Batuan Beku

Posted on

Batuan Beku – Halo sobat semua ketemu dengan kami di rumus.co.id di mana penulis kali ini masih akan membahas mengenai ilmu Goegrafi ada pun maksud dan tujuan penulis akan menjelasan tentang Batuan Beku.

Batu telah terbentuk dari teksturnya masing-masing dan terkadang terbentuk dari pengaruh alam dan lingkungan, dengan demikian dan dengan adanya artikel kami ini, untuk mengenalkan dari mana asalnya batu yang selama ini kita kenal.

Nah sobat langsung saja ya simak penjelasan di babah ini :

Pengertian Batuan Beku

Batuan Beku

Batuan Beku adalah salah satu betuk batu yang terbuat dari magma yang berbentuk cair sehingga akan berubah menjadi benda padat yang di namakan adalah batuan beku.

Hal ini berasal dari magma karena dapat terjadi sebagai intrusif dan dilalui sebagai ekstrusif atau dari pecahan vulkanik dari permukaan bumi.

Batuan inimemiliki bermacam-macam bentuk dan jenis dari salah satu proses kristalisasi atau magma di bawah permukaan bumi mengandung Magma dan menjadi kan batu keras .

Baca Juga : Batuan Sedimen

Terbentuknya Batuan Beku

Seperti yang telah di jelaskan di atas jenis batian ini yang asal terbentuknya dari pembekuan magma sehingga dengan adanya gesekan tanah dan bumi terbentuklah menjadi dua lempengan .

Makan gesekan itu lebih meningkatkan lagi menjadi suhu tekanan yang ada di lokasi gesekan magma dengan cairan baik itu dari gunung atau pun dari bumi lalu sampai di permukaan akan menciptakan batuan yang membentuk dengan sesui teksturnya masing – masing .

Ciri Khusus Batuan Beku

Dari hasil penelitian maka dapat dibedakan dari beberapa bentuk batuan sehingga memiliki berbagai macam bentuk yang khusus adalah sebagai berikut :

A. Warna

Warna merupakan salah satu ciri yang khas dari berbagai macamjenis batuan yang ada di permukaan bumi dan memiliki berbagai macam warna yang disebabkan dari penyusun batuan tersebut sehingga memiliki warna seperti hitam, abu-abu, sampai dengan bentuk warna putih cerah.

B. Tekstur

Tekstur merupakan salah satu ciriyang khas yang terdapat dalam kandungan tekstur atau pada kandungan yang di namakan dalam komposisi mineralnya dan memiliki hubungan erat dengan apa yang di bahas diatas.

C. Tingkat Kristalisasi

Kristalinitas merupakan salah satu ciri khas yang terdapat dalam proses kristalisasi atau pad proses pembentukan yang terjadi sehingga mendapat kan informasi pembekuan magma.

Maka tingkat ini dapat di bagi menjadi tiga bagian adalah sebagai berikut :

  • Holokristalin merupakan jenis dan penyusun dalam kristal plutonik (intrusif) atau dari tingkat kristalisasi menjadi membeku pada permukaan bumi.
  • Hipokristalin merupakan jenis dan penyusun massa kristal dan dari Keduanya masing-masing yang saling melengkapi.
  • Holohialin merupakan jenis dan teksturnya seperti fasies yang kecil dari batuan.

D. Visualisasi Granularitas

Granularitas merupakan bentuk dan pengamatan yang biasa di Fanerik atau bisa sebut dengan kata fanerokristalin sehingga dapat di hubungkan dengan apa yang terjadi pada megaskopis pada permukaan bumi

E. Bentuk Kristal

Kristalisasi merupakan bentuk dan jenis dari batuan yang tersebut dengan bentuk dua dimensi dalam segi bidang kristal dan menjadi batas mineral yang sudah tidak terlihat dari bentuk aslinya.

