling terikat dan berfungsi sebagai material penyusun gelas/kaca kontruksi bangunan.

Gambar Batu Pasir
Gambar Batu Pasir

C. Batu Serpih

Batu serpih merupakan salah satu batuan yang berbentuk batuan seperti pasir dan berbau seperti tanah liat sehingga memiliki warna hijau dan abu-abu batu ini juag dapat digunakan sebagai salah satu bahan bangunan.

Gambar Batu Serpih
Gambar Batu Serpih

D. Batu Gamping (Batu Kapur)

Batu gamping merupakan salah satu batu yang agak lunak seperti batu kapur dan membentuk gas karbon dioksida batu ini memiliki bentuk yang lunak seperti siput batu ini juga sering digunakan sebagai bahan baku semen.

Gambar Batu  Gamping
Gambar Batu Gamping

E. Batu Breksi

Batu breksi merupakan salah satu batuan yang terbentuk dari pecahan pasir dan batu kapur berasal dari letusan gunung berapi batu ini berfungsi sebagai bahan kerajinan

Gambar Batu Breksi
Gambar Batu Breksi

F. Stalaktit dan Stalagmit

Stalaktit dan stalagmite merupakan salah satu jenis batuan yang berasal dari endapan tanah sehingga batuan ini terdapat pada gua dan dapat berfungsi sebagai panorama atau keindahan alam bagi pengunjung wisatawan yang mengunjungi gua tersebut.

Gambar Stalaktit dan Stalagmit
Gambar Stalaktit dan Stalagmit

G. Batu Lempung

Batu lempung merupakan salah satu batuan yang pada umumnya berwarna coklat, atau abu-abu sehingga batuan ini terbentuk karena ada nya proses pelapukan batuan beku yang menghasilkan batuan induknya dan dapat berfungsi sebagai bahan kerajinan.

Gambar Batu Lempung
Gambar Batu Lempung

Warna Batuan Sedimen

Bataun sedimen ini memang tidak jarang di temukan karena kurangnya dalam pembuatan batu tersebut sehingga batu ini seakan-akan lenyap, batuan ini mempunyai warna yang sangat indah dan memiliki warna yang cukup inik seperti berwarna gelap, hitam atau sedikit keabu- abuan.

Dengan demikian hal ini mempunyai warna yang bervariasi dari bentuk dan jenis dari batuan tersebut karena batuan sedimen ini dihasilkian oleh dari bermacam komposisi bahan penyusunnya.

Namun tudak selamanya juga batuan ini berwarna gelap atau lain sebagainya hingga hitam kelam, serta merah dan juga coklat. Terkadang bisa berubah dari tekstur nya masing – masing.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampai kan dalam artikel kami kali ini Pengertian Sedimen, semoga bisa memberikan manfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita tentang Ilmu Biologi. Terima Kasih

Baca Juga : Batuan Beku