Batuan Metamorf

Posted on

Batuan Metamorf – Nah sobat sebelum kita masuk ke materi pokok dari pembahasan kali ini perkenalkan kami dari Rumus.co.id masih membahas tentang ilmu Goegrafi di mana pokok pembahasan nya adalah tentang batuan metamorf yang meliputi dari ciri-ciri, klasifikasi, tekstur, dan proses pemebentukan nya .

Metamorf dalam ilmu geologi sangat merujuk pada perubahan dari kelompok yang mineral dan tekstur batuan sehingga terdapat pula perubahan yang mengalami tekanan dan temperatur yang berbeda.

Supa ya sobat lebih mudah untuk mempelajarinya langsung saja simak penjelasannya di bawah ini yang akan penulis jelaskan secara detail :

Pengertian Batuan Metamorf

Batuan Metamorf

Batuan metamorf terbentuk dari batuan asal yang terbentuk dari perubahan iklim dan fisik sehingga terjadinya (batuan beku, sedimen, serta metamorf) dengan demikian batuan tersebut mengalami perubahan. Dikarenakan terjadi dengan adanya berbagai sebab, dan volume ruang yang lebih kecil.

Di antara perubahan tersebut adalah

  • Temperatur tinggi
  • Tekanan tinggi
  • Serta temperatur atau tekanan tinggi

Batuan yang pada dasar nya terdapat sebagai ruang yang kecil dan konsekuensinya akan selalu lebih padat dari pada batuan jenis batuan yang lainnya karena adanya termodifikasi oleh proses yang panas dan membentuk tekanan kimia terhadap kondisi ekstrim tersebut.

Baca Juga : Batuan Beku

Proses Pembentukan Batuan Matamorf

Dari penjelasan di atas maka disini terdapat pula berbagai macam proses terbentuknya batuan ini karena di sebabkan dari sebuah perubahanh tekanan dan aktivitas kimia dalam temperatur yang tinggi dan saling berhunbungan denganbatu yang sudah tersedia.

Berikut beberapa penjelasan dan faktor proses pembentukan batuan metamorf adalah sebagai berikut :

Perubahan Temperatur

Perubahan Temperatur adalah salah satu proses terjadi nya instruksi perubahan karena adanya tekanan magma atau dari perubahan gradient geothermal yang sangat tinggi sehingga menyebabkan adanya gesekan pada massa batuan tersebut.

Perubahan Tekanan

Perubahan Tekanan dalah salah satuproses terjadinya perubahan yang di akibatkan adanya perubahan tekanan dalam aktivitas vulkanik dan tektonik sehingga tekanan ini terjadi karena adanya endapan dari jenis batuan yang sudah ada dan menumpuk.

Aktivitas kimia

Aktivitas kimia adalah salah satu proses terjadinya pada aktivitas yang dapat menyebabkan perubahan kimia atau fluida dalam suatu jaringan sehingga metamorf ini mempunyai peran dalam perubahan komposisi kimianya yang mengendap.

Baca Juga : Struktur Bumi

Ciri Ciri Batuan Metamorf

Salah satu karakteristik / klasifikasi yang terdapat pada batuan ini adalah dari berbagai jenis ciri ciri dan tekstur yang berbeda-beda sehingga dengan mudah kita mengenali nya.

Karakteristik tersebut memiliki ciri khas dalam bentuk batuan di antaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Warna

Warna adalah salah satu karakteristik yang khas dari batuan ini karena proses metamorfisme yang beragam dan berbeda mulai dari feldspar dan ortoklas sehingga berbentuk kristal dan berwarna abu-abu. Kemudian warna tersebut memiliki belahan dari berbagai bentuk yang memiliki belahan dan berwarna dari macam-macam batuan.

2. Struktur

Karakteristik di sini dari berbagai penelitian maka terdapat pula dua Karakteristik yang memiliki struktur seperti foliasi dan non-foliasi di antara kedua tekstur tersebut memiliki masing-masing Karakteristik nya.

  • Foliasi adalah salah satu lapisan pada batu metamorf dan bentuk yang menyerupai belahan pada magma hal merupakan aktivitas dari penyusun batuannya.
  • non-foliasi adalah salah satu lapisan batu metamorf tanpa tanpa adanya belahan magma sehingga proses ini tidak bisa diamati.

3. Tekstur

Karakteristik tekstur adalah salah satu bentuk dan ukuran sehingga memiliki susunan dari butiran mineral kristaloblastik dengan memakai mata telanjang.

4. Bentuk Kristal

Karakteristik bentuk kristal adalah salah satu bentuk dan lapisan yang terkandung sebagai jenis euhedral, subhedral, dan anhedral sehingga memiliki bidang kristal dengan sifat tidak teratur.

5. Komposisi Mineral

Karakteristik Mineral adalah salah satu bentuk dan lapisan yang mendukung proses magma garnet dan mineral metamorfik sehingga membentuk batuan tersebut.

Jenis / Contoh Batuan Metamorf

Batuan metamorf memiliki berbagai macam jenis karena terdapat beberapa proses atau metamorfosa dari beberapa jenis tersebut di antaranya adlah sebagai berikut :

A. Metamorfosis Termal

Gambar Metamorfosis Termal
Gambar Metamorfosis Termal

Metamorfosis termal adalah salah satu jenis yang sering disebut sebagai metamorfosis atau sentuh karena hal ini memiliki sentuhan oleh magma panas yang terdapat di sekitar batuan intrusive sehingga berubah menjadi batu marmer.

B. Metamorfosis Dinamo

Gambar Metamorfosis Dinamo
Gambar Metamorfosis Dinamo

metamorfosis dinamo adalah salah satu jenis batu yang juga sering kenalk sebagai batu tekanan karena jenis ini merupakan tekanan yang berasal dari peristiwa tetonik sehingga terbentuk sebuah cermin yang bersal dari gesekan atau milonit.

C. Metamorfosis Regional

Gambar Metamorfosis Regional
Gambar Metamorfosis Regional

Metamorfosis regional Adalah salah satu jenis yang bersifat regional dan sering di kenal sebagai dinamik karena membentuk tekanan seluruh mika, filit, dan gneiss sehingga terbentuknya tekstur foliasi dan memiliki sumbu- sumbu yang terpanjang dari jenis metamorf yang berfosil.

D. Metamorfosis Kataklastik

Gambar Metamorfosis Kataklastik
Gambar Metamorfosis Kataklastik

Metamorfosis kataklastik adalah salah satu bentuk batu dan memiliki sebutan sebagai deformasi mekanis karena hal ini dapat menghasilkan terdeformasi mekanik yang panas sehingga tertumbuk zona sempit yang mendatar.

F. Metamorfosis Tindihan

Gambar Metamorfosis Tindihan
Gambar Metamorfosis Tindihan

Metamorfosis tindihan adalah salah satujenis yang bertindihan hal ini terjadi karena adanya magma sedimen yang terkubur kedalam diferensial. Sehingga dihasilkan zat zeolit yang dapat berubah menjadi metamorfosis regional dan meningkatnya suhu tekanan.

Kesimpulan

Batuan Metamorf terjadi karena adanya endapan alam yang melibatkan elemen- elemen tertentu dapat berubah menjadi magma dan membentuk seperti air, angin, dan suhu udara, dari pancaran matahari sehingga metamorfosin ini tidak dapat dibuat manusia.

Nah Sobat demikianlah materi tentang ilmu Geografi yang bisakamibahas dalamatikel kamikali ini, semoga dengan adanya ertikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. Terima Kasih

Baca Juga : Batuan Sedimen