Baca Juga : Batu Metamorf

Jenis / Contoh Batuan Beku

Disini telah terdapat beberapa dengan jenis dan contoh yang sering dikenal dari masing-masing bentuk dan jenisnya adalah sebagai berikut :

1. Batu Apung

Gambar Batu Apung
Gambar Batu Apung

Batu apung adalah batu yang memiliki bentuk yang berongga dengan warna khas tersebut hiatam ke abu-abuan sehingga sering dipakai untuk mengampelas atau alat penggosok pada bangunan.

2. Batu Obsidian

Gambar Batu Obsidian
Gambar Batu Obsidian

Batu obsidian adalah batu yang memiliki warna dari permukaan batu yang mengkilap dan halus sehingga fungsi atau dimanfaatkan sebagai alat pemotong atau pengrajin dalam kreatif seni.

3. Batu Granit

Gambar Batu Granit
Gambar Batu Granit

Batu granit adalah bentuk dari butiran batu kasar dan sering ditemukan di pinggir sungai yang mengalir sehingga dapat dipakai dalam jenis batuan.

4. Batu Basal

Gambar Batu Basal
Gambar Batu Basal

Batu basal adalah bentuk dari butiran kecil dan berfungsi jenis batuan beku atau batuan beku luar.

5. Batu Andesit

Gambar Batu Andesit
Gambar Batu Andesit

Batu andesit adalah bentuk dari butiran kecil dan hampir sama dengan batuan basal sehingga dapat berfungsi sebagai beberapa bangunan termasuk dalam batuan luar.

6. Gabbro

Gambar Gabbro
Gambar Gabbro

Gabbro adalah bentuk dari butiran jenis plutonik yang dianggap sebagai memiliki feldspar dan memiliki kandungan kalsium tinggi sehingga dapat membuat gabro dan sebuah kumpulan batu besar dri kerak bumi.

7. Granodiorit

Gambar Granodiorit
Gambar Granodiorit

Granodiorit adalah bentuk dari butiran batu yang terdiri dari biotit dan bewarna hitam sehingga memiliki butiran pirit yang langka untuk melepaskan zat besi yang terkandung didalamnya.

8. Kimberlite

Gambar Kimberlite
Gambar Kimberlite

Kimberlite adalah bentuk dari butiran batu yang terdiri dari kristal olivin dan dari campuran berbentuk mineral serpentine, dan phlogopite dari permukaan bumi.

9. Felsite

Gambar Felsite
Gambar Felsite

Felsite adalah bentuk dari butiran batu yang bersifat halus tetapi tidak mengandung mineral sehingga batuan ini biasanya disebut sebagai ekuivalen atau ekstrusif granit.

10. Komatiite

Gambar Komatiite
Gambar Komatiite

Komatiite adalah bentuk dari butiran batu yang langka dari permukaan bumi sehingga sebagian besar keberadaan batu ini sangat langkah di temukan, sehingga batuan ini mengandung kandungan magnesium yang rendah dan membentuk kristal yang panjang .

11. Latite

Gambar Latite
Gambar Latite

Latite adalah bentuk dari butiran batu yang lebih banyak feldspar alkali sehingga memiliki kristal besar dan piroksen yang lebih kecil.

12. Tuff

Gambar Tuff
Gambar Tuff

Tuff adalah bentuk dari butiran batu yang sedimen dan mampu memberi informasi tentang kondisi dengan bisa digunakan.

13. Anorthosite

Gambar Anorthosite
Gambar Anorthosite

Anorthosite adalah bentuk dari butiran batu yang beku karena hampir terdapat dari ke seluruhan batu ini terdiri dari plagioclase feldspar.

14. Dunite

Gambar Dunite
Gambar Dunite

Dunite adalah bentuk dari butiran batu yang langka dan jarang sekali di temukan keberadaannya sehingga membentukjenis batuan olivin.

Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan di atas maka di sini penulis dapat menyimpulkan bahwa batuan beku sangat mudah ditemui dan dapat dimanfaatkan dari berbagai manusia dalam kehidupan sehari-hari untuk pembuatan rumah dan lain sebagainya .

Demikian yang dapat penulis sampaikan dalam artikel mengenai batuan beku, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Terima Kasih

Baca Juga : Pengertian Menhir